Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

'Operasi Pasar Bulog Tidak Merata'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Intervensi yang dilakukan pemerintah untuk menanggulangi kenaikan harga beras perlu dilakukan secara merata di seluruh daerah sehingga dampak yang ditimbulkan juga dapat menyeluruh ke seluruh Tanah Air.

"Operasi pasar telah dilakukan Bulog, tapi belum dapat secara efektif melakukan intervensi terhadap pasar karena tidak merata," kata Anggota DPR RI Rofi Munawar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (27/2/2015).

Menurut dia, pemerintah juga perlu menemukan segera penyebab utama dari kenaikan harga beras yang telah terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama atau sekitar satu bulan terakhir ini. Apalagi, lanjutnya, kenaikan pada komoditas beras tersebut dinilai banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor yang tidak terkait dengan produksi secara langsung seperti biaya transportasi dan logistik.

Untuk itu, ia juga menginginkan pemerintah juga dapat lebih mengoptimalkan peran Bulog seperti guna meningkatkan penyerapan hasil panen petani seperti pada masa panen raya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu menegaskan, pemerintah perlu tegas dan serius guna menindak sejumlah pihak yang mengakibatkan polarisasi distribusi yang tidak sehat sehingga berpotensi disebut mafia beras.

Sebagaimana diberitakan, Ketua DPR Setya Novanto mendukung pemerintah memberantas mafia beras karena menyangkut kepentingan masyarakat dengan mengerahkan para anggota Polri untuk mengawasi para tengkulak.

"Kami sudah minta pihak kepolisian, untuk langsung terjun melihat adanya tengkulak-tengkulak melakukan hal penyimpanan sekarang, mudah mudahan bisa selesai," kata Setya di DPR, Jakarta, Jumat (27/2/2015).

Setya menyatakan telah berkoordinasi dengan pemerintah dan Kepolisian menindak berbagai pihak melakukan penimbunan beras seperti yang disebut Menteri Perdagangan Rachmat Gobel penyebab harga beras mahal yakni permainan mafia beras. Dia menilai masalah beras menyangkut kehidupan masyarakat sehingga jangan sampai ada mafia beras dalam pola distribusinya.

"Kami benar-benar prihatin sehingga para mafia harus diberantas," ujarnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: