Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Herman Darnel: WREC 2016 Kesempatan Besar bagi Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah World Renewable Energy Congress (WREC) 2016 atau Kongres Energi Terbarukan Dunia ke-15 Tahun 2016. Pertemuan dua tahunan para pakar dan praktisi bisnis energi terbarukan tingkat dunia ini akan diselenggarakan pada tanggal 19-23 September 2016 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

Ketua Panitia Pelaksana WREC 2016 Herman Darnel Ibrahim mengatakan kongres ini merupakan kesempatan besar bagi Indonesia untuk memberitahukan kepada dunia internasional mengenai perkembangan sektor energi, khususnya bidang energi terbarukan. Ia mengatakan hal ini mengingat kongres ini akan dihadiri oleh sekitar 1.000 peserta dari 68 negara.

"WREC merupakan forum pertemuan para ilmuwan, pembuat kebijakan, pakar, pemimpin bisnis dan industri, organisasi masyarakat madani, operator, investor dan lembaga keuangan, organisasi donor internasional yang terlibat dalam upaya global untuk mendorong peningkatan pemanfaatan energi bersih dan terbarukan," kata Herman Darnel dalam acara "Launching 15th World Renewable Energy Congress 2016" di Gedung Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, Jakarta, Rabu (8/4/2015).

Herman Darnel menyampaikan para peserta kongres akan saling berbagi pengetahuan dan inovasi terbaru serta berbagi pengalaman praktik dalam pengembangan dan pemanfaatan energi terbarukan dan ipaya efisiensi energi. Ia mengatakan bahwa selama berlangsungnya kongres ini akan diselenggarakan pula pamerab berskala cukup besar dalam bidang-bidang terkait yang diharapkan akan diikuti oleh banyak peserta dari kalangan industri, lembaga penelitian, inovator teknologi, yang ingin memamerkan capaian-capaian terkini dalam bidang yang terkait dengan pemanfaatan energi terbarukan dan praktik-praktik efisiensi dan konservasi energi kelas dunia.

"Penyelenggaraan WREC 2016 di Jakarta akan kami upayakan mengikuti kaidah-kaidah hijau atau keberlanjutan (sustainability principles) dengan menghindari pemborosan energi langsung selama kongres berlangsung, sejauh mungkin materi-materi kongres ditampilkan secara digital, dan menghindari pemakaian bahan-bahan yang merusak lingkungan," jelas Herman Darnel.

Ia mengatakan beberapa topik di bidang energi terbarukan yang akan dibahas dalam WREC 2016 di Jakarta di antaranya sistem energi sinar matahari dan angin, air dan laut, panas bumi, nabati, efisiensi dan konservasi energi, integrasi energi, jaringan dan penyimpanan, transportasi berkelanjutan, meteorologi energi dan perubahan iklim, serta perkembangan energi terbarukan di Indonesia.

"Di bidang efisiensi energi akan dibahas pengembangan dan penerapan teknologi yang mampu menghemat energi di sektor industri, komersial, transportasi, dan sektor rumah tangga," imbuhnya.

Herman Darnel mengungkapkan bidang lain terkait dengan pemakaian energi baru dan terbarukan yang akan dibahas juga meliputi teknologi karbon rendah, serta teknologi terkait pengolaan lingkungan perubahan iklim. "Juga teknologi pengendali dampak bencana serta teknologi pintar berbasis teknologi komunikasi dan informasi," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: