Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertamina: Kami Tidak Hapus Premium

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menjamin bahwa pada Mei 2015 mendatang tidak akan menghapus bahan bakar minyak (BBM) jenis research octane number (RON) 88 atau premium dan menggantinya dengan BBM beroktan 90 seperti yang banyak diperbincangkan masyarakat.

Menurut Vice President Fuel Marketing Pertamina Muhammad Iskandar, pada Mei 2015 perseroan hanya akan menambah alternatif dan varian BBM baru dengan jenis RON 90 atau yang diberi nama Pertalite.

"Perlu digarisbawahi, kita tidak menghapus produk (premium), tapi menambah varian produk dengan jenis RON 90," kata Iskandar saat diskusi Energi Kita di Cikini, Jakarta, Minggu (19/4/2015).

Dia menjelaskan alasan Pertamina meluncurkan Pertalite ialah untuk memenuhi kebutuhan teknologi mesin kendaraan bermotor yang mulai menggunakan RON di atas 88.

"Karena kita ingin punya suatu produk yang sesuai requirement pasar. Sekarang coba motor matik diisi RON 88 pasti tarikannya beratkan?" jelas dia.

Selain itu, Iskandar menuturkan peluncuran produk teranyar Pertamina ini juga untuk memenuhi rekomendasi dari Tim Reformasi Tata Kelola Migas.

‎"Ini kita memenuhi persyaratan dari produsen otomotif. Jadi Pertamina goal-nya bukan untuk menghapus Premium. Satu sisi kita punya rekomendasi yang harus kita lakukan untuk memenuhi rekomendasi dari Tim Reformasi (Tata Kelola Migas)," tuturnya.

Menurut dia, momentum peluncuran RON 90 saat ini dinilai tepat karena harga RON 88 dan RON 92 tidak memiliki gap yang jauh sejak pemerintah memutuskan penghapusan BBM bersubsidi. Sebagai langkah awal, lanjut Iskandar, pertalite akan dipasarkan di Jakarta Pusat.

"Mei ini kalau memang kita punya target untuk launching itu Jakarta Pusat dulu," ujarnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: