Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dody: Galakkan Penggunaan Rupiah, Turunkan Dolarisasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Komisi XI DPR RI hari ini, Senin (20/4/2015), telah memulai uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test kepada tiga calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (DG BI) yang diajukan presiden, yakni Dody Budi Waluyo, Erwin Rijanto, dan Hendy Sulistiowati. Dalam kesempatan itu, Dody menjadi kandidat pertama yang diuji oleh Komisi XI DPR RI.

Saat memaparkan program kerja (proker) utamanya Dody mengatakan stabilisasi nilai tukar rupiah menjadi salah satu proker utama. Adapun, upaya yang perlu dilakukan untuk penguatan kebijakan dalam menjaga stabilitas rupiah adalah dengan menjaga supply dan demand valas di dalam negeri.

Selain itu, lanjut Dody, nilai tukar rupiah harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri di tengah masih banyaknya transaksi keuangan yang menggunakan mata uang selain rupiah di Tanah Air.

"Pergerakan rupiah harus tetap dijaga dalam level yang terjangkau untuk kebutuhan ekonomi dan tentunya harus menjadi tuan rumah di negerinya sendiri," ujar Dody saat fit and proper test calon Deputi Gubernur BI di Komisi XI, Jakarta, Senin (20/4/2015).

Lebih jauh, kata Dody, strategi komunikasi di seluruh lapisan masyarakat harus dilakukan secara intensif sehingga mampu memberi sinyal yang jelas bagi pasar dan menguatkan nilai tukar rupiah.

"Upaya lainnya adalah dengan mewajibkan penggunaan rupiah melalui program Cinta Rupiah juga menurunkan dolarisasi," kata Dody.

Dody menambahkan perlu juga digalakkan penggunaan local currency settlement untuk transaksi perdagangan dan investasi sebagaimana sudah dilakukan dengan Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: