Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ibu Wapres: Sosialisasi Deteksi Dini Kanker pada Perempuan Itu Penting

Warta Ekonomi -

WE Online, Makassar - Ibu Wakil Presiden Hj Mufidah Jusuf Kalla mencanangkan Program Nasional Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Pada Perempuan di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (21/4/2015).

"Sosialisasi tentang pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan ini sangatlah penting," kata Mufidah pada Pencanangan Program Nasional Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Pada Perempuan di Puskesmas Batua, Makassar.

Pada pencanangan program nasional tersebut, sebanyak 11 provinsi mengikuti video konferensi dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo langsung di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelum pelaksanaan pencanangan serentak program nasional itu, Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel drg Ayunsri dalam sambutannya menyebutkan peran PKK turut mempromosikan pencegahan kanker payudara dan kanker mulut rahim.

"Dengan melakukan pola hidup sehat, olah raga teratur, istirahat yang cukup dan tidak berganti-ganti pasangan maka dapat mencegah terjadinya kanker," katanya.

Dia mengatakan dengan pendekatan Dasa Wisma PKK maka pihaknya mengajak masyarakat memeriksakan kesehatannya melalui tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). Khusus di Sulsel, lanjut dia, sudah 16 kabupaten-kota sudah melaksanakan tes IVA dan CBA dan diiharapkan dapat mencapai 24 kabupaten-kota pada akhir tahun 2015.

Program nasional peningkatan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan Indonesia itu berlangsung mulai 2015 hingga 2019. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: