Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Malaysia Akan Kirim 30 Pengusaha untuk Investasi di Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyatakan pihak Malaysia berkomitmen untuk meningkatkan investasinya ke Indonesia. Hal tersebut dikemukakan Franky menjelaskan hasil pertemuannya dengan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Malaysia Dato’ Sri Mustapa, di Jakarta, Senin malam (20/4/2015).

Pertemuan dengan Menteri Perdagangan Malaysia merupakan satu dari tiga pertemuan bilateral yang dilaksanakan Kepala BKPM di sela-sela penyelenggaraan World Economic Forum on East Asia (WEF-EA) ke-24. Selain dengan pejabat Malaysia, Kepala BKPM juga menyelenggarakan pertemuan bilateral dengan Menteri Negara Bidang Perekonomian Swiss Marie Gabrielle Ineichen-Fleisch dan Deputi Menteri untuk Pembangunan Wilayah Timur Jauh Rusia, Maxim Shereykin.

Menurutnya, sebagai tindak-lanjut komitmen Malaysia untuk meningkatkan investasinya di Indonesia, pihak Malaysia akan mengirimkan delegasi bisnis ke Indonesia yang didampingi empat atau lima menteri Malaysia.

Untuk itu, ia menyambut baik kehadiran delegasi bisnis Malaysia karena dapat secara langsung menjelaskan reformasi layanan perizinan investasi yang sudah dijalankan oleh pemerintah serta berbagai kebijakan investasi lainnya.

"Saya kira hal itu merupakan komitmen yang cukup kuat dari pihak Malaysia. Mereka akan mengirim 20 hingga 30 pengusaha yang berminat investasi di sektor listrik, jalan tol, perkebunan dan industri makanan. Dengan penjelasan secara langsung tentang potensi investasi, layanan perizinan dan insentif, diharapkan dapat meningkatkan trust investor untuk segera merealisasikan investasinya di Indonesia," kata Franky dalam keterangan tulisnya.

Sekedar informasi investasi Malaysia di Indonesia menunjukkan trend peningkatan. Pada tahun 2014, realisasi investasi Malaysia di Indonesia mencapai US$ 1,77 Miliar dan menjadi negara nomor tiga dengan investasi di Indonesia. Jumlah tersebut meningkat drastis dibandingkan dengan realisasi tahun 2013 sebesar US$ 711,26 juta.

Sementara itu, secara kumulatif realisasi investasi Malaysia di Indonesia secara kumulatif dalam periode 2010-2014 senilai US$ 4.107 juta dari 1898 proyek. Investor Malaysia banyak berinvestasi untuk sektor konstruksi, tanaman pangan dan perkebunan, serta industri makanan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: