Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mentan: Brazil Akan Investasi Rp1 Triliun Bidang Peternakan

Warta Ekonomi -

WE Online, Waekasar, Maluku - Investor asal Brazil siap investasi peternakan sapi senilai total kurang lebih Rp1 triliun di Pulau Buru, Provinsi Maluku, dengan total kapasitas sebesar 200.000 ekor sapi.

"Kita hitung-hitung tadi tiap 5.000 hektar kurang lebih Rp100 miliar, jika ada lahan sebesar 100.000 hektar, maka kurang lebih Rp1 triliun," kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, seusai melakukan panen raya di Desa Waekasar, Kabupaten Buru, Maluku, Minggu (26/4/2015).

Amran mengatakan, rencana investasi tersebut akan dilakukan di Pulau Buru Utara dan Pulau Buru Selatan, dan diharapkan penandatanganan kerja sama tersebut bisa segera terlaksana pada Senin (27/4/2015). Untuk di Pulau Buru Utara, lanjut Amran, luas Areal Penggunaan Lain (APL) kurang lebih ada sebesar 20.000-30.000 hektar, sementara untuk di Pulau Buru Selatan kurang lebih seluas 70.000 hektar.

Menurut Amran, saat ini ada beberapa investor yang tengah melirik Pulau Buru untuk investasi peternakan, dua diantaranya berasal dari Brazil, dan juga ada investor lokal. Sementara Australia juga berminat untuk melakukan investasi, namun masih baru memasukkan permohonan.

"Ada lima (yang berminat), ada investor lokal juga. Tapi ini (Brazil) yang kita harapkan, sementara Australia permohonannya baru masuk," ujar Amran.

Amran menambahkan, Pulau Buru merupakan lokasi yang potensial untuk peternakan sapi. Sementara untuk produksi padi, diharapkan mampu ditingkatkan karena produktivitasnya masih rendah. "Pulau Buru memiliki potensi yang luar biasa, produksi pertanian perlu ditingkatkan. Akan tetapi Pulau Buru juga bagus untuk peternakan, ada investor yang tertarik, mudah-mudahan segera tanda tangan MoU," kata Amran.

Selama ini, kebutuhan daging sapi masyrakat Indonesia mayoritas dipenuhi dari sapi impor asal Australia. Pada kuartal pertama tahun 2015, Kementerian Perdagangan memberikan kuota impor sapi bakalan sebanyak 100.000 ekor, dengan realisasi pada awal April 2015 lalu mencapai 97.747 ekor.

Sementara untuk semester kedua 2015, Kemendag memberikan kuota mencapai 250.000 ekor sapi bakalan, dengan pertimbangan datangnya bulan Puasa dan Hari Raya Idul Fitri, dimana kebutuhan akan daging sapi meningkat. Pada tahun 2015, kebutuhan daging sapi sendiri diproyeksikan mencapai 640.000 ton, atau ada kenaikan sebesar delapan persen jika dibandingkan dengan kebutuhan pada tahun 2014 lalu. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: