Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Warga Lampung Dukung Pembangunan Jalan Tol

Warta Ekonomi -

WE Online, Lampung - Warga yang tinggal di Desa Sabahbalau Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan, mendukung penuh rencana pembangunan jalan tol Trans Sumatera di wilayah mereka.

"Tentunya ini kabar baik, kami berharap pembangunan jalan tol ini lancar, sehingga ekonomi dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat," kata salah seorang warga Sabahbalau, Selly (28), di Lampung Selatan, Selasa (28/4/2015).

Selly merupakan salah satu dari sejumlah warga yang tanahnya digunakan sebagai lokasi pembangunan tol Trans Sumatera, dan mengatakan sudah merelakan pengambilalihan tersebut. "Kemarin sudah didatangi ketua RT, diminta hadir untuk rapat sosialisasi mengenai jual beli lahan pada Rabu besok," kata dia.

Menurut dia, pembangunan tol sumatera merupakan hal yang positif dan akan memberikan banyak manfaat bagi warga. "Investasi pasti akan masuk, dan dapat menyerap ribuan lapangan kerja," kata dia.

Hal yang sama juga diungkapkan Ari (36), warga Bandarlampung, yang menyatakan pembangunan tol merupakan salah satu kemajuan paling signifikan dalam pembangunan Lampung sepuluh tahun terakhir. "Semoga proses pembangunannya tidak terhambat dan dapat selesai tiga tahun sesuai janji presiden," kata dia.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) jalan tol Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Desa Sabahbalau Kabupaten Lampung Selatan, pada 30 April 2015. "Untuk groungbreaking jalan tol ruas Bakauheni dan di Sumatera Selatan akan dilakukan melalui telekonferensi," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung, Sumarju Saini, di Bandarlampung.

Ia menyebutkan, untuk persiapan tersebut tim Protokol Kepresidenan dan Paspampres meninjau kesiapan di Desa Sahbalau Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.

Kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi, Asisten II Bidang Ekubang Sekprov Lampung Adeham, Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Lampung Budi Darmawan, dan dari PT Hutama Karya Willy.

Kepala Bagian Penyiapan Acara Presiden Faturrohman mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo menghendaki kesederhanaan dalam acara peletakan batu pertama nanti. "Jangan ada kesan mewah dan mengada-ada yang penting tujuannya tercapai," katanya.

Kunjungan Presiden Joko Widodo sendiri dijadwalkan akan berlangsung selama tiga jam untuk meletakkan batu pertama pembangunan jalan tol Sumatera ruas Bakauheni--Terbanggi Besar di Desa Sabahbalau Lampung Selatan. Lokasi pembangunan jalan tol Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,41 km dengan luas 2.671,62 hektare melintasi tiga kabupaten di Lampung, yakni Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, dan Lampung Tengah.

Asisten II Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Sekretariat Provinsi Lampung Adeham, menyebutkan bahwa rencana untuk pembangunan jalan tol Sumatera di wilayah Kabupaten Lampung Selatan sepanjang 104,7 km dengan luas 1.867,70 ha, sedangkan di Pesawaran sepanjang 5,60 km dengan luas 135,18 ha, dan Lampung Tengah sepanjang 30,11 km seluas 668,48 ha.

Ia merincikan, wilayah yang dilalui ruas jalan tol pada masing-masing kabupaten, yakni Kabupaten Lampung Selatan meliputi 11 kecamatan dan 50 desa, Kabupaten Pesawaran meliputi satu kecamatan dan enam desa, Kabupaten Lampung Tengah meliputi empat kecamatan dan 18 desa. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: