Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BKPM dan KJRI Osaka Siap Tarik Investor Jepang

Warta Ekonomi -

WE Online, Osaka - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengawali roadshow pemasaran investasi di Jepang dengan bertemu Konsulat Jenderal (Konjen) RI Osaka Wisnu Edi Pratignyo di Osaka, Jepang, Minggu malam (24/5/2015) waktu setempat.

Dalam pertemuan tersebut, BKPM dan KJRI Osaka menyepakati sinergi untuk menarik investor Jepang yang berada di wilayah Osaka dan sekitarnya, terutama sektor maritim.

"Dalam pertemuan, Bapak Konjen menceritakan tentang besarnya minat investor Jepang di wilayah Osaka dan sekitarnya untuk menanamkan modalnya di Indonesia, khususnya di sektor perikanan dan galangan kapal. BKPM, melalui perwakilan yang ada di Tokyo, akan mengintensifkan koordinasi guna memfasilitasi investor-investor tersebut untuk dapat segera berinvestasi di Indonesia," jelas Franky dalam keterangan tulisnya, Senin (25/5/2015).

Ia menambahkan bahwa sebagai tindak lanjut dari kesepakatan pertemuan tersebut maka perwakilan BKPM di Tokyo dan KJRI Osaka akan rutin menggelar semacam investor forum maupun kunjungan kepada investor di wilayah Osaka dan sekitarnya yang sudah menyatakan ketertarikannya untuk menanamkan modal di Indonesia.

"Selama ini investor wilayah Osaka yang mencari informasi potensi investasi di KJRI Osaka senantiasa diarahkan ke perwakilan BKPM di Tokyo. Ke depan kami merencanakan untuk proaktif jemput bola mendatangi investor yang ada di Osaka dan sekitarnya," tambahnya.

Sementara itu, Konjen RI di Osaka Wisnu Edi Pratignyo mengatakan sinergi BKPM dan KJRI Osaka akan menguatkan upaya diplomasi ekonomi yang telah dilakukan selama ini. Berdasar pengalamannya menjajaki potensi investor di wilayah Osaka dan sekitarnya, menurut Edi, mereka memiliki teknologi di sektor maritim yang dapat dimanfaatkan mengembangkan potensi maritim Indonesia.

"Selain itu, kebutuhan terhadap produk olahan berbasis perikanan di Jepang cukup tinggi. Sementara potensi maritim kita juga besar. Tentu akan bermanfaat sekali apabila perusahaan pengolahan hasil ikan di Osaka ini dapat menanamkan modalnya dan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk produk olahan hasil ikan," jelas Edi.

Sebelumnya, Kepala BKPM Franky Sibarani direncanakan melakukan roadshow di tiga kota, Osaka, Tokyo, dan Nagoya, 25-29 Mei 2015,  untuk menindaklanjuti minat investasi Jepang yang sudah disampaikan ke BKPM.

Hari ini, Kepala BKPM direncanakan akan melakukan kunjungan ke industri galangan kapal Tsuneishi Ship Building dan bertemu dengan Japan Indonesia Business Association (JIBA).

Menurut data BKPM, minat investasi Jepang ke Indonesia yang sedang didorong untuk segera memasuki tahap pengajuan izin prinsip sebesar US$ 10,89 miliar dari sektor kelistrikan, maritim, pertanian, industri padat karya, dan substitusi impor. Sementara, minat investasi yang sedang didorong untuk segera memasuki realisasi konstruksi sebesar US$ 4,9 miliar dan Rp 38,01 triliun.

"Jumlah tersebut termasuk minat investasi yang disampaikan saat kunjungan Presiden Jokowi ke Jepang bulan Maret yang lalu," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: