Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Garuda Siapkan 1,61 Juta Kursi untuk Mudik Lebaran

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk telah menyiapkan 1,61 juta kursi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang serta untuk memenuhi harapan pada pengguna jasa akan ketersediaan kursi pada Lebaran 2015.

Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia Pujobroto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (27/5/2015), mengatakan ketersediaan 1,61 juta kursi penumpang, yakni pada arus balik dan arus mudik Lebaran 2015, yaitu mulai tanggal 9 Juli sampai dengan 27 Juli 2015 atau periode H-8 sampai dengan H+10 Lebaran 2015.

"Jumlah tersebut meningkat sebesar delapan persen dibanding periode yang sama tahun 2014 lalu sebanyak 1,49 juta kursi," katanya.

Pujobroto mengatakan untuk beberapa rute di dalam dan luar negeri yang mengalami permintaan peningkatan signifikan, karena itu pihaknya menambah kapasitas sebanyak 16.044 kursi yaitu pada rute-rute dari Jakarta menuju Denpasar, Padang, Surabaya, Jogjakarta, Singapura, Hongkong, Sydney dan Perth.

"Penambahan kapasitas pada rute-rute tersebut diatas dilaksanakan melalui dua acara yaitu melalui pengoperasian pesawat yang lebih besar (bigger aircraft), serta melalui pelaksanaan 'extra flight'," katanya.

Dia menyebutkan dari total 16.044 kursi tambahan tersebut, Garuda Indonesia menyiapkan 10.620 kursi tambahan dari pengoperasian pesawat yang lebih besar (bigger aircraft) serta 5,424 tambahan kursi melalui penerbangan tambahan.

Pengoperasian bigger aircraft tersebut, kata dia, dilaksanakan pada rute penerbangan dari Jakarta ke Denpasar (22 frekuensi), Padang (empat frekuensi), Surabaya (10 Frekuensi), Singapura (44 Frekuensi) dan Hongkong (10 Frekuensi), dari sebelumnya menggunakan pesawat B-737-800.

Sementara itu, 32 penerbangan tambahan terbagi dalam 24 penerbangan ekstra di rute-rute domestik yaitu delapan pada rute Jakarta - Jogjakarta dan 16 pada rute Jakarta-Denpasar, serta delapan penerbangan ekstra di rute-rute internasional yaitu empat extra flight pada rute Jakarta-Sydney dan empat extra flight pada rute Jakarta - Perth. Penerbangan extra flight menggunakan B-737-800 dengan kapasitas 162 kursi..

"Sehubungan dengan pelaksanaan angkutan lebaran tersebut, maka untuk kenyamanan dan keamanan para penumpang Garuda Indonesia mengimbau penumpang untuk merencanakan perjalanan sedini mungkin," katanya.

Para penumpang juga diimbau untuk menggunakan fasililitas "City Check-in" di kantor-kantor penjualan Garuda Indonesia atau fasilitas "Web Check-in" dan "Phone Check-in" untuk menghindari antrean panjang di konter check-in bandara.

"Terkait dengan kemacetan lalu lintas yang sering terjadi ke arah bandara pada musim liburan, Garuda Indonesia juga mengimbau para pengguna jasa untuk dapat berangkat lebih awal ke bandara, untuk kenyamanan dan menghindari keterlambatan," katanya.

Pujobroto juga menghimbau agar para pengguna jasa memastikan nama yang tertera di tiket sudah sesuai dengan kartu identitas. "Ketika melakukan reservasi, pengguna jasa juga dihimbau untuk menyampaikan nomor telepon yang mudah dihubungi jika ada perubahan jadwal penerbangan," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: