Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

GM TPKS Baru Targetkan Volume Bongkar Muat Capai 660 Ribu Teus

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - General Manager baru Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) menargetkan peningkatan kinerja khususnya dari sisi volume bongkar muat.

"Ini adalah sebuah cita-cita, jika punya target yang tinggi tentu akan berupaya mewujudkannya, untuk target volume bongkar muat kami tahun ini mencapai 660 ribu teus," kata GM TPKS Erry Akbar Panggabean usai acara pisah sambut dengan GM lama Iwan Sabatini di Gedung Workshop TPKS, Rabu (5/8/2015).

Target tahun ini meningkat dibandingkan realisasi tahun lalu sebesar 576.176 teus. Bahkan pihaknya mengaku optimistis, dengan berbagai upaya yang ada dalam waktu 1-2 tahun mendatang volume bongkar muat di TPKS bisa tembus di angka 1 juta teus.

"Upaya yang kami lakukan adalah menambah dan memperbaiki infrastruktur yang ada, di antaranya untuk dermaga yang sebelumnya hanya berkapasitas sandar 2 kapal, untuk ke depan akan kami perpanjang sehingga mampu disandari oleh 3-4 kapal," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan memperluas lapangan penumpukan menjadi 5,3 hektar. Pada lapangan penumpukan tersebut akan dilengkapi pula dengan sejumlah peralatan berat salah satunya automatic RTG.

"Kami sengaja mempersiapkan infrastruktur ini karena untuk mengantisipasi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah," katanya.

Menurutnya, Jawa Tengah memiliki pasar yang sangat luas. Tidak hanya Jateng, TPKS juga dapat mengoptimalkan pasar Yogyakarta.

"Ada banyak kota besar di antaranya Solo, Semarang, dan Jogja yang menjadi pasar potensial bagi TPKS. Selain itu, ada pula beberapa kabupaten/kota lain yang bisa bisa memanfaatkan pelayanan dari TPKS," katanya.

Mengenai pertumbuhan ekonomi tersebut, pihaknya optimistis akan memberikan dampak baik terhadap sektor transportasi publik khususnya pelabuhan.

"Artinya, TPKS sudah sejak jauh hari mempersiapkan diri dalam menghadapi pertumbuhan ekonomi tersebut. Dalam hal ini, manajemen khususnya PT Pelindo III sudah mengantisipasinya melalui perbaikan infrastruktur," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: