Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menpupera Harap Waduk Jatigede Dapat Bermanfaat

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandung - Terhitung mulai Senin (31/8/2015), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pengisian air sebagai tanda berakhirnya proses pembangunan Waduk Jatigede, di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pengisian awal Waduk Jatigede itu ditandai dengan penurunan atau penutupan pintu Diversion Tunnel (Saluran Pengelak) yang dilakukan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Dalam sambutannya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, bahwa Waduk Jatigede merupakan waduk ke 231 di Indonesia namun satu-satunya di Sungai Cimanuk. Oleh sebab itu,  nantinya di Sungai Cimanuk akan dibangun reservoir lainnya, yaitu dua bendung yaitu Bendung Beureum Beunget dan Rengrang.

"Waduk Jatigede diharapkan dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat di sekitar waduk khususnya dan masyarakat Jawa Barat pada umumnya dan dapat meningkatkan intensitas tanam, khususnya padi di Daerah Irigasi Rentang yang tentunya akan meningkatkan ketahanan pangan kita secara nasional," kata Basuki.

Ia menyebutkan, pengisian waduk dilakukan secara bertahap untuk memberikan kesempatan kepada tim monitoring dan tim evaluasi melakukan pengamatan perilaku bendungan melalui instrumentasi yang telah terpasang. Setelah kondisi keamanan bendungan terkonfirmasi selanjutnya dilakukan pemantauan muka air waduk menuju el+260 (flood supply level).

Diakui Menteri PUPR, bahwa meskipun sudah dilakukan pengisian, permasalahan sosial yang muncul terkait dengan dibangunnya Waduk Jatigede masih belum selesai 100 persen. Namun Menteri PUPR berkomitmen menyelesaikan semua masalah tersebut.

"Kami menyadari bahwa masih terdapat permasalahan yang belum selesai 100 persen, namun saya berkomitmen untuk menyelesaikan semua masalah yang masih tertinggal. Ini komitmen dan perintah Presiden, tidak ada niat pemerintah untuk menyengsarakan rakyatnya dan pembangunan waduk ini semata mata untuk kesejahteraan rakyat," tegas Basuki.

Tampak hadir dalam pengisian Waduk Jatigede itu antara lain anggota Komisi V DPR RI Nusyirwan Soedjono, Minister Counsellor of Economic and Commercial of Embassy of People Republic of China in Indonesia Sun We De, sebagai pihak donor melalui Loan sejak tahun 2007, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Plt Bupati Sumedang Eka Setiawan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: