Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Toyota Indonesia Dukung Pendidikan di Solo

Warta Ekonomi -

WE Online, Solo - Toyota Indonesia melalui  PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan Yayasan Toyota dan Astra (YTA)  terus mewujudkan komitmen  melakukan kegiatan tanggung jawab sosial (CSR) terkait bidang pendidikan.

Dalam rangka itu, hari ini (Kamis, 3/9/2015) TMMIN dan YTA menyerahkan donasi 1 unit mobil Toyota Fortuner kepada Fakultas Teknik Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, 2  unit mesin mobil kepada Pusat Riset Teknologi Terapan Solo Techno Park, dan beasiswa senilai lebih dari Rp 175 juta kepada 40 mahasiswa dari UNS Soloa, Universitas Muhammadiyah Solo, dan Politeknik ATMI Solo melalui Yayayasan Toyota & Astra (YTA),  Toyota juga menggelar Kuliah Umum (public lecture) di Fakultas Teknik UNS Solo, Jawa Tengah.

"Ini bagian komitmen Toyota Indonesia berperan aktif dalam program-program sosial yang memiliki dampak langsung ke masyarakat. Kami sangat yakin, pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang mendukung kemajuan suatu bangsa. Karena itu kami berupaya untuk membuat dan melaksanakan program-program kontribusi sosial di bidang pendidikan yang menyeluruh dan berfokus pada generasi muda. Harapan kami, program hari ini dapat mendukung penerapan link & match antara dunia pendidikan dan industri," kata Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN),  Warih Andang Tjahjono, pada acara penyerahan donasi kepada Fakultas Teknik UNS, di Kampus  UNS Solo, Kamis (3/9/2015).

Toyota Indonesia sebelumnya telah mendonasikan kendaraan utuh dan komponen kendaraan kepada lebih dari 60 sekolah menengah kejuruan (SMK) teknik di seluruh Indonesia, dan  perguruan tinggi di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Total kendaraan utuh yang didonasikan sebanyak 18 unit atau senilai lebih dari Rp 4 miliar.

Sedangkan melalui YTA, Toyota Indonesia mengembangkan berbagai program sosial di bidang pendidikan sejak pendiriannya di tahun 1974, terutama dalam bentuk pemberian bea siswa dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga  perguruan tinggi. Sampai saat ini, tidak kurang  dari 92.700 pelajar telah mendapat bantuan bea siswa ataupun untuk penelitian dari jenjang SD hingga perguruan tinggi.

Sementara itu, Direktur Administrasi TMMIN Bob Azam  berkesempatan menyampaikan Kuliah Umum dihadapan para mahasiswa Fakultas Teknik UNS Solo. Tema kuliah yang dibahas adalah “Good Thinking, Good Product” guna mengulas mengenai pola pikir rekayasa untuk melihat dan melakukan perbaikan yang kreatif dan inovatif.

"Kuliah umum ini untuk memberikan education motivational  bagi pengembangan soft skill para mahasiswa terutama para mahasiswa teknik dengan melihat  bagaimana para engineer  Toyota mengembangkan idenya dalam menghadirkan produk otomotif yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat konsumen," kata Bob Azam.

Kuliah Umum oleh Toyota Indonesia telah diselenggarakan sejak akhir tahun 2014 di beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Politeknik Negeri Samarinda, dan Universitas Hasanuddin. Program ini merupakan bagian dari upaya Toyota Indonesia untuk secara konsisten memberikan perhatian dalam pengembangan SDM muda industri otomotif  berkualitas global dengan berbagi pengalaman dan ilmu yang didapat dari menjalankan kegiatan produksi manufaktur selama lebih dari 40 tahun di Indonesia. 

Upaya  pengembangan SDM berkualitas juga dilakukan TMMIN  melalui kerjasama erat dengan Lembaga Pendidikan Keterampilan dan Sekolah Menengah Kejuruan di bidang industri dalam penyediaan pengajar, lokasi, dan alat training di fasilitas pelatihan TMMIN Learning Center. 

"Indonesia memiliki potensi SDM yang besar dan patut untuk diperhatikan dan dibina terutama untuk sumber daya manusia muda di bidang keahlian industri sehingga dapat mendukung daya saing Indonesia," tutur Bob.

Toyota, sesuai dengan prinsip pendirinya, berkomitmen untuk terus-menerus tumbuh bersama masyarakat melalui pengembangan  produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, peningkatkan aktivitas produksi, ekspor, distribusi, dan layanan pelanggan. Upaya ini seiring dengan semangat untuk memberi sumbangsih secara nyata dalam pengembangan industri otomotif nasional sesuai dengan semangat Toyota Berbagi (Toyota, Bersama Membangun Indonesia).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: