Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Urutan Dominasi Operator Seluler Tanah Air

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - GSMA Intelligence hingga kuartal ketiga 2015 (Q3) menobatkan Telkomsel sebagai operator seluler paling dominan di Tanah Air. Telkomsel menguasai pangsa pasar sebesar 45%. Sementara itu, posisi XL di urutan kedua direbut Indosat. XL sendiri terlempar ke urutan keempat.

Dikutip dari MobileworldLive di Jakarta, Kamis (1/10/2015), pangsa pasar XL pada Q3 turun 14% dari tahun lalu yang mencapai 20,6%. XL kehilangan sekitar 17 juta pelanggan dalam setahun terakhir, sebaliknya Indosat mampu menambah 14 juta pelanggan. Penambahan jumlah pelanggan tersebut mendongkrak pangsa pasar Indosat dari 18% tahun lalu menjadi 21,6% tahun ini.

Posisi ketiga ditempati Tri Indonesia dengan penguasaan pangsa pasar 14,4% naik dari 11,5% tahun lalu. Keberhasilan menambah 10,6 juta pelanggan sejak kuartal kedua 2014 menjadi kunci sukses Tri Indonesia mengangkangi XL.

Menurut studi MobileworldLive, hilangnya pelanggan XL pada tahun ini merupakan salah satu yang terbesar. Sebagai informasi tambahan, pada periode 2006-2007, XL mampu meraup banyak pelanggan dengan memangkas tarif demi menyerang posisi Telkomsel dan Indosat.

Walau mengalami penurunan, XL berpeluang untuk bangkit dengan selesainya penataan frekuensi 1.800 MHz (4G) di mana pada segmen ini pangsa pasar XL sekitar 9,5%.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Febri Kurnia
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: