Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mensos Jadikan Surabaya Pusat Hari Pahlawan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, peringatan Hari Pahlawan pada 10 November akan dipusatkan atau dilaksanakan di Surabaya Jawa Timur.

"Selain ada alasan sejarah, juga sebagai upaya menguatkan dan menumbuhkan semangat kepahlawanan bagi generasi muda," kata Mensos dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Sejauh ini, usul untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional terus berdatangan dari berbagai elemen masyarakat. Salah satunya, dari pengurus pusat Dewan Harian Nasional 45. Gelar pahlawan nasional diusulkan masyarakat kepada bupati/wali kota dan gubernur melalui Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) kemudian kepada Menteri Sosial dan dilanjutkan diserahkan kepada presiden.

"Permohonan usul pemberian gelar pahlawan nasional kepada presiden melalui Dewan Gelar. Sebelumnya diadakan verfikasi, penelitian dan pengkajian melalui proses seminar, diskusi, serta sarasehan," katanya.

Hingga saat ini, sudah diterbitkan 163 surat Keputusan Presiden (Keppres) terkait nama-nama yang diangkat menjadi pahlawan nasional dan masyarakat masih bisa mengusulkan.

"Keppres pengangkatan pahlawan nasional baru 163 dan masyarakat masih bisa mengusulkan nama-nama yang dinilai tepat untuk diangkat sebagai pahlawan perintis kemerdekaan dan pahlawan nasional," ujarnya.

Untuk perintis kemerdekaan cukup dengan Surat Keputusan (SK) Mensos. Namun, jika bisa mendapat pengakuan lebih tinggi lebih bagus dan tentu ada konsekuensi administrasi yang tercatat dari negara barupa tali asih.

"Veteran kemerdekaan berada di bawah koordinasi Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan sebagaian besar dari mereka itu senior kecuali veteran perdamaian. Penanganan yang senior itulah Kemhan dan Kemensos bersinergi," katanya.

Selain itu, bagi mereka yang dalam masa perjuangan mengalami cacat, seperti kehilangan kaki dan tangan. Dalam waktu tertentu diperlukan penggantian kaki dan tangan palsu.

"Untuk penggantian kaki dan tangan palsu atau portesi dalam periode tertentu, maka Kemensos memiliki kewenangan dan spesialiasi di bidang tersebut," kata Mensos. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: