Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sulut Dorong Ekspor Kopi ke Eropa

Warta Ekonomi -

WE Online - Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) mendorong kopi antara lain produk dari Bolaang Mongondouw diekspor ke Eropa karena permintaan akan komoditas tersebut mulai berdatangan.

"Kami akan mendorong agar petani dan pengekspor kopi memanfaatkan permintaan dari negara-negara Eropa," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw di Manado, Selasa.

Jenny mengatakan, akan mendorong kopi Kabupaten Bolaang Mongondouw yang dikenal dengan sebutan kopi kotamobagu bisa masuk pasar Eropa.

"Kami terus berupaya karena permintaan dari Eropa akan kopi kotamobagu cukup banyak, namun saat ini belum bisa dipenuhi," jelasnya.

Oleh karena itu, katanya, dalam ajang Milan Expo pihaknya juga terus mempromosikan produk yang satu ini.

Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan industri kecil menengah (IKM) Disperindag Sulut Alwy Pontoh memfasilitasi IKM penghasil kopi asal Sulut menembus pasar ekspor.

"Pengembangan kopi robusta dari Kabupaten Boltim sudah mulai ada permintaan dari Amerika Serikat, kami akan fasilitasi agar bisa menembus pasar Amerika, Asia, Eropa dan Afrika," kata Alwy.

Kopi robusta Boltim yang diekspor ke Amerika Serikat merupakan produk unggulan kabupaten tersebut sejak dulu," jelasnya.

Perkebunan kopi di kabupaten tersebut, katanya, sudah ada sejak zaman dahulu dan saat ini akan terus ditingkatkan sehingga bisa memiliki nilai tambah.

Pemerintah berusaha mengangkat kearifan lokal agar bisa menembus pasar internasional, katanya sambil berharap produk kopi tersebut bisa bersaing dalam pasar bebas ASEAN yang sudah semakin dekat.(Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: