Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Optimis Ekonomi Papua Tumbuh Positif

Warta Ekonomi -

WE Online, Jayapura - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua optimistis ekonomi daerah itu berkembang positif jika mengacu pada hasil survei konsumen yang menunjukkan tingkat optimisme masyarakat kota Jayapura terhadap perekonomian.

"Kondisi tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang mencapai 110,6. Selain itu, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) juga menunjukkan kondisi yang positif, dimana pada Januari 2016 IEK mencapai 120,9," kata Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia Papua Joko Supratikto, di Jayapura, Sabtu (6/2/2016).

Ia mengatakan, hal tersebut menunjukkan bahwa persepsi atau pandangan masyarakat terhadap perekonomian ke depan juga relatif positif.

"Secara lebih mendalam dapat diketahui bahwa Indeks Penghasilan Konsumen menjadi salah satu faktor pendorong keyakinan konsumen tersebut. Tercatat Indeks Penghasilan Konsumen pada Januari 2016 mencapai 128,6," katanya.

Namun di sisi lain, lanjut dia, Indeks Pengeluaran Konsumen pada Januari 2016 mencapai 150,7 atau cenderung lebih tinggi dibandingkan Indeks Penghasilan Konsumen.

"Kondisi tersebut relatif sejalan dengan realisasi inflasi Kota Jayapura pada Januari 2016 yang cukup tinggi mencapai 0,76 (mtm)," ungkapnya.

Ia menambahkan, jadi dari sisi ekspektasi, perkembangan pada Januari 2016 menunjukkan bahwa ekspektasi masyarakat terhadap inflasi pada bulan ini masih dapat terkelola dengan baik. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: