Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tol Jakarta-Cikampek Macet 25 KM Akibat Tergenang Air

Warta Ekonomi -

WE Online, Bekasi - Antrean kendaraan di ruas tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta macet hingga 25 kilometer sebagai imbas luapan air dari tanggul Rumah Makan Alam Sari Cikarang, Minggu malam.

"Hingga pukul 19.00 WIB, antrean kendaraan yang terjebak kemacetan sudah sampai rest area di Kilometer 62 atau panjangnya sekitar 25 kilometer dari lokasi luapan air," kata Totok Rukmito Kepala Shift Layanan Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Minggu (14/2/2016).

Menurut Totok, genangan air mulai meluber ke tol sekitar pukul 15.45 WIB dari tanggul RM Alam Sari yang lokasinya di samping tol dekat Gerbang Cikarang Pusat di Kilometer 37.

"RM Alam Sari lokasinya cukup luas dengan ciri khas danau buatan di sekitar tempat makannya. Air danau itu yang jebol tanggulnya hingga meluber ke tol," katanya.

Luberan air menggenangi lajur 1 dan 2 dengan ketinggian mencapai 20 cm. Kondisi tersebut membuat Lajur 1 sama sekali tidak bisa dilewati kendaraan.

"Kendaraan hanya bisa melaju di lajur 2 dan 3 dengan kecepatan lambat," katanya.

Kondisi tersebut, ditambah dengan peningkatan arus balik kendaraan menuju Jakarta membuat volume kendaraan meningkat hingga antrean mengekor sampai Kilometer 62.

"Petugas kami sudah dikerahkan untuk melancarkan gorong-gorong supaya air bisa segera surut. Akan tetapi, upaya tersebut membutuhkan waktu dan hingga saat ini masih berlangsung," katanya.

Di sekitar lokasi kejadian, petugas juga sudah berupaya mengarahkan kendaraan untuk keluar dari gerbang Karawang Barat dan kembali masuk melalui Gerbang Tol Cikarang Barat.

"Setelah Cikarang Barat, lalu lintas kendaraan sudah berangsur lancar," demikian Totok. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: