Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nasdem Bangga Surya Paloh Berperan Bebaskan 10 WNI

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) disebut-sebut telah berperan besar dalam proses pembebasan 10 warga negara Indonesia (WNI) yang disandera oleh kelompok Abu Sayaff di wilayah Filipina selatan.

Anggota Majelis Pertimbangan DPP Partai Nasdem Teddy Setiawan mengaku dirinya bangga dengan Surya Paloh yang telah mempunyai rasa tanggung jawab untuk melindungi dan membebaskan kesepuluh WNI yang menjadi sandera.

"Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai Nasdem mempunyai rasa perikemanusian dan tanggung jawab terhadap WNI yang disandera oleh pasukan pemberontak Abu Sayyaf," katanya dalam keterangan kepada wartawan di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Terkait metode pembebasan, Teddy menyampaikan Surya Paloh telah melakukan cara terbaik lewat pendekatan negosiasi dan menghindari pendekatan-pendekatan militer yang berpotensi untuk menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

"Nah, Surya Paloh sangat menyadari, membebaskan dengan cara militer yang mempunjai banyak risiko yang menjatuhkan korban yang cukup besar atau dengan melakukan negosiasi yang tepat dan harus berhasil dengan membanggakan bagi kedua negara yang terhimpun dalam negara-negara ASEAN tanpa melanggar ketentuan internasional," ujarnya.

Ia merinci bos Media Group tersebut memanfaatkan jaringan wartawan dalam proses pembebasan 10 WNI. Disampaikan, jaringan wartawan ini melakukan negosiasi tertutup dengan kelompok penyandera dalam suasana saling pengertian.

"Peranan network wartawan sangat memainkan peranan," ucapnya.

Meski demikian, ia mengakui pembebasan ini juga turut mendapat bantuan dari banyak pihak, baik dari pemerintah Indonesia maupun pemerintah Filipina.

"Pemulangan sandera ke Tanah Air berkat kerja sama yang baik negara ASEAN sehingga para sandera dapat diserahkan oleh Deplu (Kementerian Luar Negeri, red) kepada keluarga yang sangat merindukan mereka. Ketua umum Partai Nasdem Surya Paloh dan seluruh keluarga besar Restorasi mengucapkan terima kasih kepada rakyat Indonesia yang selalu mendoakan supaya 10 WNI berhasil kembali dengan selamat," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: