Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

DPR Tegaskan Reklamasi Bisa Rusak Biota Laut

Warta Ekonomi -

WE Online, Cirebon - Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron mengatakan reklamasi laut dimanapun berada baik di Cirebon, Jakarta, maupun daerah lain bisa mengakibatkan rusaknya biota laut yang ada.

"Semua reklamasi laut itu akan merusak ekosistem laut, untuk itu perlu ada pengawasan yang maksimal dari semua pihak terutama pemerintah," kata Herman di Cirebon, Jumat (27/5/2016).

Menurut dia perluasan daratan juga perlu, namun seharusnya ada musyawarah dan persetujuan dari masyarakat sekitar mengenai dampak yang akan ditimbulkan. Dan sekarang ini reklamasi yang dilakukan oleh PT Gamantara di pesisir laut Cirebon sudah menyalahi aturan dan juga tidak memenuhi persyaratan yang ada, maka jelas ini sangat merusak.

"Belum dapat izin lingkungan malah mereka sudah main timbun tanah dan mereka juga tidak punya gambaran seperti apa nantinya laut yang direklamasi," tuturnya saat melakukan sidak di Cirebon.

Ia menambahkan seharusnya semua perusahaan yang akan memakai laut itu memikirkan nasib semua kalangan, karena laut itu milik semua masyarakat Indonesia.

"Jadi, jangan membangun seenaknya sendiri, penuhilah peraturan yang ada, karena dengan sesuai peraturan bisa meminimalkan risiko yang ditimbulkan dikemudian hari. Nantinya kan ada dampaknya, maka semua harus melalui persyaratan yang sudah ditentukan," katanya menambahkan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: