Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BKPM: Investasi di Luar Jawa Naik Dua Kali Lipat

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi proyek investasi di luar Jawa tahun lalu meningkat dua kali lipat.

Kepala BKPM Franky Sibarani menjelaskan realisasi investasi di luar Jawa pada 2015 mencapai 15.531 proyek atau  atau tumbuh 115% dibandingkan 2014 yang sebanyak 7.506 proyek.

"Proyek investasi di luar Jawa terealisasi naik lebih dari dua kali lipat," Kata  Franky di Kantor BKPM, Jakarta, Senin (30/5/2016).

Franky mengatakan realisasi investasi di Sumatera pada 2015 sebanyak 2.823 proyek. Angka itu lebih tinggi dibandingkan 2014 yang sebanyak 1.326 proyek. Di Kalimantan, realisasi investasi tahun lalu sebanyak 1.628 proyek naik dibandingkan 2014 yang sebanyak 714 proyek. Adapun realisasi investasi di Papua dan Maluku sebanyak 406 proyek pada 2015 atau naik dibandingkan 2014 yang sebanyak 174 proyek.

"Ini artinya semakin menunjukkan investor percaya untuk berinvestasi tidak hanya di Jawa, tapi juga di luar Jawa," tambahnya.

Pencapaian ini menurut Franky tidak  terlepas dari peran Pemda untuk mendorong investasi di daerahnya masing-masing. Karena itu setiap tahun BKPM memberikan penghargaan bagi penyelenggara  Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) bagi Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

Untuk tahun ini, pada level provinsi BKPM memberikan penghargaan PTSP terbaik kepada Sulawesi Selatan. Sedangkan untuk Kabupaten diberikan kepada Kabupaten Siak, Riau. Sementara Palembang memenangi kategori PTSP terbaik tingkat kotamadya.

"Pemberian penghargaan terhadap penyelenggara PTSP terbaik ini merupakan program BKPM untuk mendorong peningkatan layanan perizinan investasi di daerah, baik provinsi, kabupaten dan kota. Saya  mengharapkan melalui peningkatan layanan izin investasi di daerah, dapat mendorong kelancaran realisasi investasi yang pada ujungnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," jelasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: