Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

ADB Salurkan Pinjaman US$500 Juta

Warta Ekonomi, Jakarta -

Asian Development Bank (ADB) menyetujui penyaluran pinjaman US$500 juta kepada Indonesia setelah dijalankannya berbagai reformasi kebijakan untuk mengurangi hambatan investasi dan mendorong kerja sama publik-swasta (public-private partnership).

Dengan dana tersebut, diharapkan bisa merangsang pengembangan sektor swasta dan meningkatkan partisipasi swasta dalam proyek infrastruktur. Pinjaman tersebut juga akan dilengkapi pembiayaan bersama yang nilainya setara US$224,6 juta dari KfW Bankengruppe, Jerman.

"Di tahap pertama program, KfW telah memberikan pembiayaan paralel senilai US$245 juta," kata Direktur ADB untuk Indonesia Steven Tabor di Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Dia melanjutkan Indonesia sudah mengambil sejumlah langkah penting dalam meningkatkan iklim investasi, termasuk mencabut penghambat Kerjasama Publik-Swasta dan memangkas kerumitan peraturan.

Sementara terkait terbitnya 12 paket reformasi ekonomi sejak September 2015, sudah menunjukkan tekad pemerintah untuk melakukan perbaikan besar besaran terhadap iklim investasi.

Peraturan yang memberatkan, serta biaya tinggi untuk mendirikan dan menjalankan usaha, telah menghambat investasi baru dan mengakibatkan Indonesia hanya berada di peringkat 109 dari 189 negara dalam laporan Bank Dunia tahun 2016 tentang kemudahan menjalankan usaha.

"Peringkat ini jauh di bawah negara-negara tetangga di kawasan yang sama," ujarnya.

Ia menegaskan Indonesia perlu menciptakan sumbersumber pertumbuhan baru agar bisa kembali ke jalur pertumbuhan yang lebih tinggi dan lebih inklusif. Apalagi, investasi swasta berperan sangat penting untuk mendorong perekonomian yang kuat dan lebih terdiversifikasi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: