Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dinas Pertanian Sumut Berikan Bantuan Alsintan ke Kabupaten Tobasa

Warta Ekonomi, Medan -

Pemerintah melalui Dinas Pertanian Sumatera Utara (Sumut) memberikan bantuan untuk Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dalam program upaya khusus (upsus) padi, jagung,, dan kedelai (pajale). Bantuan itu berupa benih, perluasan areal, serta alat mesin pertanian (alsintan).

"Untuk mencapai swasembada pangan di Tobasa, kabupaten ini menjadi salah satu daerah yang mendapat kegiatan upsus pajale tahun 2016," kata Kasubbag Program Dinas Pertanian Sumut, Marino, di Medan, Minggu (24/7/2016).

Tobasa memiliki potensi lahan sawah irigasi yang cukup luas, yakni 18.170 hektare (ha) dan sawah tadah hujan seluas 1.563 ha. Tahun ini pemerintah memberikan bantuan berupa benih untuk pengembangan padi inbdrida, padi organik, jagung hibrida, dan perluasan areal tanam ubi kayu.

"Dukungan pemerintah pada 2016 berupa bantuan benih untuk pengembangan padi inbrida 6.000 ha, padi organik 20 ha, jagung hibrida 1.500 ha, perluasan areal tanam ubi kayu 100 ha, dan intensifikasi ubi kayu 1.000 ha," ujarnya.

Untuk Alsintan, bantuan yang diberikan adalah combine harvester kecil lima unit, combine harvester sedang delapan unit, dan combine harvester besar satu unit, serta power threser lima unit dan corn sheller enam unit.

"Total anggaran bantuan untuk Tobasa sebesar Rp10,8 miliar," ujarnya.

Program-program tersebut diharapkan dapat mendukung tercapainya target pembangunan pertanian di Tobasa. Antara lain, tercapainya produksi padi sebesar 158.831 ton GKG hasil dari panen seluas 24.541 ha dengan provitas 6,5 ton/ha.

Marino menambahkan program itu juga diharapkan dapat mendukung tercapainya juga target pembangunan pertanian. Target luas tanam periode April-September 2016 seluas 5,883 ha dan sudah terealisasi seluas 699 atau 11,88 persen.

"Memang untuk periode kedua ini masih ada selisih sebesar 5.184 ha," ujarnya.

Kegiatan panen, tanam, penyerahan bantuan benih, dan alsintan akan dilaksanakan di Desa Narunmonda V, Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Tobasa.

"Melalui kegiatan panen dan tanam serta penyerahan bantuan benih dan alat mesin pertanian dalam rangka percepatan luas tambah tanam padi khususnya di Tobasa diharapan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pencapaian swsembada pangan di Sumut," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: