Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PJB Lepas 800 Anak Penyu di Pantai Pacitan

Oleh: ,

Warta Ekonomi, Jakarta -

PT PJB Unit Bisnis Jasa Operasi dan Maintence (UBJOM) Pacitan melepas sekitar 800 tukik atau anak penyu di Pantai Taman Pacitan, Jumat (26/8/2016).

Direktur Produksi 2 PT PJB Miftahul Jannah mengatakan pelepasan tukik merupakan bagian dari upaya pengelola PLTU Pacitan untuk menggugah kesadaran masyarakat atas pelestarian penyu di perairan Pacitan. Selain itu, ia mengatakan kegiatan ini juga sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dengan mengenalkan isu-isu konservasi melalui berbagai kegiatan positif.

"PT PJB berkomitmen untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan yang ada di sekitar unit pembangkitnya termasuk di UBJOM Pacitan. Hari ini kita melepaskan ratusan tukik ke laut lepas. Semoga dua puluh tahun ke depan ada beberapa yang kembali lagi ke pantai ini untuk bertelur dan memperindah jajaran pantai Pacitan dengan kelestariannya," katanya keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (27/8/2016).

Miftahul Jannah menyampaikan penyu merupakan satwa yang dilindungi karena keberadaannya terancam punah. Lebih lanjut, Miftah memaparkan upaya pelestarian lingkungan sejalan dengan visi misi PT PJB di antaranya misi untuk meningkatkan kinerja berkelanjutan melalui implementasi tata kelola pembangkitan dengan metode best practice dan ramah lingkungan.

"Pelepasan tukik merupakan salah satu upaya untuk melestarikannya," ujarnya.

Adapun, pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 UBJOM Pacitan berkomitmen untuk mendukung kegiatan konservasi penyu yang ada di Pantai Taman Pacitan.

General Manager UBJOM Pacitan Ardi Nugroho memaparkan beberapa program yang dilakukan pada kawasan konservasi penyu yang berjarak sekitar lima km dari PLTU Pacitan tersebut. Ia mengatakan bahwa selama tahun 2016 dilakukan kegiatan penanaman 500 bibit pohon ketapang, pembangunan jalan paving seluas 425 m² untuk area konservasi penyu, pemasangan 10 set bak sampah, dan bantuan pakan tukik.

"Kegiatan melalui program corporate social responsibility di kawasan konservasi penyu Pantai Taman kami harapkan dapat berlanjut pada tahun-tahun mendatang," pungkas Ardi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: