Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

INKA Rampungkan Satu Rangkaian K3 Pesanan KAI

Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Indstri Kereta Api (PT INKA) di Kota Madiun, Jawa Timur, menyelesaikan satu rangkaian (train set) kereta api ekonomi (K3) "new concept" yang merupakan pesanan dari PT KAI.

Humas PT INKA Fathor Rasid di Madiun, Sabtu mengatakan, satu rangkaian kereta ekonomi yang telah selesai tersebut merupakan bagian dari tujuh rangkaian kereta ekonomi yang dipesan oleh PT KAI.

"Nilai kontrak dari totalnya mencapai Rp364 miliar. Satu rangkaian kereta ekonomi new concept tersebut juga telah diuji coba kelayakan dan keamanannya oleh tim penguji dari PT INKA, Kementerian Perhubungan, dan PT KAI pada Jumat (25/8) lalu," ujar Fathor Rasid.

Menurut dia, kereta ekonomi new concept tersebut terdiri dari 11 rangkaian, yakni delapan kereta penumpang, satu kereta pembangkit, satu kereta makan, dan satu kereta khusus untuk penyandang cacat.

Secara umum, kereta ekonomi new concept tersebut mirip dengan kereta eksekutif. Yang membedakan hanyalah jumlah tempat duduk penumpang tiap kereta. Dimana pada kereta eksekutif diisi oleh 50 penumpang, sedangkan kereta ekonomi new cocept berisi 80 penumpang.

"Semua fasilitasnya sama seperti kereta eksekutif. Sehingga bisa disebut kereta ekonomi serasa kereta eksekutif," kata dia.

Ia menjelaskan, uji coba kelayakan dan keamanan yang dilakukan oleh tim itu bertujuan untuk mengetahui apakah kereta tersebut laik digunakan untuk moda trasportasi.

Dalam uji coba kelayakan dan keamanan tersebut tim menilai apakah semua fasilitas dan fungsi di dalam kereta bekerja dengan baik. Selain itu juga menilai tingkat getaran kereta saat berjalan, lalu tingkat kenyamanan, dan pengereman mendadak kereta. 

Ia menambahkan, jika uji coba tersebut hasilnya semua memenuhi standar, maka pihak Kementerian Perhubungan akan mengeluarkan sertifikat kelaikan operasi. 

Sementara, sesuai informasi, setelah melakukan uji kelayakan dan keamanan tersebut, PT INKA akan melakukan produksi massal kereta api tersebut di tahun mendatang guna peremajaan armada kereta api saat ini yang sudah berusia di atas 30 tahun.

Data menyebutkan, dari sekitar 800 unit armada kereta penumpang yang dimiliki oleh PT KAI saat ini, sebanyak 60 persen di antaranya telah berusia sekitar 31 tahun. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: