Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Implementasi MEA Dorong Ekspor RI Naik 20,4%

Warta Ekonomi, Jakarta -

Sempat ditakuti akan membawa dampak negatif , namun pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) justru mulai dirasakan positif.  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengungkapkan terjadi peningkatan nilai ekspor Indonesia ke negara-negara ASEAN yang kontribusinya mencapai 20,4%.

“Kita menaruh harapan besar bahwa MEA telah efektif memberi motivasi positif bagi eksportir-eksportir Indonesia untuk menggenjot ekspor ke negara-negara ASEAN,”Kata  Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani saat menghadiri Konferensi Perdagangan Nasional 2016  dengan tema “Trade  and Export For All” di Gedung Smesco UKM, Jakarta, Selasa (27/9).

Lebih lanjut Rosan menjelaskan bahwa terjadi peningkatan nilai ekspor pada enam  negara Asia Tenggara di luar Singapura, Malaysia , Thailand yang mencapai 13,72% dari sebelumnya US$ 5,02 miliar menjadi US$ 5,07 miliar.

“Kita boleh berharap bahwa ketergantungan ekspor Indonesia ke Singapura akan semakin berkurang dan digantikan oleh ekspor ke negara-negara ASEAN lainnya yaitu Philipina, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Laos, dan Brunei,” tambah Rosan.

 Berdasarkan data Kementrian Perdagangan kinerja ekspor Indonesia ke Singapura pada tahun ini tercatat turun 0,26%. Ekspor ke Thailand turun 7,6%, sedangkan ke Malaysia berkurang 15,7%. Sebaliknya kinerja ekspor Indonesia ke Filipina naik 21,6%, Timor Leste 11,49%, dan Vietnam 5,3%.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: