Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

American Airlines Beri Skors Staf Pasca-Insiden Kereta Bayi

American Airlines Beri Skors Staf Pasca-Insiden Kereta Bayi Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Maskapai penerbangan American Airlines memberi skors?seorang staf setelah terlibat insiden pertengkaran di dalam pesawat dengan seorang penumpang dengan kereta bayi di San Fransisko.

Seorang penumpang yang mengunggah video insiden tersebut di laman Facebooknya mengatakan staf itu memukul seorang penumpang perempuan dan merebut kereta bayi secara paksa hingga nyaris mengenai bayinya.

Maskapai American Airlines mengatakan pihaknya "meminta maaf" atas kejadian yang dialami penumpang perempuan dan keluarganya. Insiden ini terjadi di Bandara Internasional San Francisco, AS, saat pesawat dengan nomor penerbangan 591 tersebut bersiap terbang menuju ke Dallas/Fort Worth.

Sebelumnya, sekitar dua pekan silam, insiden serupa dialami seorang penumpang United Airlines saat seorang penumpang diseret paksa keluar dari pesawat karena kelebihan penumpang.

Dalam video yang diunggah oleh salah satu penumpang bernama Surain Adyanthaya, staf maskapai itu terlihat "memaksa" merebut kereta bayi dari penumpang tersebut, memukulnya, dan nyaris mengenai bayinya. Rekaman tersebut menunjukkan sang penumpang tersebut terlihat putus asa. Terlihat pula staf dan penumpang lainnya mencoba untuk melakukan intervensi.

Seorang penumpang pria kemudian mengeluarkan komentar yang diarahkan kepada karyawan pria itu. "Kamu melakukan itu pada saya, saya hajar habis kamu," katanya.

Staf itu langsung meminta penumpang itu agar tidak ikut campur, lalu berkata: "Pukul saya! Ayo!" Dia menganggap penumpang pria itu tidak mengetahui latar belakang masalahnya. Tetapi penumpang pria itu balik menjawab: "Saya tidak peduli latar ceritanya. Anda nyaris menyakiti bayi itu!" Dia sempat berdiri, tetapi akhirnya kembali ke tempat duduknya setelah dilerai.

"Apa yang kami saksikan di video tidak mencerminkan nilai-nilai kami atau bagaimana kami melayani pelanggan kami. Tindakan anggota tim kami tidak mencerminkan kesabaran dan empati, dua nilai yang diperlukan dalam melayani pelanggan. Singkatnya, kami kecewa atas tindakan ini," kata American Airlines dalam sebuah pernyataan seperti diktuip dari laman BBC di Jakarta, Senin (24/4/2017)."

Maskapai ini lantas memindahkan penumpang tersebut ke kelas eksekutif ketika mereka melakukan penerbangan lanjutan ke Dallas.

Sebuah pernyataan dari Association of Professional Flight Attendants menekankan semua penumpang pantas diperlakukan dengan hormat, namun memperingatkan agar tidak segera menghakimi sebelum fakta lengkap diketahui.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gregor Samsa
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: