Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pembayaran e-Toll Rambah Dua Mitra Bank

        Pembayaran e-Toll Rambah Dua Mitra Bank Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama operator jalan tol PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, mengimplementasikan pembayaran elektronik multi bank Himpunan Bank Negara (Himbara) yang terdiri atas Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN di Jalan Tol Dalam Kota dan Jalan Tol Soedijatmo.

        Direktur Operasi I Jasa Marga, Muh Najib Fauzan mengatakan "Mulai hari ini, 10 November 2016 tahap awal pembayaran elektronik tol (e-toll) diberlakukan di 6 ruas tol yaitu, Gerbang Tol (GT) Halim, GT Cililitan, GT Kapuk, GT Cengkareng (khusus Gerbang Tol Otomatis/GTO), GT Tanjung Priok 1, GT Tanjung Priok 2," katanya di Jakarta, Kamis (10/11/2016).

        Menurut Najib, sebelumnya pembayaran elektronik e-toll hanya bekerja sama dengan Mandiri dan BTN, namun kini mengikutsertakan Bank BNI dan BRI. Pemberlakuan pembayaran elektronik multibank selain mempercepat transaksi serta mengurangi antrian di gerbang tol juga sekaligus menyukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNTT) yang dicanangkan Pemerintah.

        "Implementasi pembayaran elektronik multi bank akan berlaku di seluruh Jalan Tol Dalam Kota dan Jalan Tol Soedijatmo. Kebijakan itu dilakukan secara bertahap hingga akhir November 2016," tuturnya.

        Najib menjelaskan, hingga bulan September 2016, volume pembayaran dengan transaksi elektronik di Jalan Tol Dalam Kota dan Jalan Tol Soedijatmo sebesar 31.83 persen. Sinergi Badan Usaha Jalan Tol dengan Himbara ini diharapkan dapat meningkatkan animi pengguna jalan tol dalam melakukan transaksi pembayaran secara elektronik.

        Untuk melakukan pengisian ulang (top up) e-Toll bisa dilakukan di ATM bank terkait. Selain itu, juga dapat dilakukan di beberapa toko retail, seperti Indomaret dan Alfamart. Sementara itu, Senior Vice President Digital Banking & Financial Inclusion Rahmat Btroto Triaji mengatakan uang elektronik (e-money) Mandiri hingga September 2016 sudah mencapai 8,2 juta kartu.

        "Dari sisi frekuensi, transaksi tol sangat dominan yang mencapai 79 persen, dan 65 persen dari sisi nominal transaksi," ujar Rahmat.

        Sampai dengan September 2016, jumlah "merchant" penerima transaksi kartu e-money Mandiri mencpaai 946 merchant dengan jumlah "outlet" atau gerai sebanyak 52.826 "outlet".

        "Khusus transaksi tol, saat ini e-money Mandiri telah terimplementasi sebagai alat pembarayan pada 23 ruas jalan tol," ujarnya.

        Sementara itu, Kepala Divisi Transaction Banking Bank BRI Solcihin Lutfiyanto mengatakan, e-money dengan kartu Brizzi hingga September 2016 sudah mencapai 5,2 juta kartu, diproyeksikan akan menembus 5,5 juta pada akhir Desember 2016. Nilai transaksi Brizzi mencapai Rp22 miliar per bulan dengan sebanyak 1,7 juta kali transaksi.

        "Dengan sinergi Bank Himbara, kami perkirakan jumlah kartu Brizzi pada tahun 2017 akan tumbuh 30 persen seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat akan transaksi yang lebih cepat dan praktis," tambahnya.

        Sedangkan Kepala Divisi Digital Banking Bank BTN Dopo Lastyomo mengatakan, sinergi Himbara ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengguna e-money B-Link hingga menembus 10.000 kartu.

        "Transaksi tertinggi untuk pembayaran tol, commutter line, Trans Jakarta, serta transaksi lainnya," ucap Dopo. (Ant).

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Leli Nurhidayah

        Bagikan Artikel: