Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Inggris Luncurkan Koin Poundsterling Baru Paling Aman di Dunia

        Inggris Luncurkan Koin Poundsterling Baru Paling Aman di Dunia Kredit Foto: Commons.wikimedia.org
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Inggris Raya meluncurkan koin poundsterling baru yang diklaim ?paling aman? di dunia. Royal Mint, yang memenangkan tender pembuatan koin poundsterling, mengatakan koin ini dibuat dalam upaya menggagalkan pemalsuan.

        Koin baru ini memiliki ciri 12 sisi dan menyertakan fitur keamanan tinggi, seperti bentuk non-simetris yang khas dan terbuat dari bimetal yang membuatnya jauh lebih sulit bagi penipu untuk memalsukan.

        Selain ciri fisik dan bahan bimetal, di dalam koin itu terdapat huruf dalam ukuran mikro dan hologram yang bisa dideteksi secara elektronik oleh mesin pembayaran dan penghitungan koin. Mata uang baru ini untuk menggantikan koin poundsterling yang ada saat ini, menurut otoritas setempat, satu dari 30 koin poundsterling yang beredar, diperkirakan palsu.

        ?Ini dirancang dengan menggunakan fitur keamanan yang bertujuan menjaga mata uang kita bukan hanya di Inggris namun juga di seluruh dunia, untuk tahun-tahun mendatang,? kata CEO Royal Mint Adam Lawrence, seperti dikutip dari laman CNBC di Jakarta, Kamis (30/3/2017).

        Seperti pendahulunya, gambar muka koin ini tetap sama, yakni potret ikonik Ratu Elizabeth II, meski berbentuk fisik dan bahan berbeda. Untuk koin satu poundsterling, pada bagian belakang menggambarkan empat lambang dari bangsa-bangsa Inggris Raya, yaitu bunga mawar Inggris, daun bawang Wales, bunga thistle Skotlandia, dan daun shamrock Irlandia Utara. Gambar ini merupakan hasil kompetisi desain yang diselenggarakan bagi anak sekolah Inggris.

        Koin baru ini telah dirilis ke-33 bank dan kantor pos di Inggris Raya dan sebagai alat pembayaran yang sah. Sementara, koin lama akan ditarik dari peredaran pada 15 Oktober tahun ini.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Gregor Samsa
        Editor: Dewi Ispurwanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: