Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Megawati: Warga Korut dan Korsel Ingin Berdamai

        Megawati: Warga Korut dan Korsel Ingin Berdamai Kredit Foto: DPP PDI Perjuangan
        Warta Ekonomi, Jeju -

        Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri menilai warga Korea Selatan dan Korea Utara masih menginginkan terjadinya reunifikasi atau persatuan kembali atas dua Korea itu.

        Hal itu disampaikan Megawati, dengan dasar bahwa saat ini warga Pulau Jeju, Korea Selatan, masih mengirimkan jeruk hasil perkebunannya untuk masyarakat Korea Utara.

        "Saya sangat senang upaya Jeju untuk memberikan jeruknya diperkenalkan ke Korea Utara itu menunjukkan rakyat kedua pihak masih menginginkan terjadinya reunifikasi," ujar Megawati di Jeju, Selasa (30/5/2017).

        Megawati optimistis perdamaian antara dua Korea bisa terjadi. Menurut dia, Presiden Korsel Moon Jae-in telah meminta dirinya agar bersedia menjadi utusan Korsel untuk berdialog dengan Korea Utara.

        "Presiden Moon Jae-in ingin saya menjadi utusan beliau pergi ke Korea Utara," ujar Megawati.

        Politikus PDI Perjuangan Herman Heri yang ikut ke Jeju bersama rombongan Megawati menyampaikan bahwa kemungkinan Presiden RI kelima itu akan bertolak ke Korea Utara empat bulan ke depan guna membuka dialog reunifikasi ini.

        Sejauh ini Megawati merupakan tokoh yang dihormati oleh pemimpin Korea Utara.

        Megawati pada Senin (29/5), memenuhi undangan kehormatan Presiden Korea Moon Jae-in di Blue House atau Rumah Biru di Seoul. Dalam pertemuan tersebut Moon meminta Megawati membantu proses reunifikasi Korea Selatan dan Korea Utara.

        Megawati juga didaulat menjadi wakil Asia untuk menyerukan pesan perdamaian dalam forum tahunan "The Jeju Forum for Peace and Prosperity".?(Ant)

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: