Lazada Indonesia tengah mempersiapkan para sellernyamenghadapi kampanye Belanja Online Nasional.
"Hal ini menjadi semakin penting karena Lazada Indonesia sedang bergiat mempersiapkan para sellernya untuk menghadapi kampanye belanja online nasional (Harbolnas) yang akan jatuh pada tanggal 12 Desember 2017 nanti," kata Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia, Achmad Alkatiri, Selasa (24/10/2017).
Menurut Achmad, semangat belajar dan mengenal ilmu bisnis dari beragam pedagang, seller, dan pengusaha UKM kreatif di Kota Palembang tampak jelas ketika ratusan peserta menyimak berbagai sesi yang informatif dan edukatif mengenai tren belanja online, kiat sukses menjadi penjual online berprestasi di marketplace.
Dia menjelaskan, tips untuk mengembangkan bisnis dan mendorong pertumbuhan, serta berbagai macam solusi untuk mengatasi tantangan berjualan online.?
Achmad juga membagikan beberapa poin penting mengenai pengenalan pasar online kepada para pelaku UMKM.
?Melihat besarnya potensi pasar online Indonesia, sudah sewajarnya UMKM berani mengembangkan bisnisnya ke ranah digital. Bukti nyata komitmen kami dalam mendukung UMKM adalah melalui berbagai fasilitas dan fitur berjualan online tercanggih.?
Sikatakanya, dalam Harbolnas biasanya terjadi peningkatan tajam permintaan dari konsumen, dan para seller harus sudah siap untuk memenuhi hal tersebut.
"Ini merupakan sebuah momentum luar biasa dalam berbisnis, terutama gejolak belanja online masih terus bertumbuh, dan tingkat penetrasi masih tergolong rendah sehingga potensi untuk memaksimalkan penjualan dan promosi masih sangat tinggi," katanya.
Hadir menjadi salah satu narasumber di acara workshop #UpgradeUKM adalah Rahmad Priadi, pemilik toko virtual bernama Toko Indo Sehat di situs Lazada. Bergabung sejak tahun 2015, Rahmad menghadirkan berbagai macam alat kesehatan untuk pemakaian di rumah. Beberapa contoh produk adalah alat bantu dengar, pengukur tinggi badan, alat bantu jalan lipat, nasal aspirator, dan masih banyak lagi.?
Pertumbuhan penjualan sehat sebesar 20% dinikmati dari tahun ke tahun. Kepraktisan sistem dan pesanan harian yang pasti merupakan alasan Rahmad bergabung dengan situs?Lazada.co.id.
?Mengubah pola pikir kita dari berdagang konvensional menjadi digital memang tidak mudah, tetapi Lazada memberikan kesempatan dan kemudahan bagi kita berjualan online di marketplace tersebut, karena mereka punya fasilitas pendampingan serta berbagai solusi untuk membantu meningkatkan angka transaksi kita," katanya.
Selain itu, salah satu fasilitas yang paling dihargai oleh pelanggan saya dari Lazada adalah gratis ongkir; dengan jumlah pembelian tertentu mereka tidak perlu khawatir akan biaya onkir dan barang dapat mereka terima tanpa halangan dan tanpa hambatan, yang penting alamat kirim ditulis jelas dan lengkap. Oleh karena itulah pelanggan kini menjadi semakin yakin untuk memesan produk dari saya,? ungkapnya.
Dalam road show lokakarya #UpgradeUKM di Palembang, peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar dari sejumlah seller berpengalaman yang terbukti berhasil mengembangkan usahanya di situs Lazada. Lazada juga memaparkan rangkaian dukungan yang senantiasa diberikan oleh tim manajemen bagi para seller yang baru saja bergabung dengan situs belanja online terbesar tersebut.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Irwan Wahyudi
Editor: Vicky Fadil