Yum China, yang mengoperasikan jaringan makanan cepat saji Pizza Hut, Taco Bell, dan KFC di ekonomi terbesar di Asia, telah menolak penawaran pembelian senilai $17 miliar dari konsorsium pemain ekuitas swasta, orang-orang menjelaskan tentang masalah tersebut.
Konsorsium, yang dipimpin oleh Hillhouse Capital, sebuah perusahaan investasi yang berbasis di Hong Kong, menawarkan untuk membayar $46 per saham untuk perusahaan yang bermarkas di Shanghai. Upaya itu mendekati 30 persen premium atas harga saham penutupan Yum China pada hari Senin.
Saham Yum China naik sebanyak 11 persen sebelum memangkas kenaikan tersebut untuk diperdagangkan sekitar 4 persen pada $37,17. The Wall Street Journal pertama kali melaporkan bahwa perusahaan telah menolak tawaran Hillhouse.
Konsorsium tersebut didukung oleh perusahaan ekuitas swasta KKR dan Baring Private Equity Asia, bersama dengan dana kekayaan pemerintah China Investment Corp.
Yum China terpecah dari Yum Brands, yang mengontrol rantai makanan cepat saji Pizza Hut, Taco Bell dan KFC di tempat lain di dunia, pada tahun 2016. Yum China memiliki lebih dari 8.100 outlet di lebih dari 1.200 kota di seluruh negeri.
Desas-desus kemungkinan minat beli di perusahaan itu muncul beberapa Minggu lalu, dengan Hillhouse dan KKR dikatakan berada di antara perusahaan-perusahaan yang membebani tawaran, menurut Bloomberg.
Hillhouse, yang memiliki $30 miliar di bawah manajemen pada tahun lalu, didirikan oleh Zhang Lei, yang membuat namanya sebagai investor awal di Tencent, perusahaan media sosial dan game, dan JD.com, grup e-commerce.
Zhang sedang mengumpulkan dana yang ditujukan untuk Tiongkok dan kawasan itu dan beberapa investor berspekulasi bahwa itu bisa melampaui dana $3,3 milyar dari KKR sebagai dana terbesar yang pernah dipusatkan di bagian dunia tersebut, sebagaimana dikutip dari Financial Times, Kamis (30/8/2018).
Sebelum kenaikan hari Selasa, saham Yum China turun 10 persen sepanjang tahun ini, setelah naik 53 persen pada tahun 2017.
Pertumbuhan pendapatan secara keseluruhan telah merana kurang dari 1 persen per tahun dalam empat tahun terakhir. Penjualan toko yang sama menurun 1 persen pada kuartal kedua dibandingkan dengan tahun lalu, dengan penjualan toko yang sama di KFC dan 4 persen lebih rendah di Pizza Hut.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Hafit Yudi Suprobo
Editor: Hafit Yudi Suprobo
Tag Terkait: