Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kiai Ma'ruf Mampu Dongkrak Suara PKB

        Kiai Ma'ruf Mampu Dongkrak Suara PKB Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Direktur Riset Charta Politika Muslimin mengatakan, pencalonan?Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden dari Jokowi, mampu mendongkrak suara Partai Kebangkitan Bangsa.

        Menurut dia, saat rilis survei terbaru di Jakarta, Rabu (16/1/2019), suara PKB terus meningkat dibandingkan survei-survei sebelumnya. Tangkapan survei pada April 2018, sebelum Jokowi-Ma'ruf Amin diumumkan, PKB meraih 7,0% suara responden. Pada survei Oktober 2018, saat Ma'ruf Amin telah diumumkan KPU sebagai calon wakil presiden (pada akhir September 2018), suara PKB meningkat menjadi 7,2%.

        Survei terbaru yang dilaksanakan pada 22 Desember-2 Januari 2019 mendapati suara PKB kembali meningkat menjadi 8,1%.

        Menurut Muslimin, salah satu peningkatan suara PKB juga disumbang dari tingkat popularitas Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden di masyarakat yang telah mencapai 80%.

        "Kiai Ma'ruf mungkin telah diasosiasikan dengan PKB," ucapnya.

        Survei yang dilakukan Charta Politika kali ini digelar 22 Desember 2018-2 Januari 2019 dengan melibatkan 2.000 responden di 34 provinsi dan tingkat kepercayaan 95%.

        Dalam survei tersebut, didapati bahwa terdapat 4,9% pemilih PKB yang memilih karena partai tersebut mengusung Jokowi-Ma'ruf Amin.

        Sementara para pemilih loyal (karena terbiasa memilih PKB ) 14,2% dan pemilih yang merasa terwakili ideologinya mencapai 13%.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: