Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Nasib Rupiah Masih 'Digantung'

        Nasib Rupiah Masih 'Digantung' Kredit Foto: REUTERS/Edgar Su
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Rupiah, mata uang kebanggan Indonesia tidak mampu mempertahankan lebih lama kejayaan yang diraih pada perdagangan spot kemarin. Padahal, rupiah berhasil menguat signifikan 0,42% ke level Rp14.044 per dolar AS saat penutupan pasar spot, Rabu (20/02/2019).?

        Bukan salah rupiah memang jika harus kembali terkoreksi pada Kamis (21/02/2019) pagi. Pasalnya, nasib rupiah pun masih 'digantung' alias menunggu kepastian Bank Indonesia (BI) perihal suku bunga acuan yang akan dirilis hari ini.?

        Meskipun BI diprediksi akan mempertahankan BI 7?day reserve repo rate?di angka 6%, saat ini investor global lebih memilih untuk melepas rupiah sambil menunggu rilis BI nanti.

        Baca Juga: Kenaikan Suku Bunga Acuan BI Terbatas Sepanjang 2019

        Wajar bila kemudian investor global merasa was-was menanti pengumuman BI. Pasalnya, apa yang akan disampaiakn BI tersebut akan menjadi gambaran atas prospek perekonomian Indonesia ke depan.

        Ditambah pula dengan bayang-bayang aksi?profit taking oleh para investor, nasib rupiah kian berada di ujung tanduk. Bagaimanapun, dalam tiga hari berturut-turut, rupiah mampu menaklukkan dolar AS dengan akumulasi apresiasi sebesar 0,74%.

        Ancaman-ancaman sentimen tersebut telah ditunjukkan sejak awal pembukaan pasar spot hari ini. Rupiah dibuka dengan depresiasi 0,14% ke level Rp14.055 per dolar AS. Hingga pukul 09.50 WIB, depresiasi rupiah kian menembal menjadi 0,18% ke level Rp14.065 per dolar AS.

        Baca Juga: Dari Perang Dagang Hingga Neraca Perdagangan, Semua Bebani Rupiah

        Bukan hanya di hadapan dolar AS, rupiah juga terdepresiasi hampir di seluruh mata uang kawasan. Misalnya saja, rupiah terdepresiasi 0,15% terhadap dolar Australia, 0,18% terhadap euro, dan 0,07% terhadap poundsterling.?

        Di hadapan mata uang Asia, rupiah pun sama. Rupiah melemah 0,19% terhadap yuan, 0,17% terhadap dolar Hongkong, 0,26% terhadap yen, 0,14% terhadap dolar Singapura, dan 0,20% terhadap dolar Taiwan.?

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Lestari Ningsih
        Editor: Lestari Ningsih

        Bagikan Artikel: