Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Bukan Sekadar Aplikasi Kasir, MeeberPro Hadirkan Pengalaman Restoran 4.0

        Bukan Sekadar Aplikasi Kasir, MeeberPro Hadirkan Pengalaman Restoran 4.0 Kredit Foto: Agus Aryanto
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Meeber Teknologi Indonesia (Meeber) memperkenalkan MeeberPro, aplikasi kasir online yang komprehensif untuk mendukung kemajuan bisnis F&B di era industri 4.0. Inovasi pertama di Indonesia ini melengkapi solusi produk sebelumnya dari Meeber yaitu Meeberlite dan Meeberian.

        Dengan hadirnya MeeberPro, pesanan dan pembayaran dari aplikasi Meeberian terintegrasi dengan aplikasi point of sales (POS) sehingga pesanan dapat langsung diteruskan ke bagian pembuatan (kitchen) bahkan memotong stok penjualan secara langsung.

        Sebelumnya, melalui MeeberLite, pengusaha bisnis F&B dapat menerima pesanan dan pembayaran untuk dine-in, pre-order, dan reservasi dari pelanggan melalui aplikasi Meeberian. Sehingga, selain menyajikan pesanan yang cepat dan akurat juga memberikan pengalaman yang unik dan menarik bagi pelanggan.

        Baca Juga: Dukung Edukasi ke UMKM, Moka Gelar ACOM

        Chief Executive Officer Meeber Teknologi Indonesia, Rudy Hartawan, menjelaskan MeeberPro memberikan benefit lebih bagi merchant dengan penawaran fitur-fitur unik yang tidak dimiliki oleh aplikasi POS sejenis di antaranya adalah pengenalan dan penyimpanan data pengunjung secara otomatis, pengintegrasian sistem e-membership berbasis aplikasi secara langsung dengan aplikasi POS, penerapan sistem umpan balik secara digital, integrasi push promotion kepada pelanggan sesuai target yang diinginkan.

        Menurut Rudy, MeeberPro merevolusi bisnis F&B di Indonesia dengan menghadirkan model bisnis baru dan kekinian bagi pengusaha dari berbagai skala usaha, seperti restoran tanpa waiter, pujasera 4.0 (serba digital), dan tren perkembangan ke depan lainnya.

        Kehadiran MeeberPro juga makin membuka peluang bagi siapapun untuk berbisnis F&B dan makin mendorong kontribusi kuliner sebagai subsektor yang paling besar kontribusinya terhadap ekonomi kreatif Tanah Air.

        Sebab, tantangan bisnis offline dalam menghadapi bisnis online memerlukan penerapan strategi yang tepat. Bisnis online menawarkan kemudahan, kecepatan, dan kenyaman bertransaksi bagi masyarakat Indonesia. Dengan tren yang meningkat pesat terutama terhadap target pasar milenial, bisnis online menawarkan relasi dan interaksi dengan pelanggan yang unik dan menarik.

        Oleh karena itu, Meeber menghadirkan solusi yang menawarkan pengalaman dan kemudahan bertransaksi, baik bagi pengusaha bisnis F&B maupun kepada pengunjung melalui konsep offline by online (OBO), offline to online (O2O), dan marketing 4.0 pada bisnis F&B. Sehingga bisnis F&B di Indonesia bukan hanya unggul dalam segi produk dan rasa, namun juga sistem digitalisasi manajemen.

        "Aplikasi MeeberPro merupakan inovasi pengembangan dari aplikasi MeeberPOS, layanan point of sales (POS) bagi para pelaku bisnis F&B, yang diluncurkan lebih dulu pada 2016, dan MeeberLite-Meeberian yang diluncurkan pada 31 Juli 2018," jelas Rudy di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

        Rudy menambahkan, pengusaha bisnis F&B skala mikro atau UMKM umumnya hanya fokus kepada produk makanan dan minuman yang dijual dan dioperasikan sendiri. Apabila produknya laku dan berkembang, barulah mereka belajar mengenai pengelolaan manajemen, standardisasi produk, peningkatan pelayanan, dan pencatatan penjualan yang lebih baik.

        Proses terdebut biasanya memakan waktu cukup panjang dan belum tentu mencapai keberhasilan. Di sini MeeberPro menawarkan solusi kepada pengusaha bisnis F&B skala mikro atau UMKM berupa suatu sistem yang terintegrasi dan mudah dioperasikan dengan nilai investasi yang terjangkau.

        "Sehingga selain memangkas kurva pembelajaran bagi pengusaha bisnis F&B tersebut juga menawarkan daya saing yang setara dengan bisnis F&B kelas dunia," tutur Rudy.

        Chief Marketing Officer Meeber Teknologi Indonesia, Octavianus Kuntjoro, menambahkan bahwa di era industri 4.0, model pemasaran tidak hanya sekadar mempengaruhi pelanggan melalui iklan dan direct selling, tapi tentang bagaimana menumbuhkan loyalitas yang berfokus untuk menciptakan repeat order.

        Dengan MeeberPro yang menghadirkan konsep dan model bisnis baru ini, pengusaha bisnis F&B akan menikmati keuntungan berupa efisiensi, customer engagement layaknya bisnis online, dan program customer loyalty dengan support system yang canggih, aman, dan terkontrol.

        MeeberPro dapat terkoneksi dengan aplikasi Meeberian dengan beragam fitur, antara lain peta destinasi, panggilan langsung, dan informasi program promosi bagi pelanggan untuk mencari atau menemukan pilihan merchant yang diinginkan. Selain itu, menyediakan layanan self-order plus payment melalui teknologi pindai QR-Code untuk menampilkan E-Menu, E-Promotion, dan Digital Quick Support pada restoran yang dikunjungi.

        Integrasi atas layanan pre-order dan reservasi menambah kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan yang ingin mendapatkan layanan yang cepat, unik, akurat, dan pasti. Selaku aplikasi kasir online, MeeberPro juga menawarkan fitur-fitur yang lengkap. Misalnya: penggunaan secara offline baik single atau multidevice, sentralisasi master data (multi-outlet), laporan konsolidasi (multi-outlet), 5 level harga untuk menu, aneka alat pembayaran dalam satu transaksi, skema diskon yang kompleks, dan lain-lain.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Agus Aryanto
        Editor: Cahyo Prayogo

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: