Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Bursa Berjangka?

        Apa Itu Bursa Berjangka? Kredit Foto: China Daily via REUTERS
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Bursa berjangka adalah pasar beragam komoditas berjangka, indeks berjangka, dan opsi pada kontrak berjangka dilakukan transaksi jual dan beli. Individu yang ingin memperdagangkan kontrak berjangka harus melakukannya dengan membuat akun di pialang terdaftar. Bursa berjangka juga menyediakan fungsi kliring dan penyelesaian.

        Mekanismenya dilakukan dengan pembelian kontrak yang sudah terstandardisasi berdasarkan bursa berjangka. Terjadinya kesepakatan antara pembeli dan penjual akan diikat melalui kontrak meskipun mereka saling tidak tahu siapa lawan transaksinya.

        Baca Juga: Apa Itu Bursa Komoditas?

        Kontrak berjangka dibuat atas kesepakatan dalam membeli atau menjual komoditas dalam kuantitas, kualitas, jenis, waktu, dan penyerahan di masa yang akan datang.

        Tidak ada pasar sekunder untuk kontrak dalam perdagangan berjangka. Semua kontrak adalah kontrak primer dan setiap kontrak dengan subjek kontrak tertentu yang terjadi harus didaftarkan pada otoritas bursa setempat sehingga kontrak diciptakan di bursa.

        Hanya harga dari komoditas saja yang dinegosiasikan dalam perdagangan berjangka. Karena itulah, bursa berjangka dapat digunakan sebagai sarana mengelola risiko karena dengan adanya kontrak berjangka maka faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga komoditas primer dapat diminimalisir.

        Fungsi bursa berjangka adalah untuk menstandarkan dan mempromosikan perdagangan berjangka untuk sebanyak mungkin peserta. Kontrak berjangka yang diperdagangkan di bursa berjangka memungkinkan penjual komoditas yang mendasari kepastian harga yang akan mereka terima untuk produk mereka di pasar.

        Pada saat yang sama, pertukaran akan memungkinkan konsumen atau pembeli komoditas yang mendasari kepastian harga yang akan mereka bayar, pada waktu yang ditentukan di masa depan.

        Pertukaran juga menyediakan informasi harga, yang disebarluaskan oleh perusahaan vendor informasi. Berbagi informasi memungkinkan adanya transparansi dalam kegiatan dan keadilan bagi semua. Informasi harga, termasuk harga, tawaran, dan penawaran, tersedia untuk semua institusi dan individu yang tertarik secara setara, tidak peduli ukurannya.

        Baca Juga: Apa Itu Bursa Efek?

        Aspek lain yang sangat penting dari pertukaran adalah menyediakan layanan kliring. Layanan kliring memastikan bahwa peserta tidak perlu khawatir tentang risiko mitra dagang mereka gagal memenuhi kewajiban kontraktual mereka. Itu membuat perdagangan menjadi proposisi yang sangat sederhana untuk spekulan jangka pendek dan membuat mereka tertarik untuk berpartisipasi dalam pasar berjangka.

        Sejarah Bursa Berjangka

        Walaupun praktik perdagangan berjangka telah berlangsung sejak zaman dahulu kala pada masa Yunani kuno ataupun Fenisia. Namun, sejarah perdagangan berjangka modern dimulai pada awal abad ke 18 di Chicago Amerika. Chicago yang terletak dekat danau Great Lakes, adalah merupakan suatu pusat transportasi, distribusi dan perdagangan hasil pertanian oleh karena letak Chicago yang berdekatan dengan pusat pertanian dan peternakan dari wilayah barat Amerika Midwest.

        Melimpahnya hasil panen dan kekurangan sediaan senantiasa mengakibatkan fluktuasi harga di pasaran. Hal inilah yang mendorong terbentuknya suatu pasar yang memungkinkan para pedagang komoditas biji-bijian, pengguna bahan baku seperti pabrik, perusahaan yang bergerak di bidang agrobisnis untuk melakukan suatu transaksi masa mendatang atau pembayaran di depan yang dikenal dengan istilah kontrak serah (forward contract).

        Transaksi bertujuan untuk melindungi mereka terhadap risiko perubahan harga yang merugikan dan memungkinkan dilakukannya lindung nilai (hedge). Kontrak serah inilah yang kelak berkembang menjadi kontrak berjangka (futures contract).

        Kala itu ada banyak kontrak serah yang tidak dipatuhi baik oleh pihak pembeli maupun pihak penjual. Misalnya, apabila seorang pembeli kontrak serah jagung yang telah berjanji untuk membeli jagung pada suatu waktu yang disepakati di masa mendatang namun pada saat waktu penyerahan tiba ternyata harga jagung lebih rendah dari harga kontrak serah maka si pembeli mengingkari kontrak tersebut. Demikian pula sebaliknya.

        Pasar kontrak serah sangat tidak likuid dan dibutuhkan suatu bursa di mana dimungkinkan terjadinya transaksi antarlawan transaksi yang tidak perlu tahu lawannya untuk mempermudah transaksi antara pembeli atau penjual dari suatu komoditas.

        Pada tahun 1848, dibentuklah Chicago Board of Trade (CBOT), sebuah bursa berjangka yang pertama di dunia. Perdagangan masih dalam bentuk kontrak serah. Pada tanggal 13 Maret 1851 dibuatlah kontrak serah yang pertama untuk komoditas jagung. Pada tahun 1865 diperkenalkan standardisasi kontrak serah.

        Chicago Produce Exchange didirikan pada tahun 1874, yang kemudian pada tahun 1898 diubah namanya menjadi Chicago Mercantile Exchange (CME). Pada tahun 1972 dibentuklah sebuah divisi dari CME yang diberi nama "Pasar Moneter Internasional" (International Monetary Market -IMM), dengan tujuan untuk menawarkan kontrak serah dalam bentuk valuta asing yaitu: pound sterling, dollar Kanada, mark Jerman, yen Jepang, peso Meksiko, and frank Swiss.

        Baca Juga: Apa Itu Bearish?

        Pada tahun 1881 di wilayah Midwestern Amerika, sebuah pasar regional dibentuk yaitu di kota Minneapolis, di negara bagian Minnesota. Pada tahun 1883 diperkenalkanlah perdagangan berjangka untuk pertama kalinya dan sejak saat itu terus-menerus diperdagangkan hingga hari ini dan Minneapolis Grain Exchange (MGEX) sebagai satu-satunya pasar opsi dan perdagangan berjangka bagi gandum jenis hard red spring.

        Kemunculan suku bunga, atau obligasi berjangka, dan mata uang berjangka di pasar valuta asing utama terjadi pada tahun 1970-an. Bursa berjangka hari ini secara signifikan lebih besar dengan lindung nilai instrumen keuangan melalui kontrak berjangka. Kontrak lindung nilai berjangka ini terdiri dari sebagian besar aktivitas pasar berjangka. Bursa berjangka memainkan peran penting dalam pengoperasian sistem keuangan global.

        Pertukaran keuangan mengalami banyak merger, dengan yang paling signifikan adalah antara Chicago Mercantile Exchange dan Chicago Board of Trade (CBOT) pada tahun 2007. Setelah berganti nama menjadi CME Group, kemudian mereka mengakuisisi NYMEX Holdings, Inc., induk dari New York Mercantile Exchange (NYMEX) dan Commodity Exchange, Inc (COMEX) pada tahun 2008.

        Pada tahun 2012, mereka menambahkan Kansas City Board of Trade, yang merupakan pemain dominan dalam gandum musim dingin yang keras.

        Pemain utama lainnya di AS adalah Intercontinental Exchange (ICE). Lahir sebagai bursa elektronik pertama pada tahun 2000, ICE selanjutnya mengakuisisi International Petroleum Exchange (IPE) pada tahun 2001. Pada tahun 2007, ICE memperoleh New York Board of Trade (NYBOT) dan Winnipeg Commodity Exchange (WCE). Akhirnya, ia berkembang menjadi ekuitas dengan akuisisi NYSE Euronext pada tahun 2013.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: