Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Mulanya Koperasi Tani, Credit Agricole Tumbuh Jadi Bank Papan Atas Dunia

        Kisah Perusahaan Raksasa: Mulanya Koperasi Tani, Credit Agricole Tumbuh Jadi Bank Papan Atas Dunia Kredit Foto: Reuters/Regis Duvignau
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dengan sekitar 21 miliar nasabah, Credit Agricole Group "la banque verte" atau The Green Bank merupakan lembaga koperasi dan perbankan terbesar di Prancis. Ia juga dikenal sebagai organisasi yang memayungi jaringan global perbankan dan lembaga keuangan lainnya. Sementara jika dilihat dari permodalan, perusahaan ini adalah yang terbesar kelima di dunia. 

        Credit Agricole memiliki struktur korporasi yang unik. Ia memiliki bentuk perusahaan yang satu namun cara kerjanya terdesentralisasi, sehingga bank dengan berbagai tingkatannya dapat beroperasi secara mandiri dalam batas hukum dan komersial yang telah ditetapkan grup.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Lahir, Tumbuh, dan Besarnya Generali Berkat Orang-orang Penting Italia

        Operasionalnya terdiri atas jaringan bank lokal, regional dan pusat. Segmen layanannya sendiri cukup banyak, antara lain perbankan ritel internasional, perbankan pribadi, asuransi jiwa, pembayaran untuk pelanggan perorangan, petani, usaha, kecil dan pemerintah lokal.

        Alasan mengapa Credit Agricole disebut bank paling besar di Prancis adalah karena ia telah duduk nyaman di peringkat ke-67 dalam Global 500 Fortune. Ini merupakan daftar perusahaan raksasa dunia dengan berbagai latar belakang yang berbeda. 

        Untuk menilai seberapa besar raksasa perbankan Prancis ini, wajib kiranya menengok kekuatan finansial dalam dua tahun terakhir. Pada 2019 Credit Agricole cuma bisa meraup keuntungan per tahun sebesar 88,32 miliar dolar AS. Meskipun begitu, angka kenaikannya di angka 4,9 persen. Sementara laba bersihnya naik 26,2 persen sebesar 5,19 mlair dolar. Yang terakhir adalah aset yang dimiliki telah menyentuh angka 1,85 triliun dolar. 

        Angka-angka demikian hanya mampu membawa Credit Agricole ke posisi 91 dalam Global 500 di tahun 2019. Lantas untuk 2020, kondisi keuangan perusahaan kian membaik. 

        Di tahun itu, pendapatan Credit Agricole naik 18,8 persen menjadi 104,97 miliar dolar. Keuntungannya pun ikut naik 4,4 persen sebesar 5,42 miliar dolar. Dengan begitu total aset dan nilai ekuitasnya menyentuh angka 1,98 triliun dan 70,62 miliar dolar. 

        Credit Agricole kerap disebut bank hijau karena memiliki akar dalam bidang pertanian. Dibentuk dari sejumlah grup mulai dari Caisse Nationale de Credit Agricole dan 90 bank regional yang bersama-sama memiliki 90 persen saham Caisse Nationale. Itu yang menjadi organisas koperasi unik di Prancis.

        Untuk lebih lengkapnya, berikut Warta Ekonomi sajikan kisah perusahaan raksasa Credit Agricole dalam artikel ringkas ini, Kamis (12/11/2020).

        Pada pertengahan 1800-an, kebutuhan akan kredit pertanian di Prancis menjadi jelas. Titik baliknya terjadi pada 1856 ketika terjadi gagal panen di Prancis yang menyebabkan daerah perdesaan dalam kesulitan besar. Salah satu penyebab utama ialah rendahnya produksi karena kurangnya kredit atau dana yang memadai bagi petani. Pasalnya petani kerap kali tidak bisa memenuhi persyaratan kredit bank umum, sehingga uang pun tak mungkin didaptkan. 

        Pada 1861, kerajaan Prancis berusaha memperbaiki masalah ini dengan meminta Credit Foncier untuk secara tegas mendirikan departemen pertanian, Societe de Credit Agricole. Sayangnya organisasi yang baru dibentuk itu tidak banyak mencapai hasil. Hal ini diperparah dengan pecahnya perang Prancis-Prusia. Dengan begitu pada 1876 perkumpulan itu dibubarkan.

        Gagalnya organisasi itu bukan akhir dari perjalanan korporasi keuangan di tanah Franka. Belakangan setelah itu, beberapa koperasi keuangan muncul secara mandiri di antara para petani. Ia beroperasi di kota-kota pedesaan dengan sistem kredit bersama. 

        Melihat fenomena ini, Prancis, yang tengah mendiskusikan modernisasi ekonomi pertanian, memutuskan sistem kredit lokal semacam itu lebih cocok untuk penduduk pedesaan daripada kredit yang berasal dari bank sentral besar. 

        Perjalanan ini melaju hingga tahun 1894. Kamar Deputi mengusulkan undang-undang untuk mengatur kredit pedesaan pribadi atau jangka pendek, berdasarkan metode masyarakat kredit kecil yang sudah ada. Undang-undang meresmikan persyaratan untuk pembentukan masyarakat, membuat mereka dibebaskan dari pajak, dan memberi mereka monopoli atas pinjaman bersubsidi negara kepada petani.

        Pada tahun 1897, Bank of France menyediakan dana bagi bank melalui menteri pertanian. Tahun 1899, sebuah undang-undang disahkan untuk membentuk bank regional untuk bertindak sebagai perantara antara masyarakat lokal dan menteri pertanian. 

        Koperasi lokal adalah masyarakat dengan pemerintahan sendiri dengan tanggung jawab terbatas. Anggota mereka sebagian besar adalah petani perorangan. Setiap koperasi lokal berafiliasi dengan bank daerah. Ia mentransfer semua simpanan dan memperoleh dana untuk pinjaman. 

        Bank-bank lokal memilih komite untuk mengontrol bank-bank regional, yang utamanya bertanggung jawab atas pinjaman jangka menengah dan panjang. Dengan demikian, hierarki Credit Agricole didirikan.

        Salah satu alasan Crédit Agricole begitu sukses adalah karena ketergantungannya pada petani individu. Pada pertengahan 1800-an sebagian besar hasil pertanian Prancis berasal dari pertanian kecil daripada perkebunan besar, dan pemerintah Prancis ingin melestarikan pertanian keluarga kecil karena beberapa alasan sosial dan ekonomi. Misalnya, secara luas diyakini bahwa petani kecil mengolah tanah paling intensif dan memanfaatkannya dengan lebih baik. Juga dianggap lebih baik memiliki banyak pertanian keluarga kecil daripada menciptakan "proletariat" untuk bekerja di pertanian besar. 

        Ketika Perang Dunia I meletus pada tahun 1914, sistem perbankan Eropa berada di bawah tekanan yang parah karena kesulitan dengan pertukaran emas. Namun, emas masih beredar di Prancis dan Bank of France mampu meningkatkan penerbitan uang kertasnya, memulihkan beberapa ketertiban keuangan. 

        Selama perang, produksi pertanian berada pada tingkat minimum, dan Credit Agricole, yang masih merupakan lembaga muda, hanya dapat bertahan melalui dukungan berkelanjutan dari pemerintah. Hasil pertanian tidak mendapatkan kembali tingkat sebelum perang sampai tahun 1930.

        Pada tahun 1920, sebuah undang-undang disahkan untuk mengatur Office National du Crédit Agricole, sebuah masyarakat nasional yang dijalankan oleh pegawai negeri dan perwakilan terpilih dari bank-bank daerah tetapi dikendalikan oleh pemerintah. Sistemnya, menteri pertanian akan menunjuk direkturnya.

        Dengan demikian, tahun 1926, namanya diubah menjadi Caisse Nationale de Crédit Agricole (CNCA).

        Karena Crédit Agricole tumbuh dalam sumber daya dan penuh kapasitas, ia mulai membantu tidak hanya petani perorangan tetapi juga gerakan perdagangan koperasi yang berkembang di antara kelompok-kelompok pertanian. 

        Perang Dunia II merugikan pertanian lebih sedikit daripada Perang Dunia I, dan setelah perang, ada periode pertumbuhan yang cepat, didorong oleh pinjaman Crédit Agricole. Dalam hal ini, ia memenangkan lebih banyak kekuatan untuk membantu Crédit Agricole lebih lanjut.

        Setelah perang, pertanian menjalani rencana modernisasi besar-besaran. Crédit Agricole memainkan peran utama dengan menyediakan modal untuk pupuk, peralatan, elektrifikasi, dan peningkatan pasokan air.

        Karena kredit pertanian disubsidi oleh pemerintah, dan karena kualitas jaringan komersial terdesentralisasi Crédit Agricole, lembaga pertanian memiliki tingkat ekspansi paling cepat dari semua bank.

        Antara tahun 1938 dan 1946, dana modal masyarakat regional meningkat dari 1,6 miliar franc menjadi 28 miliar franc. Crédit Agricole memperpanjang operasi pinjaman jangka menengah dan panjangnya dan pemerintah memberikan pinjaman khusus untuk peralatan pertanian, menyebabkan peningkatan besar dalam jumlah petani yang mengendarai traktor.

        Pembiayaan untuk pertanian kecil terus berlanjut. Tahun 1958, koperasi lebih disukai daripada pertanian besar. Namun, produktivitas pertanian Prancis berada di bawah sebagian besar negara Eropa lainnya, dan beberapa menyalahkan produktivitas yang rendah sebagian pada keuntungan kredit yang diberikan kepada pertanian kecil, yang mencegah persaingan. Penghasilan tidak membaik dan industri tetap bergantung pada pinjaman.

        Sekitar waktu ini, pemerintah mulai menerapkan batas pinjaman yang ketat pada seluruh sistem keuangan untuk menahan jumlah uang beredar dan menekan inflasi. Hal ini menyebabkan banyak bank melakukan diversifikasi ke bisnis luar negeri dan pasar Eurodolar.  Crédit Agricole, pada awalnya, menahan diri dari ekspansi internasional, sementara berkembang pesat dengan ekonomi Prancis.

        Tahun 1966, negara bagian memutuskan untuk mengizinkan Crédit Agricole memperluas operasinya menjadi lebih fleksibel daripada bank khusus untuk petani. Di bawah reformasi baru, Crédit Agricole diizinkan memberikan pinjaman kepada individu dan organisasi yang tidak secara khusus terkait dengan pertanian.

        Ia juga diizinkan untuk membuat anak perusahaan. Salah satu anak perusahaan terpenting yang didirikannya adalah Union d'Etudes et d'Investissements, yang menggunakan sumber dayanya untuk membiayai investasi individu.

        Pada 1977, ketika dolar AS melemah, Crédit Agricole sempat menduduki peringkat bank terbesar di dunia. Pada tahun 1978, keuntungan Crédit Agricole sebesar 400 juta franc, lebih banyak daripada gabungan tiga bank utama Prancis lainnya. 

        Saat di posisi itu, bank mulai membiayai perumahan (kemudian menjadi pemberi pinjaman hipotek terkemuka di Prancis), konstruksi silo, dan ekspor, dan juga menjadi pemberi pinjaman pasar uang. Setelah bank Prancis lainnya berkampanye selama beberapa bulan menentang keuntungan Crédit Agricole, pemerintah akhirnya membatasi hak istimewa tersebut. 

        Crédit Agricole terus mendorong ekspansi internasional. Pada 1979, ia membuka cabang internasional pertamanya, di Chicago. London segera menyusul, dan cabang New York City dibuka pada tahun 1984. Pada saat itu, Crédit Agricole juga sangat aktif dalam mendanai pembangunan di daerah pedesaan untuk jalan, telepon, dan bandara, dan pemerintah mendorong bank tersebut untuk membantu industri kecil.

        Pada bulan Januari 1981, piagam Crédit Agricole diubah lagi untuk memungkinkan bank memberikan pinjaman kepada perusahaan yang memiliki kurang dari 100 karyawan, terlepas dari apakah mereka terkait dengan pertanian atau tidak. Pemerintah juga mengurangi batas kreditnya untuk petani dan peternak saham, dan Crédit Agricole tidak lagi terbatas pada pinjaman di kota-kota dengan penduduk kurang dari 12.000.

        Tahun berikutnya, aset asing Crédit Agricole naik hampir 60 persen. Pada tahun 1982, hanya sepertiga dari dananya digunakan untuk pertanian.

        Crédit Agricole telah memperoleh pengalaman yang signifikan di pasar euroloan, dan pada awal tahun 1983, Crédit Agricole berada di antara bank paling terkemuka di Eropa di bidang ini. Pada tahun 1984, Crédit Agricole telah membuka cabang asing di Amerika Utara, Eropa, Asia, Amerika Latin, Afrika, dan Timur Tengah.

        Pada tahun 1985, Crédit Agricole mendirikan anak perusahaan bernama Predica untuk memasuki pasar asuransi jiwa. Memanfaatkan jaringan cabang Crédit Agricole yang luas, Predica telah menjadi perusahaan asuransi jiwa terbesar kedua di Prancis pada tahun 1988.

        Akhirnya, pada tahun 1987, pemerintah mulai mengambil langkah-langkah untuk membebaskan CNCA dari kendali negara. Pada tanggal 1 Februari 1988, negara menjual 90 persen saham biasa CNCA kepada bank-bank daerahnya dan perusahaan itu didirikan dengan modal saham 4,5 miliar franc. Sebagian besar sisa sahamnya menjadi milik karyawan, dan pemerintah mempertahankan sebagian kecil.

        Transisi ke kepemilikan pribadi tidak sepenuhnya mulus. Perjuangan dalam ruang rapat pada tahun 1988 menyebabkan keluarnya Bernard Auberger. Philippe Jaffré, yang merupakan perwakilan kementerian keuangan di dewan direksi CNCA, adalah pengganti yang mengejutkan dari Auberger. Jaffré memimpin Crédit Agricole pada saat yang sangat penting dalam sejarah bank. 

        Pada akhir 1980-an, Crédit Agricole hanya menginvestasikan sekitar 15 persen asetnya di pasar luar negeri, persentase kecil dibandingkan dengan pesaing terbesarnya. Selama beberapa tahun berikutnya, gambaran itu berubah. Crédit Agricole memperluas aset luar negerinya dan jenis layanan yang ditawarkannya.

        Pada akhir abad ke-20, Crédit Agricole telah memperluas kehadirannya secara signifikan di seluruh Eropa dan ke Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika, dan Asia, seringkali dengan bermitra dengan lembaga keuangan yang ada di negara tersebut daripada meluncurkan lembaga baru. Di antara banyak kepemilikannya, Crédit Agricole mengamankan saham Banco Espirito Santo di Portugal, Bank Komersial Yunani, dan Europejski Fundusz Leasingowy dan Lukas Bank di Polandia.

        Musim panas 2001 mendatangkan pengumuman radikal dari Crédit Agricole mengenai perubahan pada struktur dasar yang telah mengatur bank sejak didirikan pada abad ke-19. Crédit Agricole mengumumkan bahwa bank sentralnya, Caisse Nationale de Crédit Agricole (berganti nama menjadi Crédit Agricole). 

        Ia menjadi perusahaan publik, dengan mencatatkan 30 persen sahamnya di bursa saham Euronext di Paris. Penawaran umum perdana ini dimaksudkan untuk mengumpulkan 5 miliar dolar AS.

        Lagi, perusahaan tersebut direorganisasi sebagai perusahaan induk bernama Crédit Agricole Group. Selama musim panas 2003, setelah proses persetujuan berlarut-larut dari bank regional Crédit Agricole, lembaga tersebut membeli Crédit Lyonnais, salah satu pesaing utamanya dan salah satu bank paling kuat di Prancis, seharga 19,5 miliar euro. Unit yang baru dibeli berganti nama menjadi LCL, untuk Le Crédit Lyonnais, pada tahun 2005.

        Integrasi LCL dengan Crédit Agricole jauh dari mulus. Pertama-tama, beberapa analis, dan saingan bank, menyatakan bahwa Crédit Agricole membayar terlalu banyak untuk Crédit Lyonnais dan gagal menuai penghematan yang diharapkan dari akuisisi tersebut. 

        Sikap antipati terhadap akuisisi beberapa bank regional Crédit Agricole mengakibatkan hilangnya peluang untuk mengakuisisi Crédit Lyonnais dengan harga yang lebih rendah. Lebih jauh, benturan budaya antara kedua bank, yang oleh beberapa orang dikaitkan dengan ketegangan antara akar pedesaan Crédit Agricole dan kecanggihan kota Crédit Lyonnais, menghambat proses integrasi.

        Selama musim panas 2006, Crédit Agricole membeli 72 persen saham di Emporiki Bank of Greece, pemberi pinjaman terbesar keempat negara itu, dengan harga sekitar 4 miliar dolar AS. Belakangan tahun itu, Crédit Agricole mengumumkan pembelian 654 cabang Banca Intesa SpA Italia, investasi senilai 7,5 miliar dolar AS.

        Sekitar waktu yang sama, anak perusahaan Crédit Agricole Structured Asset Management (CASAM) mengakuisisi Ursa Capital, perusahaan induk yang berbasis di New York. Dalam Fortune's Global 500 edisi 2006, Crédit Agricole menduduki peringkat ke-19 dalam daftar 500 perusahaan terbesar di dunia. 

        Setelah mencapai dominasi di dalam negeri dan memperluas jangkauannya secara internasional, Crédit Agricole tampaknya berada pada posisi yang tepat untuk terus berkembang pesat. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: