Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Berkat Pamornya, Hyundai Catatkan Jadi Konglomerat Nomor 2 di Korsel

        Kisah Perusahaan Raksasa: Berkat Pamornya, Hyundai Catatkan Jadi Konglomerat Nomor 2 di Korsel Kredit Foto: Reuters/Kim Hong-Ji
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Hyundai Motor Company atau biasa dikenal sebagai Hyundai adalah salah satu manufaktur otomotif papan atas dunia yang bermarkas di Korea Selatan. Itu dibuktikannya karena telah menjadi produsen garis depan yang menciptakan sejumlah mobil modern.

        Bukan cuma mobil penumpang, Hyundai bersama anak perusahaannya, Kia, juga bergerak dalam pembuatan dan distribusi kendaraan rekreasi, kendaraan niaga kecil dan besar beserta suku cadangnya. Berkantor pusat di Seoul, Korsel, Hyundai terus melangkah maju dalam inovasi teknologi, khususnya dalam bidang kendaraan bermotor.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Meski Bukan yang Pertama, Nama Nissan Justru Terdengar di Seluruh Dunia

        Raksasa otomotif Korsel ini dinobatkan sebagai salah satu perusahaan raksasa dunia berdasarkan nilai revenue. Dalam catatan Fortune Global 500 pada 2020, Hyundai menempati peringkat 84 dengan total penghasilannya mencapai 90,74 miliar dolar AS. Angka ini lebih baik dari tahun 2019 yang hanya mencapai 87,99 miliar dolar.

        Begitu pun dengan posisinya yang terus naik dari tahun ke tahun. Di 2019 Hyundai mesti bertahan di peringkat 94 dunia, meskipun dalam pendapatannya tersebut naik 3,2 persen setahun. 

        Warta Ekonomi pada Selasa (8/12/2020), bakal mengulas kisah perusahaan raksasa Hyundai yang menjadi salah satu perusahaan otomotif terkemuka di dunia. Untuk lebih jelas, berikut artikel singkatnya.

        Sedari awal, Grup Hyundai telah memegang status konglomerat terbesar di Korea Selatan atau dalam bahasa Korea "chaebol". Ia berdiri dengan bentuk awal Hyundai Engineering and Construction Company pada 1947 dari tangan taipan Chung Ju-yung.

        Hyundai tak butuh waktu lama untuk menunjukkan pertumbuhan spektakuler sejak didirikan pada 1947. Tahun 1958, korporasi ini berkembang lagi dengan mendirikan Keumkang Company yang memproduksi bahan-bahan bangunan. Lantas ia melebarkan lagi bisnisnya dengan mendirikan pabrik semen Danyang Cement di tahun 1964. 

        Ekspansi pesatnya yang mencakup manufaktur kendaraan bermotor, konstruksi, elektronik, pembuatan kapal bahkan hingga layanan keuangan mencerminkan pencapaian yang fantastis di masa-masa keterpurukan ekonomi Korea Selatan. 

        Tetapi Hyundai Motor Company baru dibentuk secara resmi pada 1967. Ini merupakan langkah terpenting yang diambil grup untuk melangkah di kemudian hari. Ia dalam tahap ini menabur benih untuk menjadi pabrikan mobil domestik terkemuka di negara itu.

        Awalnya perusahaan merakit mobil Ford Cortina dan truk Ford. Dua tahun kemudian, Hyundai selangkah lagi ke luar negeri dengan berdirinya Hyundai America, yang tergabung di Los Angeles, untuk mengerjakan kompleks perumahan dan proyek sipil lainnya.

        Empat tahun setelah pendirian Hyundai Corporation, ekspor tahunan Grup Hyundai mencapai angka 1 miliar dolar AS.

        Departemen Kapal dan Divisi Pabrik Hyundai telah mengekspor lebih dari 1.000 kapal bersama-sama dengan Hyundai Heavy Industries Inc. (HHI) dan pembuat kapal Korea lainnya sejak 1973. Departemen tersebut bertindak sebagai penyelenggara, koordinator, pemodal, dan perantara untuk kapal-kapal yang berhubungan dengan Hyundai bisnis, termasuk konversi, gedung baru, perbaikan, penjualan dan pembelian, dan pembiayaan untuk kapal dari semua ukuran.

        Pada tahun 1975, Hyundai Shipbuilding and Heavy Industries menciptakan divisi pabrik industri dan fabrikasi baja, dan pada tahun berikutnya mulai memproduksi mesin kelautan dengan nama-nama terkenal seperti Sulzer dan B&W.

        Salah satu langkah terpenting dalam sejarah singkat Hyundai dilakukan pada tahun 1975, ketika grup tersebut mulai membangun pabrik mobil terintegrasi yang berdekatan dengan kompleks industri beratnya di Ulsan. Itu akan menjadi fondasi perusahaan otomotif terbesar Korea, yang akan mendominasi pasar domestik dan ekspor Korea. 

        Pada akhir 1980-an, UBS Phillips dan Drew Global Research Group menempatkan Hyundai di peringkat ke-13 dalam industri otomotif dunia, dengan produksi 819.000 kendaraan dan 1,9 persen dari pasar ritel dunia.

        Kendaraan tersebut diluncurkan pada tahun 1975. Pada tahun berikutnya, Hyundai memproduksi 30.000 mobil, dan pada tahun 1979 jumlah tersebut telah meningkat menjadi 110.000. Meskipun Hyundai dapat menjual setiap kendaraan yang diproduksi di pasar dalam negeri yang dilindungi, ia segera berusaha menyerang pasar ekspor dengan menyimpan sekitar seperlima dari produksinya untuk dijual di luar negeri.

        Perusahaan pertama kali menguji pasar Eropa, dan potensinya untuk pasar yang canggih, dengan mendirikan jaringan dealer di negara-negara Benelux, di mana tidak ada produsen lokal yang dominan.

        Karena sangat bergantung pada ekspor dan beberapa impor penting, grup tersebut pada tahun 1976 mendirikan Hyundai Corporation, lengan perdagangannya. Korporasi mengintegrasikan strategi penjualan dan pemasaran grup, mengimpor sumber daya alam melalui investasi luar negeri dan usaha patungan, dan memberikan bantuan untuk operasi di luar negeri.

        Setahun kemudian grup ini mengalihkan perhatiannya ke industri kayu dengan pembentukan Hyundai Wood Industries Company, yang membuat produk kayu dan furnitur. Pada tahun 1978, grup ini memperluas industri berat dan kimiawi untuk memasukkan manufaktur besi dan baja saat mereka menyerap Perusahaan Besi & Baja Incheon dan Aluminium Korea.

        Menyusul penciptaan Hyundai Electronics pada tahun 1983, Hyundai meningkatkan kehadirannya di bidang elektronik dan memproduksi semikonduktor, peralatan telekomunikasi, dan sistem elektronik industri. Perusahaan yang berfokus pada pasar industri ini berupaya meningkatkan kehadirannya di elektronik konsumen, meskipun persaingan ketat dari perusahaan domestik seperti Samsung dan Goldstar.

        Setahun kemudian operasi pembuatan kapal Hyundai mendapatkan pesanan ekspor terbesarnya --pesanan 400 juta dolar untuk kapal kontainer dari United Arab Shipping Company. Grup ini mulai mengekspor baja pada tahun 1985.

        Tahun-tahun terakhir tahun 1990-an membawa gejolak ekonomi bagi Korea Selatan. Untuk memulihkan kesehatan keuangan negara, Presiden Kim Dae Jung, yang menjabat pada tahun 1998, meluncurkan serangkaian program restrukturisasi yang dirancang untuk mereformasi chaebol, yang banyak di antaranya telah menjadi sangat terbebani hutang.

        Reformasinya termasuk mengubah kepemilikan, bisnis, dan struktur keuangan konglomerat besar di kawasan itu. Pada saat ini, Grup Hyundai bertanggung jawab atas sekitar 20 persen dari PDB Korea. Dengan demikian, kesehatan keuangannya terkait langsung dengan kondisi ekonomi Korea Selatan secara keseluruhan.

        Korea Selatan telah bangkit kembali dari krisis ekonominya pada tahun 1997 dan 1998 menjadi kekuatan global terkemuka di sektor teknologi. Pada tahun 2003, investor asing memiliki lebih dari sepertiga saham perusahaan yang terdaftar di bursa saham Seoul.

        Selama tahun 2002, Roh Moo Hyun terpilih sebagai presiden Korea Selatan. Merasakan tekanan dari investor asing, dia menegaskan bahwa reformasi yang keras akan terus berlanjut dalam chaebol Korea Selatan.

        Hyundai telah berinvestasi di pabrik manufaktur di Amerika Utara, India, Republik Ceko, Pakistan, China dan Turki serta pusat penelitian dan pengembangan di Eropa, Asia, Amerika Utara, dan Pasifik. Pada tahun 2004, Hyundai Motor Company memiliki 57,2 miliar dolar dalam penjualan di Korea Selatan menjadikannya perusahaan terbesar kedua di negara itu, orchaebol.

        Penjualan di seluruh dunia pada tahun 2005 mencapai 2.533.695 unit, meningkat 11 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2011, Hyundai menjual 4,05 juta mobil di seluruh dunia dan Hyundai Motor Group adalah pembuat mobil terbesar keempat di dunia setelah GM, Volkswagen dan Toyota --suatu perbedaan yang diperoleh ketika melampaui Ford Auto Group pada tahun 2009. Kendaraan Hyundai dijual di 193 negara melalui sekitar 5.000. dealer.

        Kekuatan merek Hyundai terus meningkat karena menduduki peringkat ke-65 dalam survei Merek Global Terbaik tahun 2007 oleh Interbrand dan BusinessWeek, dengan nilai merek diperkirakan mencapai 5 miliar dolar.

        Persepsi publik terhadap merek Hyundai telah berubah sebagai hasil dari peningkatan dramatis pada kualitas kendaraan Hyundai. Pada 2011, ini adalah merek mobil dengan pertumbuhan tercepat di dunia selama dua tahun berturut-turut.”

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: