Inbound marketing saat ini telah berkembang sebagai cara alternatif untuk menarik pelanggan baru melalui penggunaan iklan, promosi, dan sebagainya.
Karena perilaku pelanggan saat ini berbeda dari sebelumnya dan memiliki akses ke berbagai informasi mendalam tentang topik apa pun, maka pendekatan terbaik untuk mempromosikan situs web Anda bukanlah dengan mengganggu pengalaman penjelajahan mereka, tetapi dengan menyediakan segala informasi yang sedang mereka cari dan akhirnya dapat mereka temukan.
Dalam artikel ini, mari kita bahas apa itu inbound marketing, manfaat dari alat pemasaran ini, dan bagaimana strategi inbound marketing yang paling efektif.
Mengenal Apa Itu Inbound Marketing
Sederhananya, inbound marketing adalah solusi dalam membantu konsumen yang berfokus pada kebutuhan, keinginan, dan perjalanan pembelian konsumen. Ini sering kali terjadi bahkan sebelum pelanggan tersebut siap untuk melakukan pembelian, tetapi melakukan kontak lebih awal dapat berubah menjadi preferensi merek dan, pada akhirnya menjadi prospek dan pendapatan. Inbound marketing adalah strategi yang memanfaatkan berbagai bentuk pemasaran seperti content marketing, blog, event, Search Engine Optimization (SEO), media sosial, dan lainnya untuk menciptakan brand awareness dan menarik perhatian bisnis baru. Alih-alih "menyewa perhatian", perusahaan yang menerapkan inbound marketing akan fokus pada metode baru yang diarahkan untuk membangun awareness, mengembangkan hubungan, dan menghasilkan prospek.
Metode ini membuat Anda menjadi atraktif bagi pelanggan karena tidak membuat orang merasa seperti sedang dijual. Konten yang disediakan oleh inbound marketing bersifat mendidik, menghibur, dan dapat disambut baik oleh konsumen. Ketika dilakukan dengan benar, inbound marketing dapat memberikan hasil yang jauh lebih baik daripada pemasaran tradisional yang dapat mengganggu prospek daripada memberi mereka kesempatan untuk dapat terlibat. Ketika konsumen menemukan perusahaan Anda melalui inbound marketing, maka mereka dapat memiliki pengaruh yang lebih kuat dalam mengambil keputusan terhadap bisnis Anda di masa mendatang. Bagian terbaiknya? Inbound marketing terdiri dari arahan organik sepenuhnya, jadi ini semua bergantung pada taktik daripada anggaran bisnis.
Inbound marketing memiliki kemampuan yang kuat untuk menempatkan pelanggan sebagai pengambil keputusan, serta menghubungkan Anda dengan orang-orang yang benar-benar tertarik dengan apa yang Anda katakan. Selain konversi prospek dan retensi pelanggan, inbound marketing dapat memberikan berbagai manfaat seperti mendapatkan sharing melalui media sosial, membangun brand awareness, dan meningkatkan upaya Search Engine Optimization. Program inbound marketing yang kuat memungkinkan pelanggan untuk dapat terlibat dengan brand Anda kapan saja. Ini dapat membantu Anda untuk menghasilkan prospek yang berkualitas dengan biaya yang jauh lebih sedikit daripada pemasaran tradisional.
Inbound marketing menempatkan penekanan pada pemahaman konten atau konteks. Idealnya, Anda harus fokus pada pembuatan konten yang sepenuhnya dioptimalkan untuk mesin pencarian dan media sosial, serta yang dapat menarik target prospek Anda. Konteks ini mengacu pada pemahaman konten mana yang paling menarik bagi prospek dan apa yang paling mungkin dapat menarik mereka melalui saluran penjualan Anda, sehingga konteks tersebut harus dipahami dan dikuasai untuk mempersonalisasi pesan, email, dan berbagai promosi lainnya
Saat ini pembeli memiliki semua informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan pembelian kapan saja dan di mana saja. Spesifikasi detail, harga, dan ulasan produk atau layanan ada di tangan mereka, belum lagi dampak media sosial seperti berbagi informasi. Agar dapat berhasil dalam lanskap yang terus berkembang ini, visibilitas bisnis melalui inbound marketing adalah kuncinya.
Manfaat Inbound Marketing
Inbound marketing bertujuan untuk dapat mendapatkan pelanggan yang tepat, membina mereka menuju konversi dan kemudian terus menyenangkan hati mereka. Pemasaran tradisional sudah ketinggalan zaman dan tidak lagi dapat menarik pembeli modern. Di sinilah inbound marketing telah hadir untuk meningkatkan pola pemasaran agar tetap relevan dengan segala perubahan perilaku konsumen.
Ide penjualan tanpa menjual bergantung pada cara mempromosikan pengetahuan Anda tentang layanan, produk, dan industri yang Anda tekuni. Tapi bagaimana Anda bisa meningkatkan penjualan tanpa menjual produk atau layanan tersebut? Dengan mengembangkan brand Anda, dan menetapkan diri Anda sebagai pemimpin atau pemilik otoritas di industri terkait, maka Anda dapat mengatur prospek yang akurat.
Inbound marketing yang efektif akan melihat pemasaran secara holistik dan berfokus pada pembuatan konten yang telah disesuaikan untuk menargetkan persona pembeli pada waktu yang tepat, serta melengkapi mereka dengan pengetahuan untuk membuat keputusan yang tepat dan terdidik tanpa merasa tertekan untuk melakukan pembelian.
Strategi Terbaik Inbound Marketing
Beberapa strategi ini akan membantu Anda untuk memasarkan secara efektif ke audiens target Anda dengan inbound marketing. Anda akan melihat ada strategi khusus untuk setiap metode inbound yang dapat menarik, melibatkan, dan menyenangkan hati konsumen agar perputaran bisnis Anda dapat berjalan dengan baik serta membantu bisnis Anda untuk tumbuh lebih baik.
Strategi Atraktif
Strategi ini dapat menarik target audiens dan persona pembeli Anda yang berkaitan dengan pembuatan dan pengembangan konten.
Untuk dapat menjangkau audiens Anda, mulailah dengan membuat dan menerbitkan konten seperti artikel blog, penawaran konten, dan media sosial yang bisa memberikan nilai lebih. Contohnya adalah panduan tentang cara menggunakan produk Anda, informasi tentang bagaimana solusi Anda dapat mengatasi tantangan mereka, testimonial pelanggan, dan detail tentang promosi atau diskon.
Untuk menarik target audiens Anda pada tingkat yang lebih dalam melalui inbound marketing, optimalkan semua konten dengan menggunakan strategi SEO. Strategi SEO akan mengharuskan Anda untuk menargetkan kata kunci dan frasa tertentu yang berkaitan dengan produk atau layanan Anda, permasalahan pelanggan yang dapatt Anda selesaikan, dan cara Anda membantu target audiens.
Cara ini akan membuat konten dan informasi Anda muncul secara organik di halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk orang-orang yang sedang mencari informasi ini, yang juga dikenal sebagai target audiens Anda atau pelanggan yang tepat untuk bisnis Anda.
Strategi Engagement
Saat menggunakan strategi inbound untuk melibatkan audiens Anda, pastikan Anda untuk berkomunikasi dan berurusan dengan pelanggan dengan cara yang dapat membuat mereka ingin membangun relasi jangka panjang dengan Anda. Saat menggunakan strategi engagement ini, masukkan informasi tentang nilai yang akan diberikan bisnis Anda kepada mereka.
Strategi engagement juga termasuk cara bagaimana Anda menangani dan mengelola inbound sales calls Anda. Fokus pada bagaimana layanan pelanggan Anda dapat menangani panggilan dari orang dan prospek yang tertarik. Selain itu, pastikan Anda selalu menjual solusi daripada menjual produk. Ini akan memastikan semua kesepakatan berakhir dengan perjanjian yang saling menguntungkan bagi pelanggan dan bisnis Anda. Artinya, Anda memberikan nilai bagi pelanggan yang sesuai.
Strategi Delighting
Strategi ini memastikan pelanggan untuk tetap senang, puas, dan tetap mendukung produk Anda setelah mereka melakukan pembelian. Strategi ini melibatkan anggota tim Anda menjadi penasihat dan ahli yang membantu pelanggan kapan saja sesuai kebutuhan mereka.
Memasukkan chatbot dan survei yang bijaksana dan tepat waktu untuk membantu, mendukung, dan meminta feedback dari pelanggan adalah cara yang bagus untuk menyenangkan orang-orang ini. Bot dan survei harus dibagikan pada titik waktu tertentu sepanjang perjalanan pelanggan untuk memastikan Anda mendapatkan pelanggan yang relevan dengan industri Anda.
Misalnya, chatbot dapat membantu pelanggan untuk menyiapkan teknik atau taktik terbaru yang Anda akan tawarkan dan yang ingin mereka manfaatkan. Selain itu, survei kepuasan dapat dikirim enam bulan setelah pelanggan membeli produk atau layanan Anda untuk mendapatkan feedback dan meninjau ide untuk perbaikan produk atau layanan Anda.
Social media hearing adalah strategi penting lainnya dalam hal menyenangkan hati pelanggan. Follower media sosial dapat menggunakan salah satu profil Anda untuk memberikan feedback, mengajukan pertanyaan, atau berbagi pengalaman mereka dengan produk atau layanan Anda. Tanggapi interaksi ini dengan informasi yang membantu, mendukung, dan mendorong follower media sosial untuk menunjukkan bahwa Anda mendengar dan peduli tentang mereka.
Terakhir, strategi inbound yang berfokus pada menyenangkan hati pelanggan adalah sesuatu yang membantu dan mendukung pelanggan dalam situasi apa pun, terlepas dari apakah bisnis Anda mendapat nilai apa pun darinya. Ingat, pelanggan yang senang akan menjadi pendukung dan promotor merek, jadi tangani semua interaksi, baik besar maupun kecil, dengan hati-hati tentunya.
Merencanakan, Menerapkan, dan Mengoptimalkan Program Inbound Marketing
Ketika berbicara tentang inbound marketing, semakin banyak Anda berinvestasi, maka semakin besar laba Anda. Buatlah konten yang informatif dan mendidik daripada hanya menghabiskan anggaran untuk hal yang tidak perlu. Anda tidak dapat menghabiskan uang untuk membuat konten dan membuatnya menjadi efektif, sehingga Anda harus membuat konten yang otentik dan natural. Berikut cara memulainya:
Langkah 1: Tentukan tujuan bisnis dan persona pembeli Anda. Identifikasi target audiens Anda dan pelajari semua tentang mereka. Anda tidak dapat menulis konten untuk memberi tahu pelanggan Anda sampai mengenal audiens Anda sendiri.
Langkah 2: Sediakan konten di setiap tahap. Jawab terlebih dahulu pertanyaan yang kemungkinan besar dimiliki pelanggan Anda di setiap tahap perjalanan pembelian mereka. Tentukan kisah Anda yang unik dan menarik. Mengapa audiens Anda harus mendengarkan Anda? Konsep yang disebut sebagai transformational inbound marketing telah melampaui teknik inbound marketing tradisional. Tidak seperti inbound tradisional, inbound transformasional memanfaatkan konten berharga untuk menarik dan mempertahankan pelanggan di seluruh siklus interaksi dengan bisnis Anda, tidak hanya sebelum mereka menjadi pelanggan, tetapi juga setelahnya. Selain itu, transformational inbound marketing lebih menekankan pada personalisasi dan relevansi.
Langkah 3: Pilih platform pengiriman Anda. Semakin berharga konten yang Anda buat untuk audiens, semakin besar kemungkinan Anda mengubah mereka menjadi pelanggan. Tentukan cara terbaik untuk menjangkau mereka, apakah itu melalui Twitter, Pinterest, Facebook, blog Anda, atau di tempat lain.
Langkah 4: Buat dan jalankan kalender konten Anda. Penting untuk membuat jadwal yang secara konsisten menghasilkan konten terbaru dan relevan untuk terus melibatkan audiens Anda. Dengan terus mengalirkan konten yang menjawab pertanyaan dan masalah pelanggan, maka Anda akan mempertahankan relevansi dan membangun brand Anda menjadi lebih tepercaya.
Langkah 5: Analisis hasil dan optimalkan program inbound marketing Anda. Ada berbagai metrik yang dapat dipilih untuk mengukur keberhasilan upaya inbound marketing Anda. Apakah Anda memutuskan untuk menganalisis peringkat SEO, inbound link, atau jumlah artikel yang diterbitkan, sumber daya ini akan memberikan wawasan berharga tentang bagaimana kinerja kampanye pemasaran Anda. Luangkan waktu untuk menganalisis setiap minggu. Langkah ini akan membantu Anda untuk memahami seberapa efektif upaya inbound marketing Anda dan bagaimana upaya tersebut dapat terus meningkat.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Alfi Dinilhaq
Tag Terkait: