Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Melihat Bangkitnya Electricite de France, PLN Terkaya Kedua di Prancis

        Kisah Perusahaan Raksasa: Melihat Bangkitnya Electricite de France, PLN Terkaya Kedua di Prancis Kredit Foto: Reuters
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Electricite de France SA atau dikenal sebagai EDF adalah perusahaan listrik multinasional Prancis yang mayoritasnya --80 persen-- dimiliki oleh pemerintah. Menyediakan listrik dengan kapasitas pembangkit lebih dari 120 gigawatt, listrik EDF telah teralirkan dari Eropa, Amerika Selatan, Amerika Utara, Asia, Timur Tengah hingga ke Afrika.

        Perusahaan listrik yang bermarkas di Paris ini adalah korporasi yang mengkhususkan diri pada listrik dan aktivitasnya meliputi pembangkit dan distri listrik; desain, konstruksi dan pembokaran pembangkit listrik; perdagangan energi; dan transportasi.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: BUMN Sinochem Group, Bisnis Kimia China yang Perkasa di Dunia

        Sebagai perusahaan listrik terbesar kedua di Prancis, EDF dinobatkan sebagai salah satu perusahaan terkaya berdasarkan data Fortune Global 500. Sejak kenaikannya di peringkat ke-52 tahun 2010, posisi EDF dalam daftar tersebut terus menurun hingga 2020 ini. 

        Di tahun 2018, EDF memposisikan dirinya di urutan ke-94 dengan pendapatan tahunan 78,49 miliar dolar AS, sedangkan keuntungan bersihnya senilai 3,57 miliar dolar. 

        Lebih jauh di tahun 2019 dan 2020, posisi EDF berada di peringkat ke-110 dunia. Untuk tahun 2019, pendapatan tahunannya mencapai 81,40 miliar dolar, sedangkan laba bersihnya turun 61,2 persen menjadi 1,38 miliar dolar. Setahun berikutnya, dengan kenaikan 315 persen laba bersih, EDF mendapatkan laba 5,76 miliar dolar dan 80,27 miliar dolar dalam pendapatannya.

        Lebih lengkapnya, simak ulasan ringkas Warta Ekonomi, Kamis (21/1/2021) soal kisah perusahaan raksasa Electricite de France dalam artikel berikut ini. 

        EDF dibentuk pada 1946 ketika pemerintah Prancis memutuskan menasionalisasi produksi dan distribusi listrik. Langkah ini adalah salah satu bagian dari serangkaian gelobang nasionalisasi industri-industri penting di Prancis secara khusus, dan di tempat lain di Eropa secara umum, pasca-Perang Dunia II.

        Apa yang terjadi sebelum 1946? Secara umum industri kelistrikan Prancis bisa digambarkan seperti berada di bawah perusahaan swasta besar, yang usahanya menyediakan produksi, distribusi, dan layanan lain.

        Alasan utama keputusan pemerintah Prancis untuk mengkonsolidasikan industri kelistrikan menjadi satu utilitas nasional adalah karena tekadnya untuk mempercepat industrialisasi dan urbanisasi pasca-Perang Dunia II. Yang lainnya adalah industri listrik merupakan pusat dari rencana industrialisasi sehingga pemerintah menganggap utilitas tunggal sebagai cara terbaik menyediakan sumber daya untuk peningkatan cepat dalam kapasitas produksi.

        Pemerintah Prancis menyadari bahwa pada tahun 1960-an permintaan listrik terus meningkat sebagai respons terhadap pertumbuhan ekonomi Prancis yang pesat. 

        Pada tahun 1957 EDF memutuskan untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir pertamanya di Chinon di lembah Loire, menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh French Atomic Energy Commissariat (CEA).

        Tahap pertama proyek, dengan kapasitas hanya 68 megawatt (MW), mulai beroperasi pada tahun 1962; tahap 200MW kedua pada tahun 1965; dan yang ketiga pada tahun 1967, dengan kapasitas 500MW. Program penelitian dan pengembangan diluncurkan pada Heavy Water Reactors dan Pressurized Water Reactors (PWR).Sebelumnya pembangkit listrik tenaga air yang dipunya pemerintah cukup baik, tapi setelah melihat kondisi yang ada, EDF berpaling dari listrik tenaga air ke listrik tenaga panas berbahan bakar minyak. 

        Pada tahun 1973, pembangkit listrik berbahan bakar minyak EDF menghasilkan tenaga 59,7 miliar kilowatt jam, menyediakan 43 persen dari total output EDF dibandingkan dengan hanya 3 persen 13 tahun sebelumnya. Selama periode yang sama, pembangkit listrik tenaga air telah turun menjadi hanya 32 persen dari output EDF dibandingkan dengan 71,5 persen pada tahun 1960.

        Pada tahun 1973, stasiun nuklir menghasilkan 14 juta kilowatt jam listrik setahun, mewakili 8 persen dari output EDF.

        EDF juga memulai kampanye bersama untuk mengekspor listriknya ke negara tetangga. Pada tahun 1986, setelah enam tahun pembangunan, sebuah kabel listrik bawah laut diselesaikan antara Prancis dan Inggris. Meskipun ini secara teoritis memungkinkan setiap negara untuk menggunakan jaringan listrik negara lain pada saat kekurangan, ini secara efektif menjadi kabel satu arah untuk ekspor listrik dari Prancis ke Inggris.

        Pada tahun 1990, Prancis mengekspor 11,9 miliar kilowatt jam listrik setahun ke Inggris, dekat di belakang dua pelanggan terbesarnya yakni Italia, dengan 12,9 miliar kilowatt jam, dan Swiss, dengan 13,6 miliar kilowatt jam.

        EDF juga mengekspor aliran listrik yang besar ke Jerman, Belanda, Belgia, dan Luksemburg dan pada tahun 1990 menandatangani perjanjian senilai 4 juta dolar untuk memasok jaringan listrik Spanyol dengan kapasitas 1.000MW yang dimulai pada pertengahan 1990-an.

        EDF hampir bergabung dengan konsorsium yang dipimpin Jerman untuk memodernisasi jaringan listrik Jerman Timur pada 1991. Ini sekaligus memimpin tim internasional yang memberikan nasihat teknis dan manajemen kepada industri nuklir Bulgaria yang bermasalah.

        Visi baru terbentuk untuk EDF di awal 1990-an. Dengan potensi pertumbuhan yang terbatas di depan domestik, perusahaan memperluas upaya internasionalnya. Pengeluaran di luar negeri meningkat dari FFr300 juta menjadi 3 miliar franc pada tahun 1994.

        Pada tahun 1996 EDF bergabung dengan konsorsium perusahaan untuk membeli perusahaan listrik besar Brasil. Setahun kemudian ia membeli 55 persen pembangkit listrik Polandia.

        Pada tahun 1996, para menteri energi Uni Eropa bertemu untuk membahas pembukaan pasarnya untuk memungkinkan konsumen memilih di antara pemasok listrik yang bersaing. Prancis enggan menyetujui proposal tersebut, karena takut akan dampaknya pada monopoli yang dikelola negara, khususnya hilangnya pekerjaan.

        Sebagian besar badan usaha milik negara, khususnya bidang listrik seperti EDF menikmati monopoli dalam penjualan listrik. Sayangnya, monopoli ini berakhir pada 1999 ketika EDF dipaksa oleh Uni Eropa untuk membuka 20 persen bisnisnya pada para pesaing. 

        Antara 2001 dan 2003, EDF terpaksa mengurangi modal ekuitasnya dengan total 6,4 miliar euro karena kinerja anak perusahaan di Amerika Selatan dan Eropa. Pada 2001, ia juga mengakuisisi sejumlah perusahaan energi Inggris, menjadi pemasok listrik terbesar di Inggris.

        Hingga 19 November 2004, EDF adalah perusahaan milik negara, tetapi sekarang menjadi perseroan terbatas berdasarkan hukum privat (société anonyme), setelah statusnya diubah oleh undang-undang. Pemerintah Prancis melepas sebagian saham perusahaannya di Bursa Efek Paris pada November 2005, meskipun ia mempertahankan hampir 85 persen kepemilikan pada akhir 2008.

        Perusahaan masih berhutang banyak. Profitabilitasnya menderita selama resesi yang dimulai pada tahun 2008. Itu menghasilkan 3,9 miliar euro pada tahun 2009, yang turun menjadi 1,02 miliar euro pada tahun 2010, dengan provisi yang disisihkan sebesar 2,9 miliar euro.

        Sampai pada 22 November 2016, regulator persaingan Prancis menggerebek kantor EDF, mencari bukti bahwa EDF menyalahgunakan posisinya yang dominan untuk memanipulasi harga listrik dan menekan pesaing.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: