Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Zurich, Konglomerat Asuransi Nomor Wahid di Swiss Sejak Abad ke-19

        Kisah Perusahaan Raksasa: Zurich, Konglomerat Asuransi Nomor Wahid di Swiss Sejak Abad ke-19 Kredit Foto: Reuters
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Zurich Insurance Group Limited atau populer sebagai Zurich adalah salah satu perusahaan raksasa yang bergerak dalam bidang asuransi. Pada 2020, Zurich menempati peringkat ke-139 dunia dalam daftar perusahaan terkaya versi Fortune Global 500. 

        Korporasi asuransi terbesar asal Swiss ini mengalami tahun finansial cukup baik, menurut Fortune. Di 2020, total pendapatannya mengalami kenaikan hingga 52,2 persen sehingga Zurich sukses meraup 71,79 miliar dolar AS. Untuk laba perusahaan pun ikut mengalami kenaikan menjadi 4,14 miliar dolar, dengan rerata kenaikan 11,6 persen.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Intel, Si Pencipta Otak Komputer yang Bisa Raup Laba USD21 M Setahun

        Sementara itu, Zurich mengelola aset sebesar 404,68 miliar dolar. Total ekuitas pemegang sahamnya pun bernilai 35 miliar dolar. 

        Perjalanan Zurich dimulai pada abad ke-19. Munculnya Versicherungs-Verein pada 1872 sebagai perusahaan reasuransi disebut sebagai pendahulu Zurich. Dengan begitu, tahun 1872 itu pula, ditetapkan sebagai tahun berdirinya Zurich.

        Berikut artikel singkat dari Warta Ekonomi, Kamis (4/3/2021) tentang perusahaan raksasa Zurich.

        Perusahaan asuransi itu diluncurkan dengan tujuan untuk mengasuransikan kembali kelautan dan dioperasikan sebagai anak perusahaan dari perusahaan lain yang dikenal sebagai Schweiz Marine Company.

        Dalam perjalanannya untuk melebarkan bisnisnya, perusahaan kemudian melakukan sejumlah akuisisi. Seluruh perusahaan yang diakuisisi digabungkan menjadi Zurich Financial Services (ZFS) pada tahun 2000.

        ZFS kembali ke profitabilitas pada 2003, mengumumkan bahwa mereka telah memenuhi targetnya dan membukukan keuntungan sebesar 2,1 miliar dolar, dibandingkan dengan kerugian 3,4 miliar dolar pada tahun sebelumnya. Pendapatan operasional meningkat 93 persen menjadi 2,3 miliar dolar, menandai perubahan haluan.

        ZFS kemudian tetap berada di jalur yang benar pada tahun 2004 dengan laba bersih 2,5 miliar dolar dan pendapatan operasional 3,1 miliar dolar, meningkat 36 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Laba bersih ZFS meningkat 30 persen menjadi 3,2 miliar dolar pada 2005, dan pendapatan operasional naik 32 persen menjadi 3,9 miliar dolar.

        Sebelum namanya semakin besar, ZFS sempat mendapat sejumlah kontroversi. Ia menyelesaikan kasus senilai 171 juta dolar yang berkaitan dengan persekongkolan tender dan penetapan harga di Amerika Serikat (AS), tahun 2006.

        Negara bagian yang termasuk dalam penyelesaian adalah Texas, California, Florida, Hawaii, Maryland, Massachusetts, Oregon, Pennsylvania, dan Virginia Barat. ZSF juga diharuskan membayar sekitar 122 juta dolar sebagai pengembalian dana kepada pemegang polis komersial dalam penyelesaian gugatan class action di New Jersey. Pada akhirnya, ZFS setuju untuk membayar 153 dolar juta sebagai ganti rugi dan denda dan menyetujui serangkaian reformasi.

        Bulan Mei tahun berikutnya, Zurich, anak perusahaan ZFS, membayar 16,8 juta dolar untuk menyelesaikan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS karena membantu empat hedge fund menyamarkan identitas mereka untuk menghindari deteksi ketika sering melakukan perdagangan di saham reksa dana.

        Seorang direktur SEC menyatakan, "Dengan secara sadar mendanai waktu pasar menipu klien dana lindung nilai mereka, ZCM menuai biaya besar dengan mengorbankan pemegang saham reksa dana jangka panjang."

        Pascaserangkaian hambatan, ZFS selanjutnya dicap sebagai asuransi terbesar di Swiss, dengan total laba 3 miliar dolar, tahun 2008. Dengan statusnya itu, ia memenangkan penghargaan untuk Best Insurance Services dari Charity Times pada 2009.

        Sejak 2012, perusahaan tersebut berganti nama dan mengganti namanya menjadi Zurich Insurance Group. Dalam sebuah pernyataan, grup menjelaskan alasan di balik perubahan nama tersebut. "Sebagai pengakuan atas fokus strategis ini, rujukan ke jasa keuangan atas nama perusahaan telah diganti dengan menunjukkan aktivitas asuransi Grup sebagai gantinya dan untuk menentukan tujuan yang sesuai."

        Di tahun 2012 pula, saham Zurich tercatat di SIX Swiss Exchange. Berdasarkan audit yang dilakukan pada tahun 2012, jumlah saham yang disetor penuh dan dicatatkan atas nama perseroan mendekati 148.300.123 saham. 

        Pemegang saham Zurich tercatat lebih dari 124.847 orang. Dari angka ini 24,7 persen adalah pemegang saham perorangan, 7,2 persen dipegang oleh dana pensiun dan yayasan lain, sedangkan sisanya dipegang oleh berbagai badan hukum. 

        Laporan perusahaan tahun 2012 mengungkapkan bahwa total pendapatan perusahaan setelah pajak adalah 3,87 miliar dolar. Dan, perusahaan juga telah menunjukkan pertumbuhan yang konsisten sebesar 3 persen setiap tahun.

        Lebih lanjut, layanan asuransi yang ditawarkan oleh Zurich diklasifikasikan ke dalam tiga segmen penting. Ketiganya adalah asuransi umum, Global Life dan petani. Layanan asuransi umum menawarkan asuransi kepada pelanggan perorangan, usaha kecil dan besar serta perusahaan multinasional, termasuk layanan asuransi rumah, kendaraan dan komersial.

        Sementara itu, Global Life menawarkan berbagai produk dan layanan yang berkaitan dengan asuransi jiwa, pensiun dan investasi. Untuk petani, korporasi menawarkan dukungan kepada petani dalam semua upaya mereka.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: