Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ambisius, Militer Duduki Rumah Sakit sampai Universitas Tepat Sebelum Aksi Mogok Massal

        Ambisius, Militer Duduki Rumah Sakit sampai Universitas Tepat Sebelum Aksi Mogok Massal Kredit Foto: Federation of Garment Workers Myanmar
        Warta Ekonomi, Yangon -

        Pasukan militer di Myanmar telah menduduki rumah sakit dan universitas, serta meningkatkan penggerebekan malam hari menjelang pemogokan nasional untuk memprotes kudeta militer.

        Menurut laporan media lokal ini adalah langkah terbaru junta militer, yang merebut kekuasaan pada 1 Februari lalu untuk mengkonsolidasikan kontrolnya atas negara itu dalam menghadapi protes massa dan perlawanan terhadap pemerintahannya yang semakin keras.

        Baca Juga: Alamak, YouTube Bekukan 5 Kanal Milik Militer Myanmar

        Menurut media lokal Myanmar Now, selama akhir pekan, pasukan Myanmar terlihat menduduki rumah sakit dan universitas di Yangon dan Mandalay. Aktivis khawatir kehadiran mereka dapat menghalangi perawatan bagi pengunjuk rasa yang terluka atau memungkinkan penangkapan.

        Seorang pejabat di Kantor Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia PBB (OHCHR) mengatakan setidaknya lima rumah sakit ditempati pada Senin (8/3/2021).

        "Kami telah menerima laporan yang dapat dipercaya tentang rumah sakit yang ditempati di Myanmar hari ini, termasuk setidaknya empat rumah sakit di beberapa bagian Yangon dan setidaknya satu lainnya di Mandalay," kata James Rodehaver, kepala tim Myanmar OHCHR.

        "Kegiatan seperti itu sama sekali tidak dapat diterima. Rumah sakit adalah lokasi di bawah perlindungan hukum humaniter internasional,” terangnya.

        Pada Senin (8/3/2021), kelompok internasional Dokter untuk Hak Asasi Manusia mengutuk "invasi dan pendudukan rumah sakit umum dan kekerasan yang berlebihan terhadap warga sipil."

        "Jika sebelumnya tidak jelas, maka sekarang sangat jelas: militer Myanmar tidak akan berhenti melanggar hak-hak rakyat Myanmar sampai komunitas internasional bertindak tegas untuk mencegah dan mempertanggungjawabkan tindakan keterlaluan ini," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

        Dokter untuk Hak Asasi Manusia (HAM) mengatakan pendudukan rumah sakit oleh militer adalah "pelanggaran hukum internasional - yang hanya berfungsi untuk semakin merusak sistem perawatan kesehatan yang sudah diperangi oleh pandemi Covid-19 dan kudeta militer baru-baru ini."

        "Pengepungan rumah sakit yang meluas ini menyusul beberapa hari cedera dan korban sipil yang menonjol, dan dapat ditafsirkan sebagai upaya langsung untuk menghalangi akses ke perawatan warga sipil," kata sebuah pernyataan dari Sandra Mon, dari Pusat Kesehatan Masyarakat dan Hak Asasi Manusia di Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg.

        "Ini juga merupakan ancaman bagi petugas medis untuk memperingatkan mereka agar tidak merawat lebih lanjut demonstran yang terluka. Militer Myanmar memiliki impunitas meskipun mereka sengaja melakukan teror malam hari. Kita mungkin melihat peningkatan nasional dalam pembalasan militer terhadap pemrotes damai dan petugas medis pada hari-hari itu,” urainya.

        Sejak kudeta, pasukan keamanan berulang kali menargetkan pekerja medis, banyak dari mereka adalah orang pertama yang memimpin gerakan pembangkangan sipil.

        Minggu lalu, polisi dan personel militer terekam memaksa tiga pekerja amal medis keluar dari ambulans mereka sebelum secara brutal memukuli mereka dengan senjata dan pentungan. Lalu ada beberapa kasus staf rumah sakit bersembunyi setelah militer menuntut pengunjuk rasa yang terluka dipindahkan ke rumah sakit militer.

        Dikutip surat kabar milik pemerintah Global New Light of Myanmar, pasukan polisi Myanmar mengatakan pasukan keamanan "memelihara" berbagai universitas dan rumah sakit di seluruh negeri "untuk kepentingan rakyat”.

        Diketahui, serikat buruh Myanmar menyerukan pemogokan nasional pada Senin (8/3/2021), sebagai bagian dari kampanye pembangkangan sipil melawan kudeta. Delapan belas serikat pekerja industri besar termasuk pertanian, energi, pertambangan, konstruksi, makanan, dan transportasi telah menyerukan "penghentian penuh ekonomi Myanmar."

        "Organisasi buruh Myanmar bersatu untuk mendukung penghentian pekerjaan nasional yang diperpanjang melawan kudeta militer dan untuk masa depan de Myanmar.

        "Organisasi buruh Myanmar bersatu untuk mendukung penghentian pekerjaan nasional yang diperpanjang melawan kudeta militer dan untuk masa depan demokrasi Myanmar," bunyi pernyataan bersama.

        "Tidak ada yang bisa memaksa warga Myanmar untuk bekerja; kami bukan budak junta militer sekarang dan kami tidak akan pernah menjadi budak,” lanjutnya.

        Sementara itu, kelompok perempuan telah menyerukan masyarakat untuk hadir pada Senin (8/3/2021) untuk memperingati Hari Perempuan Internasional, dan "menerbangkan" Htamain (sarung) mereka sebagai bagian dari gerakan anti-junta. Foto menunjukkan wanita berbaris dengan Htamain mereka berkibar seperti bendera di belakang mereka, atau digantung di jalan di depan barikade.

        Menurut Reuters yang mengutip para saksi, saat protes berlanjut pada Senin (8/3/2021), setidaknya dua orang tewas di kota utara Myitkyina setelah polisi menembaki pengunjuk rasa. Beberapa lainnya terluka dalam kekerasan itu.

        Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencatat lebih dari 54 orang tewas dalam tindakan keras terhadap protes, termasuk banyak remaja dan orang muda.

        Di banyak distrik di kota terbesar, Yangon, pada Sabtu (5/3/2021) dan Minggu (6/3/2021), para saksi melaporkan suara tembakan dan granat kejut. Penduduk yang ketakutan menyaksikan dan memvideokan ketika pasukan keamanan menggerebek daerah pemukiman di kota dan melakukan beberapa penangkapan malam hari.

        Warga mengatakan kepada Reuters bahwa polisi melepaskan tembakan dan tidak memberikan alasan penangkapan, yang berlanjut hingga Minggu (7/3/2021) dini hari.

        Salah satu dari mereka yang ditahan dalam penggerebekan pada hari Sabtu (6/3/2021) adalah seorang pejabat partai dari Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Aung San Suu Kyi. Menurut kelompok advokasi Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP) dan Reuters, Khin Maung Latt meninggal saat dalam tahanan,

        "Pada malam penangkapannya, Khin Maung Latt disiksa sampai mati di selnya," kata AAPP dalam siaran persnya, Minggu (7/3/2021). Anggota parlemen NLD Ba Myo Thein mengatakan kepada Reuters, laporan tentang memar di kepala dan tubuh Khin Maung Latt menimbulkan kecurigaan bahwa dia telah dianiaya.

        CNN tidak dapat secara independen memverifikasi pelaporan ini dan rincian seputar kematian Khin Maung Latt tidak segera jelas.

        Khin diketahui telah bekerja sebagai manajer kampanye untuk salah satu dari dua anggota parlemen Muslim yang terpilih pada tahun 2020. Para pelayat berkumpul untuk pemakamannya pada hari Minggu (7/3/2021) di Yangon.

        Kekerasan akhir pekan

        Menurut Myanmar Now, seruan untuk menyerang banyak dikumandangkan menyusul protes besar-besaran pada Minggu (7/3/2021) yang ditindas dengan kekerasan oleh militer.

        Laporan tersebut mengatakan pasukan keamanan menembakkan peluru tajam dan peluru karet di kota-kota di seluruh negeri, termasuk Mandalay dan Nyaung-U - dekat dengan kota kuno dan situs Warisan Dunia UNESCO, Bagan.

        Melalu video rekaman terlihat personel militer Myanmar memukuli seorang pria di jalan-jalan Mandalay, dan di Nyaung-U. Rekaman yang diperoleh Reuters menunjukkan pasukan keamanan dengan perlengkapan anti huru hara dengan perisai berbaris di jalan-jalan dan menembakkan peluru karet saat pengunjuk rasa berlindung.

        Gambar yang bersumber dari media lokal menunjukkan peluru di tangan pengunjuk rasa yang digunakan untuk melawan mereka. Saksi mata mengatakan kepada CNN bahwa polisi juga memegang belati kecil, memaksa pengunjuk rasa untuk bubar.

        Menurut kelompok pengawas AAPP, setidaknya 1.790 orang telah ditahan, ditangkap, didakwa atau dihukum oleh junta militer sejak mereka merebut kekuasaan.

        AAPP mengatakan junta "dengan sengaja meneror penduduk dengan peluru tajam di Yangon."

        "Setelah penumpasan brutal terhadap protes damai kemarin (Sabtu) oleh polisi dan militer, tindakan brutal berlanjut hingga malam, penggerebekan ke daerah pemukiman dan rumah, tembakan, dan penggeledahan dan penahanan yang melanggar hukum," kata AAPP.

        Kekerasan mematikan terhadap pengunjuk rasa telah menarik ratusan ribu orang untuk bergabung dengan demonstrasi dan kampanye pembangkangan sipil di kota-kota di seluruh negeri. Beberapa dari mereka adalah anggota polisi, yang telah melanggar barisan untuk bergabung dengan pengunjuk rasa.

        Pekan lalu, seorang pejabat di negara bagian Chin barat - yang berbatasan dengan India dan Bangladesh - meminta penahanan dan pemulangan delapan personel polisi yang mengungsi di negara bagian Mizoram, India.

        Dalam surat kepada mitranya dari negara bagian India, wakil komisaris di Distrik Falam Myanmar mengatakan mereka harus dikembalikan "untuk menjaga hubungan persahabatan." Menurut surat yang diperoleh CNN, dari delapan pejabat itu, empat berusia dua puluhan.

        "Saat ini, kami sedang memastikan faktanya. Kami akan kembali setelah kami memiliki rincian lebih lanjut,” terang juru bicara Kementerian Luar Negeri India Anurag Srivastava pada konferensi pers.

        Srivastava mengatakan India terus mengawasi situasi di Myanmar. "Kami sedang dalam pembicaraan dengan negara-negara mitra kami mengenai hal ini. Kami telah mengatakan sebelumnya bahwa masalah tersebut harus diselesaikan secara damai," katanya.

        Sementara itu, Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne pada Senin (8/3/2021) mengatakan telah menangguhkan program kerjasama pertahanan bilateral dengan militer Myanmar menyusul kudeta dan "kekerasan yang meningkat dan korban tewas”.

        Program tersebut dibatasi untuk area non-pertempuran seperti pelatihan bahasa Inggris tetapi dikritik oleh kelompok hak asasi manusia (HAM) karena terlibat dengan militer meskipun pelanggaran dan konflik yang didokumentasikan di negara-negara etnis.

        Kritikus juga mengutip serangan militer pada 2017 terhadap warga sipil Rohingya di negara bagian Rakhine, yang memaksa 740.000 orang melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh dan memicu kasus genosida di Mahkamah Internasional.

        Payne mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa program bantuan Australia akan diarahkan kembali ke "kebutuhan kemanusiaan mendesak dari yang paling rentan dan miskin termasuk Rohingya dan etnis minoritas lainnya."

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: