Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Dari Pabrik Sepeda, Panasonic Jadi Konglomerat Elektronik Dunia

        Kisah Perusahaan Raksasa: Dari Pabrik Sepeda, Panasonic Jadi Konglomerat Elektronik Dunia Kredit Foto: Reuters
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Panasonic Corporation adalah salah satu perusahaan elektronik multinasional papan atas asal Jepang. Konglomerat teknologi ini merupakan salah satu perusahaan raksasa yang terdaftar dalam Fortune Global 500.

        Menurut Fortune tahun 2020, Panasonic berada di peringkat ke-153 berdasarkan pendapatannya. Total pendapatannya mencapai 68,89 miliar dolar AS. Namun angkanya turun 4,5 persen dari 2019 dengan perolehan 72,17 miliar dolar. 

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: China Evergrande, Taipan Properti yang Bikin Pendirinya Jadi Orang Terkaya

        Dalam catatan Fortune, dari tahun ke tahun, peringkat Panasonic terus merosot jauh. Untuk rentang sepuluh tahun saja, catatan tahun 2020 adalah yang terendah untuk Panasonic. 

        Panasonic juga mencatatkan kerugian 19 persen di tahun 2020. Soalnya di tahun 2019, ia sukses membukukan 2,56 miliar dolar, sedangkan di 2020 konglomerat Jepang ini cukup mendapatkan 2,07 miliar dolar.

        Kondisi keuangan Panasonic yang demikian menandakan tidak sehatnya keadaan perusahaan. Meski begitu, dua aspek penilaian yakni aset dan total ekuitas saham perusahaan masing-masing senilai 57,54 miliar dolar dan 18,49 miliar dolar.

        Warta Ekonomi pada Kamis (25/3/2021) akan menguraikan kisah Panasonic secara ringkas, dalam bentuk artikel sebagai berikut.

        Panasonic merupakan salah satu perusahaan tertua Jepang. Panasonic didirikan pada tanggal 7 Maret 1918 oleh Konosuke Matsushita yang saat itu berusia 23 tahun.

        Matsushita dahulu tinggal di rumah petak dua kamar bersama istrinya, Mumeno Iue, dan adik remajanya, Toshio. Setelah magang di pabrik hibachi dan sepeda dan bekerja di Osaka Electric Light Company, Matsushita membuat desain untuk soket lampu jenis baru.

        Matsushita dan keluarganya mencoba menjual perangkat di luar rumah mereka. Mereka bahkan menjual beberapa harta paling berharga mereka untuk memenuhi kebutuhan. Sementara itu, Matsushita mendiversifikasi penawaran produknya, akhirnya memenuhi pesanan pelat insulasi kipas listrik.

        Filosofi Matsushita adalah salah satu kepercayaan, dan dia memutuskan untuk berbagi rahasia dagang bahkan dengan karyawan baru untuk membangun kepercayaan di semua tingkat organisasi. Pada akhir tahun 1922, perusahaan memiliki 50 karyawan dan pabrik baru.

        Di akhir dekade itu, persediaan mulai menumpuk. Untuk menghapus simpanan, Matsushita mengumumkan keputusannya untuk "memotong produksi hingga setengahnya ... tapi ... tidak memberhentikan satu karyawan pun."

        Dia berkata: “Kami akan membagi separuh produksi bukan dengan merumahkan pekerja, tetapi menyuruh mereka bekerja hanya setengah hari. Kami akan terus membayar gaji yang sama dengan yang mereka terima sekarang, tetapi tidak akan ada hari libur. Semua karyawan harus melakukan yang terbaik untuk menjual inventaris. " Rencananya berhasil, menurut Panasonic.

        Sekitar waktu ini, perusahaan mulai memproduksi setrika dan radio. Matsushita menjabarkan lebih banyak filosofi bisnisnya.

        Sebagai seorang visioner jangka panjang, ia juga mengusulkan rencana 250 tahun untuk perusahaan, dibagi menjadi 10 periode 25 tahun yang akan dibagi lagi menjadi fase konstruksi 10 tahun, fase aktif 10 tahun dan fase lima tahun, fase pemenuhan.

        Ini mungkin membuat Matsushita terdengar seperti manajer dari atas ke bawah, tapi sebenarnya dia cukup egaliter. “Misi produsen adalah menciptakan kelimpahan material dengan menyediakan barang sebanyak dan semurah air keran,” katanya terkenal di tengah Depresi Besar. Dia juga menderita berbagai masalah kesehatan dan mendelegasikan pekerjaan kepada manajer.

        Selama beberapa dekade, Panasonic menghasilkan lebih banyak produk baru. Matsushita mengidentifikasi potensi motor listrik untuk dimasukkan ke dalam peralatan jenis baru. Panasonic memproduksi motor listrik pertamanya pada tahun 1934.

        Ketika perusahaan mulai membangun bisnis di sekitar berbagai produknya, ia bergabung sebagai Matsushita Electric Industrial Co. pada tahun 1935. Perusahaan itu mempekerjakan sekitar 3.500 orang pada saat itu dan menghasilkan sekitar 600 produk yang berbeda.

        Panasonic juga membuka fasilitas pelatihan karyawan pada tahun 1930-an. Pada tahun 1936, ia menambah hari libur bulanan dari dua menjadi empat. Dua hari untuk waktu senggang, sarannya, sementara yang lain bisa digunakan untuk "belajar mandiri".

        Perang Dunia II akhirnya mengubah operasi, dan perusahaan memproduksi peralatan militer. Secara khusus, Panasonic memproduksi 56 kapal kayu dan tiga pesawat kayu, yang merupakan penyimpangan dari keahliannya.

        Akibat perang tersebut, perusahaan kehilangan 32 pabrik dan fasilitas kantor di Jepang, serta banyak di luar negeri. Ketika pemerintah tidak dapat membayar pemasoknya, Panasonic berjuang keras, memproduksi roda gerobak dan rumah kayu prefabrikasi agar tetap bertahan.

        Ledakan pascaperang akhirnya membantu Panasonic mendapatkan kembali pijakannya. Dari 1945 hingga 1959, Panasonic mulai memproduksi mesin cuci agitator, TV monokrom, lemari es, radio, rice cooker, tape recorder, dan AC rumah. Perusahaan juga mulai berkembang secara global pada 1950-an.

        Konosuke Matsushita pensiun pada tahun 1961. Menantunya, Masaharu Matsushita, menggantikannya sebagai presiden perusahaan.

        Pada 1960-an, perusahaan menerapkan lima hari kerja seminggu, serta struktur upah baru yang menentukan gaji berdasarkan posisi, bukan senioritas.

        Panasonic mengatasi kesulitan ekonomi, seperti yang terkait dengan krisis minyak awal 1970-an.

        Ketika perusahaan memperluas penawaran elektronik pribadinya sepanjang 1980-an. Nasib buruk menimpa Panasonic sebab, Konosuke Matsushita meninggal pada 27 April 1989, pada usia 94 tahun.

        Sementara itu memasuki era digital, yang mendorong Panasonic untuk menghentikan produksi TV analog pada tahun 2006. Pada 2008, perusahaan akhirnya mengubah namanya dari Matsushita Electric Industrial Company Limited menjadi Panasonic Corporation

        Panasonic saat ini merupakan produsen utama televisi layar datar, elektronik otomotif, dan semikonduktor. Raksasa ini adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang menghasilkan keuntungan yang sehat dalam bisnis televisi layar datar.

        Pada 2010, Panasonic mempertahankan kepemimpinannya dalam pengajuan paten internasional dengan 2.154. ZTE Corporation, pembuat peralatan jaringan telepon terbesar kedua di China berada di urutan ke-2.

        Panasonic menghasilkan laba bersih grup sekitar 850 juta dolar AS pada tahun fiskal 2010-2011, dibandingkan kerugian 1,18 miliar dolar AS pada tahun sebelumnya. Penjualan perusahaan yang kuat mengimbangi penguatan yen dan dampak gempa bumi dan tsunami pada Maret 2011. Panasonic melihat kerugian bersihnya menyempit pada tahun fiskal 2009 dan kembali hitam dalam periode dari April 2010 hingga Desember 2010.

        Lalu, pada 19 November 2020, Panasonic mengumumkan set restrukturisasi yang akan selesai pada 2022. Perusahaan tersebut memisahkan perusahaan domain sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki sambil mengubah dirinya menjadi perusahaan induk bernama Panasonic Holdings Corporation.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: