Konsumsi belanja masyarakat meningkat ketika ramadan yang akan datang pekan depan. Sudah begitu, perilaku konsumen juga berubah di tengah pandemi, di mana transaksi online meningkat.
Karena itulah, penting bagi pelaku e-commerce mengetahui perilaku belanja daring konsumen, khususnya menjelang ramadan. Untuk itu, Shopback menggelar survei Kebiasaan Belanja Online pada awal Maret 2021 kepada 2.025 responden di 4 tingkat kota di Indonesia, dari Sumatera hingga Papua.
"Kami juga ingin membantu merchant dan partner mendapatkan pemahaman lebih luas terhadap pasar dan konsumen yang mereka tuju," ujar Country Manager of Shopback Indonesia, Galuh Chandra Kirana, dikutip Jumat (9/4/2021).
Baca Juga: Ikuti Jejak Elon Musk, Miliarder Properti Ini Bilang: Saya Yakin dengan Bitcoin
Baca Juga: Pendiri PayPal: China Pakai Bitcoin Buat Guncang Dolar Amerika
Lantas, bagaimanakah kebiasaan belanja online konsumen pada kuartal I 2021, tepatnya menjelang puasa?
Metode Pembayaran Favorit
Dari segi metode pembayaran, 65% responden memilih transaksi melalui dompet digital, 48% bayar tunai di tempat (COD), 45% transfer lewat mobile/internet banking.
Frekuensi Belanja Lewat Media Sosial
Penetrasi grup Facebook masih yang terkuat di Indonesia. Instagram menjadi pilihan utama di kota tingkat 1 & 2 dan Facebook di kota tingkat 3 & 4. Dalam hal frekuensi belanja, pengguna yang berbelanja bulanan (70%) lebih tinggi daripada mereka yang berbelanja mingguan (23%).
TopMarketplace
Situs belanja daring top versi konsumen adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan Blibli. 5 alasan konsumen mengunjungi situs-situs itu, yakni:
- Banyak promo menarik (56%);
- Proses pemesanan dan pembayaran mudah (52%);
- Terpercaya (53%);
- Gratis ongkir (51%); dan
- Penggunaan aplikasi/web mudah (48%).
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna
Tag Terkait: