Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Dari Sebuah Panti Jompo, Asuransi Humana Torehkan Cuan Fantastis!

        Kisah Perusahaan Raksasa: Dari Sebuah Panti Jompo, Asuransi Humana Torehkan Cuan Fantastis! Kredit Foto: Getty Images/Bloomberg/Ty Wright
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Humana Incorporated adalah perusahaan asuransi kesehatan asal Amerika Serikat (AS) yang berkantor pusat di Louisville, Kentucky. Nama Humana terpampang dalam daftar perusahaan raksasa Global 500, rilisan Fortune. 

        Humana mencatatkan keuangan cukup sehat di tahun 2019 Perusahaan asuransi itu memantapkan pertumbuhan pendapatannya yang hampir tembus 56,5 miliar dolar AS, dengan kenaikan kira-kira lebih dari 8 miliar dolar dari tahun sebelumnya. Layaknya perusahaan asuransi lainnya, Humana bisa memanfaatkan penangguhan biaya industri asuransi kesehatan yang menurunkan beban pajaknya. 

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Dulu Kokoh di Deretan Konglomerat Asuransi, Dai-ichi Kini Makin Buntung!

        Total pendapatan (revenues) Humana yang naik sebesar 14 persen itu kini di tahun 2020 tembus di angka 64,88 miliar dolar. Labanya pun meroket signifikan dengan kenaikan 60 persen Dengan begitu, raksasa asuransi ini membukukan keuntungan di angka 2,70 miliar dolar.

        Tiga aspek lain seperti aset, nilai pasar (market value), dan total ekuitas pemegang saham (total stockholder equity) masing-masing senilai 29,07 miliar, 54,43 miliar, juga 12,03 miliar dolar. Rasio ketiganya jika berbanding dengan keuntungan secara berurutan adalah 9,3 persen, 22,5 persen dan untuk revenues sebesar 4,2 persen.

        Bagaimana perjalanan perusahaan asuransi Humana dalam kancah global. Berikut Warta Ekonomi sajikan pada Jumat (1642021) artikel ringkasnya yang bisa disimak di bawah ini.

        Berawal pada 1961, dua pengacara di Louisville, Kentucky, membangun sebuah panti jompo, menggabungkan uang 1.000 dolar masing-masing bersama dengan empat orang teman.

        Wendell Cherry dan David Jones --salah satu pendiri rumah pertama itu bernama Heritage House-- segera didekati dengan tawaran lain untuk membeli dan membangun panti jompo. Ekspansi berlangsung cepat dalam tujuh tahun pertama

        Kedua pria itu menambah fasilitas di Kentucky, Virginia, dan Connecticut. Dengan didirikannya Medicare dan Medicaid pada pertengahan 1960-an, industri ini berkembang pesat.

        Jones dan Cherry menggabungkan kembali usaha mereka pada tahun 1961 dan menjual saham selama tujuh tahun untuk membiayai pertumbuhan lebih lanjut. Extendicare Inc, sebutan grup itu, berkembang menjadi lebih dari 40 fasilitas, menjadi perusahaan panti jompo terbesar di negara itu.

        Saat Medicare melahirkan banyak sekali panti jompo dan di tengah harga saham menderita, Extendicare bereksperimen dengan alternatif. Ada diversifikasi singkat dan tidak menguntungkan ke dalam taman rumah mobil antara tahun 1969 dan 1971, yang segera dibongkar oleh perusahaan.

        Extendicare mengakuisisi rumah sakit pertamanya pada akhir 1968, menyadari bahwa mereka dapat menerapkan praktik bisnis yang sama yang telah dikembangkannya untuk mengoperasikan panti jompo. Dalam dua tahun, perusahaan telah mengakuisisi sembilan rumah sakit lagi. Rumah sakit tersebut terbukti sangat sukses sehingga Extendicare melepaskan semua panti jompo pada tahun 1972.

        Dengan fokus sekarang sepenuhnya pada rumah sakit, nama perusahaan diubah menjadi Humana Inc pada Januari 1974. Yang membedakannya dari sejumlah rumah sakit lain adalah keputusan manajemen yang tidak sesuai, penolakan untuk membayar lebih dalam membeli rumah sakit, penolakan untuk mengelola rumah sakit yang tidak dimilikinya, dan langkah-langkah pengendalian biaya yang kaku ditegakkan dengan baik melalui manajemen terpusat perusahaan.

        Antara tahun 1975 dan 1980, Humana tumbuh dengan cepat dan mencapai skala ekonomis, seperti jaringan rumah sakit lainnya, dengan melakukan pembelian massal atas persediaan dan peralatan. Tidak seperti beberapa pesaing, Humana tetap sangat terpusat, mengoperasikan semua penagihan pasien dan pengumpulan data di luar kantor pusatnya di Louisville.

        Dengan statusnya sebagai manajemen rumah sakit terbesar ketiga di negara itu pada 1978, Humana melakukan tindakan berani yaitu mengakuisisi rantai nomor dua, American Medicorp Inc. Pembelian ini menggandakan ukuran Humana dan menambah utangnya. 

        Sayangnya Humana sekarang dihadapkan pada hutang yang diklaim oleh seorang pejabat perusahaan sebagai "hampir 90 persen dari modal." Salah satu pendiri, Jones dan Cherry, ketua dan presiden, masing-masing tetap tidak bermasalah karena 45 persen pendapatan rumah sakit berasal dari Medicare dan Medicaid yang dijamin pemerintah. Kedua pria tersebut juga melihat bisnis rumah sakit tahan resesi, meskipun Humana mengalami tingkat hunian yang rendah di beberapa fasilitasnya selama tahun-tahun ini.

        Untuk membangun reputasi medisnya, Humana mendirikan program Pusat Keunggulan pada tahun 1982 untuk tujuan perawatan khusus. Ini termasuk pusat ilmu saraf, diabetes, cedera tulang belakang, dan penelitian serta pembedahan jantung buatan. Di tahun yang sama, Humana memiliki 90 rumah sakit, terutama di negara bagian sunbelt. Humana juga menyewa dan mengoperasikan rumah sakit pendidikan Universitas Louisville.

        Berlanjut ke awal 1984, Humana meluncurkan Humana Health Care Plans. Tujuannya, menawarkan rencana asuransi dengan premi yang sangat rendah dan potongan hukuman bagi pasien yang menggunakan rumah sakit saingan. Pesaing segera meniru integrasi vertikal ini.  

        Hasilnya, Humana mendapatkan tingkat rujukan 70 persen dari bisnis perawatan kesehatan yang dikelola, sehingga memastikan tingkat hunian yang sehat untuk rumah sakitnya. Namun, dua tahun setelah usaha itu, Humana menemukan bahwa rencananya sangat cacat.

        Premi telah dihargai rendah, kehilangan biaya setidaknya 20 persen. Diasumsikan bahwa pemegang polis akan menggunakan rumah sakit Humana, tetapi pada tahun 1986, ketika kerugian mulai meningkat, ditemukan bahwa hanya 46 persen dari anggota group plan Humana Care Plus yang menggunakan fasilitasnya.

        Humana telah menimbulkan permusuhan lebih lanjut karena kebijakan bisnis yang ketat. Jones sendiri berpendapat bahwa pada tahun 1986 kebencian dokter tidak hanya mengakibatkan pasien diarahkan ke rumah sakit lain, tetapi juga dalam strategi untuk memotong deduksi Humana untuk penggunaan fasilitas lain. Dokter akan, misalnya, mengklaim bahwa penerimaan standar adalah keadaan darurat.

        Humana mengatasi masalah ini dengan berkampanye untuk mengubah persepsi dokter tentang perusahaan, dan mencegah penggunaan rumah sakit di luar dengan menerapkan prosedur yang lebih ketat. Prosedur ini termasuk mengharuskan dokter untuk berbicara dengan perawat rencana kesehatan dan menerima rekomendasi rumah sakit Humana untuk digunakan.

        Pada tahun 1987, dengan pendiri Jones dan Cherry masih memimpin, Humana bekerja untuk memperbaiki rencana asuransinya. Pendapatan bersih turun hampir 75 persen antara 1985 dan 1986. Humana menyesuaikan rencana asuransinya dan menjalani restrukturisasi.

        Pada tahun yang sama, Medicare menghentikan praktik pembayaran di muka dan mulai meminta tagihan sebelum semua penggantian. Ini berarti perlambatan arus kas yang signifikan bagi Humana.

        Pada 1988, Humana telah berhasil mengurangi kerugian yang disebabkan oleh operasi asuransinya dan tampaknya berniat untuk pulih. Pada 1989, setelah lima tahun mengalami kerugian, divisi rencana kesehatan Humana menghasilkan 4 juta dolar, laba operasi pertamanya.

        Meningkatkan premi hingga 25 persen, mengurangi pasarnya dari 50 menjadi 17, beroperasi hanya di tempat yang memiliki keberadaan rumah sakit yang kuat, dan memastikan bahwa pasien dikirim ke rumah sakitnya, Humana mulai pulih pada akhir 1980-an.

        Pada Oktober 1990 Humana mengumumkan bahwa mereka setuju untuk mengakuisisi Michael Reese Health Plan Inc yang berbasis di Chicago dan Rumah Sakit dan Pusat Medis Michael Reese.

        Pada awal 1990-an, rencana perawatan kesehatan Humana dan rencana perawatan yang dikelola secara sementara (HMO dan PPO) telah tumbuh menjadi bisnis senilai 2 miliar dolar dengan 1,7 juta peserta rencana.

        Dengan rumah sakitnya terus membukukan keuntungan yang menurun karena upaya pengendalian biaya di seluruh industri dan jatuhnya penerimaan pasien yang membayar penuh (yang tidak tercakup melalui rencana yang disponsori pemerintah), Humana memutuskan pada tahun 1993 untuk mempertaruhkan masa depannya pada rencana perawatan kesehatan yang dikelola.

        Selanjutnya, Humana muncul dengan uang tunai 685 juta dolar dan utang jangka panjang hanya 21 juta dolar. Perusahaan kemudian melakukan pembelanjaan besar-besaran. Pada 1994, Humana menghabiskan 180 juta dolar untuk mengakuisisi Group Health Association, 125.000 anggota HMO di Washington DC, dan CareNetwork, HMO di Milwaukee.

        Perusahaan pada Oktober 1995 mengakuisisi EMPHESYS Financial Group Inc seharga 650 juta dolar. EMPHESYS yang berbasis di Green Bay, Wisconsin adalah penyedia asuransi kesehatan terkemuka di pasar kelompok kecil, dengan 1,3 juta anggota, dan perusahaan asuransi kesehatan kelompok komersial terbesar kesepuluh. Jadi, pada akhir tahun 1995 Humana telah meningkatkan keanggotaan rencananya secara keseluruhan menjadi 3,8 juta dan pendapatannya menjadi 4,7 miliar dolar.

        Sayangnya, hanya dalam dua tahun kepemilikan, Humana telah menderita kerugian sebesar 100 juta dolar karena mencoba untuk mengembalikan HMO Kesehatan Grup yang merugi. Humana mencatat biaya sebelum pajak sebesar 200 juta dolar untuk kuartal kedua tahun 1996, yang menyebabkan laba bersih untuk tahun tersebut hanya 12 juta dolar, dibandingkan dengan 190 juta untuk tahun sebelumnya.

        Sementara itu, Humana terus merestrukturisasi operasinya dengan mengurangi operasi non-inti. Selama 1997 perusahaan menjual rumah sakit yang tersisa dan anak perusahaan manajemen tunjangan farmasi. 

        Pada Agustus 1997 Humana mengumumkan akan menjual HMO-nya di California. Pada awal 1998, mereka telah berkomitmen untuk menjual semua pusat kesehatan Humana miliknya. Setelah menikmati peningkatan pendapatan yang dibantu akuisisi menjadi 8,04 miliar dolar dan peningkatan pendapatan bersih menjadi 173 juta dolar pada tahun 1997, Humana kemudian diposisikan pada pertengahan 1998 sebagai grup anggota 6,2 juta dengan posisi nomor satu atau nomor dua di 14 tahun pasar utama tempatnya beroperasi.

        Dengan begitu, panti jompo yang mengawali bisnis asuransi jiwa di AS ini telah berubah menjadi entitas raksasa. Hingga 2001, Humana mengadakan usaha patungan yang inovatif dengan Navigy untuk membuat portal web online bernama availity.com, yang memungkinkan para dokter dan penyedia layanan kesehatan untuk melakukan bisnis dengan kedua perusahaan tersebut.

        Belakangan, Humana menjalin kemitraan dengan Virgin Group, menawarkan insentif keuangan kepada tertanggung yang menerapkan gaya hidup sehat sejak 2005. Tahun 2006, Humana meluncurkan RightSource, bisnis farmasi berskala nasional.

         Pada Maret 2008, Majalah Fortune menyebut Humana sebagai salah satu dari lima "perusahaan perawatan kesehatan paling dikagumi di AS".

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: