Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Albertsons, Peritel No.2 di Amerika yang Dulang Cuan hingga 255 Persen

        Kisah Perusahaan Raksasa: Albertsons, Peritel No.2 di Amerika yang Dulang Cuan hingga 255 Persen Kredit Foto: Getty Images
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Albertsons Companies Inc adalah perusahaan grosir terkenal yang berbasis di Amerika Serikat (AS). Dengan kantor pusatnya di Boise, Idaho, perusahaan ini menangani sejumlah produk seperti toko roti, susu, makanan beku, makanan laut, apotek, bahan makanan umum, daging, makanan ringan, dan minuman keras.

        Perusahaan juga memiliki sejumlah besar supermarket untuk menjual produknya ke konsumen. Ritel terbesar kedua ini menempatkan namanya dalam daftar perusahaan raksasa, Global 500 yang dirilis Fortune.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Marubeni, Konglomerat Perdagangan yang Lagi Terhuyung-huyung Jalani Bisnis

        Dengan lebih dari 2.200 toko dan sekitar 270.000 karyawan, jumlahnya ini telah berkembang dalam beberapa bulan terakhir. Kekuatan finansial Albertsons juga sangat sehat dalam catatan Fortune tahun 2020. Pendapatan total (revenues) perusahaan mencapai angka 62,45 miliar dolar AS, naik 3,2 persen dari tahun 2019. 

        Dengan kenaikan yang meroket hingga 255,8 persen, Albertsons sukses membukukan laba mencapai 466,4 juta dolar. Naik dari 131 juta dolar dari tahun 2019.

        Aset yang dikelola perusahaan tembus 24,73 miliar dolar. Sementara total ekuitas sahamnya mencapai 2,27 miliar dolar, dengan nilai pasar mencapai 7,11 miliar dolar.

        Jumlah terakhir telah berkembang dalam beberapa bulan terakhir karena perusahaan telah menyediakan staf untuk memenuhi lonjakan permintaan terkait Covid-19. Penjualan naik 34 persen dalam skala tahunan di bulan Maret dan April.

        Berikut artikel ringkas perusahaan raksasa Albertsons yang ditulis Warta Ekonomi pada Rabu (28/4/2021). Simak selengkapnya pada tulisan di bawah ini.

        Didirikan pada 1939 oleh Joe Albertson, Albertsons adalah salah satu toko sejenis di Idaho pada saat itu. Dengan beberapa fasilitas yang sangat berbeda yang tidak tersedia di tempat lain seperti kedai es krim terintegrasi, parkir gratis dan opsi uang kembali, toko tersebut kemudian menjadi terkenal di antara pelanggan lokal.

        Popularitas toko tersebut mendatangkan banyak pelanggan dan banyak keuntungan, yang mendorong Joe untuk membuka toko serupa di kota-kota tetangga. Dia kemudian membuka toko baru di Nampa, Emmett dan Caldwell.

        Setelah Perang Dunia II, perusahaan tumbuh dengan stabil. Pada 1959, perusahaan go public. Namun, tidak ada yang bisa menghentikan pertumbuhan perusahaan. Korporasi milik Joe ini kemudian membuka toko ke-100 di tahun 1964 di Seattle.

        Untuk mengembangkan bisnisnya, Albertsons kemudian bermitra dengan sejumlah perusahaan dan bahkan mengakuisisi beberapanya. Perusahaan menjalin kemitraan dengan Skaggs Drug Center tahun 1969 dan kemudian membuka toko barunya yang menawarkan makanan dan obat-obatan kepada pelanggan. Namun kemitraan tersebut segera berakhir.

        Pada 1991, perusahaan meluncurkan rencana modernisasi dan perluasan lima tahun senilai 2,7 miliar dolar melalui renovasi, konstruksi baru, dan dorongan di seluruh perusahaan menuju otomatisasi.

        Tahun berikutnya, Albertsons mengakuisisi 74 Toko Skaggs dan menamainya sebagai Albertsons. Perusahaan melakukan akuisisi terbesarnya pada tahun 1999, ketika mengakuisisi American Store Company. Perusahaan ini terdiri dari sejumlah ritel makanan dan rantai farmasi seperti ACME, Jewel, Lucky, Sav-on Drug dan Osco Drug. Akuisisi ini menjadikan Albertsons rantai grosir terbesar saat itu.

        Albersons mengklaim menyediakan kenyamanan, kualitas, dan variasi di bawah satu atap. Fokus strategisnya ini termasuk menemukan solusi untuk kebutuhan pelanggan, layanan farmasi, belanja online, pengurangan biaya, dan meningkatkan laba atas modal. 

        Yang unik Albertsons memakai slogan "It's your store" yang menunjukkan bahwa tokonya disesuaikan untuk pembeli. Pada 2001 Albertson meluncurkan program layanan pelanggan baru, "Service First, Second to None." 

        Masih di 2001, setahun penuh pertama setelah merger American Stores, Albertson melaporkan keuntungan sebesar 765 juta dolar dari pendapatan 36,76 miliar dolar. Margin keuntungan yang dihasilkan sebesar 2,1 persen jauh di bawah rata-rata 3,5 persen untuk Albertson pada akhir 1990-an.

        Tidak semua berita di Albertson positif. Perusahaan, bersama dengan Kroger dan Safeway, mengalami pemogokan selama empat setengah bulan di California selatan, yakni soal pemogokan bahan makanan terpanjang dalam sejarah AS. Pada saat pemogokan berakhir pada akhir Februari 2004, itu telah merugikan laba Albertson sebesar 90 juta dolar dan pendapatan 700 juta dolar pada kuartal keempat tahun fiskal 2003.

        Secara keseluruhan di Albertsons, penjualan tahun 2003 tetap datar, pada 35,44 miliar dolar, sementara laba 556 juta dolar diterjemahkan ke dalam margin keuntungan hanya 1,6 persen. Pada 2004 perusahaan meluncurkan konsolidasi divisi baru yang selanjutnya akan mengurangi jumlah divisi menjadi tujuh.

        Pada 2004, Albertsons mengakuisisi Star Market Company dan Shaw's Supermarket. Namun, sekian akuisisi mendatangkan malapetaka pada manajemen perusahaan dan menyebabkan penjualannya ke SuperValu pada 2006.

        Oleh karena itu, perusahaan tersebut berganti nama menjadi Albertsons LLC. Sebagai responsnya, perusahaan menutup sejumlah toko di Oklahoma, Nebraska, Colorado, Florida, Texas, dan South Dakota. 

        Tahun 2007, Albertsons LLC mengakuisisi gerai Raleys di New Mexico.

        Akuisisi juga terus berlanjut di tahun 2010-an. Perusahaan mengakuisisi United Supermarkets LLC of Lubbock tahun 2013. Albertsons mengakuisisi Safeway Inc, pada 2015 dan menjadi jaringan grosir terbesar kedua setelah Kroger di wilayah Amerika Utara.

        Selama hampir merger dramatis dengan Rite-Aid pada 2018, Albertsons memiliki "fingers in other pies" sebagai latar belakang. Salah satu pai itu adalah ruang ritel online. Pada 2019, Forbes melaporkan bagaimana wakil presiden Pemasaran & Barang Dagangan eCommerce di Perusahaan Albertsons Kenji Gjovig berbicara tentang ruang online pada Digital Food and Beverage Conference 2019.

        Selama pandemi, mungkin bukan berita besar bahwa rantai grosir besar menawarkan belanja online dengan pengiriman. Raksasa grosir itu diam-diam meningkatkan game online-nya selama bertahun-tahun. Faktanya, menurut BloomReach, Albertsons adalah salah satu toko grosir pertama yang memulai pengiriman online pada tahun 2000-an.

        Menurut Supermarket News, Albertsons telah menerapkan tindakan pencegahan keamanan ekstra untuk pelanggan dan banyak karyawannya, sambil mendorong pekerja toko untuk ditunjuk sebagai tanggap darurat pertama. Pada musim semi 2020, Albertsons dan spanduknya bekerja sama dengan United Food and Commercial Workers International Union (UFCW), serikat makanan dan ritel terbesar di negara itu, untuk menunjuk rekan supermarketnya sebagai "penanggap pertama yang diperpanjang" atau "petugas darurat" sementara. Ini adalah dorongan untuk membantu pekerja toko kelontong mendapatkan akses prioritas ke pengujian dan peralatan pelindung selama wabah. 

        Sebagai hasil dari semua ini, Supermarket News baru-baru ini memilih Albertsons sebagai Retailer of the Year untuk tahun 2020.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: