Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Kekarnya Baja POSCO, Bikin Perusahaan Korsel Ini Kumpulkan USD59 M

        Kisah Perusahaan Raksasa: Kekarnya Baja POSCO, Bikin Perusahaan Korsel Ini Kumpulkan USD59 M Kredit Foto: Reuters
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        POSCO adalah perusahaan produsen baja papan atas di Korea Selatan (Korsel), yang merupakan salah satu perusahaan raksasa dunia menurut Fortune Global 500. Lahir tahun 1968 dengan nama Pohang Iron and Steel, perusahaan ini memulai kisahnya.

        Namun untuk sekarang, Fortune mencatat pada 2020 bahwa POSCO berada di peringkat ke-194 dalam daftar perusahaan raksasa dengan total pendapatan (revenues) sebesar 55,59 miliar dolar AS. Peringkatnya turun dari urutan ke-171 di tahun 2019 yang saat itu pendapatannya senilai 59,22 miliar dolar AS.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Pacific Insurance, Asuransi Besar dari China yang Raup Laba Fantastis

        POSCO sedikit terobati ketika mengetahui keuntungannya naik 2,8 persen dari tahun lalu. Di 2020 ini, raksasa baja Korsel ini sukses mengantongi uang 1,59 miliar dolar AS untuk keuntungannya.

        Sementara untuk aset perusahaan terlihat di angka 68,64 miliar dolar AS. Namun sayang capaian ini juga turun karena di 2019 POSCO sukses mengelola aset sebesar 70,60 miliar dolar AS.

        Untuk yang terakhir, ada sebesar 38,44 miliar dolar AS dari total ekuitas saham yang dipegang oleh POSCO. Dan juga nilai POSCO di pasar atau market value-nya tembus 14,11 miliar dolar AS.

        Sedikit gambaran singkat di atas sekiranya cukup untuk mengantar pada uraian kisah POSCO selanjutnya. Untuk itu, Warta Ekonomi pada Kamis (3/6/2021), akan mengulasnya secara ringkas seperti dalam artikel berikut ini.

        Korsel pada dekade 1960-an tengah mewacanakan membangun pabrik baja yang terintegrasi. Bos Korean Tungsten Mining Company, purnawirawan Mayor Jenderal Tae Chun Park mendapat dukungan Presiden Korsel Chung Hee Park menyusun paket keuangan internasional, ini juga terkait dengan skema membangun pabrik yang mampu memproduksi 600.000 ton baja mentah per tahun. 

        Korea International Steel Associates (KISA) pada Oktober 1967 menandatangani kontrak bersama pemerintah Korsel untuk tahun 1969 menyalurkan pinjaman hingga menyelesaikan pabrik baja tersebut tahun 1972. 

        Di tahun 1968, Pohang Iron and Steel berdiri dengan menelan biaya mencapai 100 juta dolar AS. Karena berbagai masalah hadir mulai dari struktur konsorsium berbelit-belit hingga modal tidak dapat terkumpul, akhirnya pada 1969 KISA dibubarkan.

        Dengan hadirnya perusahaan itu, Jepang mengaku memperoleh keuntungan ekonomi dan politik dari Korsel. Jepang telah bersepakat dengan pemerintah akan mengatur pinjaman yang mencakup sebagian besar modal yang dibutuhkan. Melalui Japan's Export-Import Bank, disediakanlah uang 52,5 juta dolar AS, dana kerja sama ekonomi sebesar 46,4 juta dolar, dan pinjaman komersial Jepang 28,5 juta dolar, dan terakhir sekitar 24 juta dolar didapatkan perusahaan dari sumber lain.

        Pembuat baja Jepang yang terlibat dalam rencana tersebut, Nippon Kokan (NK) dan Nippon Steel Corporation (NSC) sangat diuntungkan dari pengaturan yang dibuat pada tahun 1970 untuk penyediaan teknologi dasar yang dibutuhkan.

        Sejumlah kerja sama tersebut adalah bagian dari strategi pengembangan Korsel untuk menempatkan pabrik baru sejauh mungkin. Tujuannya untuk menciptakan pusat-pusat industri di seluruh negeri.

        Ketika konstruksi dimulai pada tahun 1970, itu diawasi secara ketat oleh Tae Chun Park, yang tidak hanya bersikeras bahwa pemasok memenuhi tenggat waktu, tetapi juga, dalam beberapa kasus, mempercepat tenggat waktu dan bersikeras bahwa mereka harus dipenuhi. 

        Raksasa baja Korsel pertama kali mulai menjual produk plat pada 1972. Selanjutnya mereka lantas memfokuskan kebijakan penjualannya di pasar domestik untuk meningkatkan swasembada baja di dalam negero. Pihaknya melakukan upaya khusus untuk memasok besi dan baja berkualitas kepada perusahaan dalam negeri terkait di bawah harga ekspor untuk memperkuat daya saing internasional mereka.

        Ketika tahap pertama konstruksi selesai pada tahun 1973, sebulan lebih cepat dari jadwal, pabrik utama terdiri dari tanur tinggi dan dua konverter baja. Ini memiliki kapasitas masing-masing 949.000 dan satu juta ton.

        Orang Korea telah sepenuhnya menggantikan insinyur asing dari tugas pembangunan. Namun pergeseran ke keterampilan teknologi dalam negeri juga terlihat dalam penurunan tingkat royalti yang dibayarkan kepada pakar luar dari 6,2 juta dolar AS untuk tahap pertama, 5,8 juta dolar AS untuk tahap kedua, 4,8 juta dolar AS untuk tahap ketiga, dan tidak ada untuk tahap keempat. Pada saat tahap terakhir konstruksi telah selesai, kapasitas produksi baja mentah POSCO adalah 8,5 juta ton.

        Pengembangan produksi baja dengan kekuatan tarik tinggi pada tahun 1975 meletakkan dasar untuk ekspansi besar pertama dari keseluruhan produksi, tetapi permintaan domestik untuk baja khusus tetap terlalu rendah untuk membenarkan upaya untuk mengembangkannya. Hanya ketika permintaan domestik meningkat, atau diperkirakan akan meningkat, terutama ketika industri pertahanan berkembang, fasilitas untuk memperluas produksi diciptakan, berdasarkan teknologi impor sekali lagi.

        Awal 1990-an adalah periode ekspansi internasional lebih lanjut untuk POSCO. Fasilitas Kwangyang meningkatkan penjualan POSCO, dan perusahaan menggunakan pendapatan tambahan untuk mendanai pertumbuhannya di pasar baru. Pada tahun 1986, POSCO telah mendirikan usaha patungan dengan perusahaan Amerika USX Corp untuk membangun pabrik baja di California. Meskipun pabrik tersebut segera menjadi menguntungkan, POSCO menjadi korban keberhasilannya sendiri, karena perusahaan menghadapi peningkatan proteksionisme dari Eropa dan Amerika Serikat yang dilanda resesi.

        Tidak sedikit karena keberhasilan ini, POSCO berusaha untuk memperkuat posisinya di China, dan pada tahun 1992, mengumumkan akan menginvestasikan 97 juta dolar AS untuk membangun pabrik pelat timah di Shanghai. Pada tahun yang sama, POSCO memperluas operasinya di Vietnam, menandatangani perjanjian dengan Vietnam Steel Corp yang dikelola negara untuk membangun pabrik pipa dan tungku busur listrik di dekat Hanoi, serta untuk memperluas kapasitas di usaha patungan POSCO yang ada. Untuk meningkatkan pendapatan bersihnya 27 persen menjadi 185,1 miliar won (234 juta dolar AS) pada tahun 1992. Sekitar 45 persen dari output POSCO diekspor.

        Pada tahun 1992, Ketua perusahaan Park tiba-tiba mengundurkan diri. Beberapa bulan kemudian, pemerintah, di bawah kepemimpinan Presiden baru Korsel Kim Young-Sam (yang telah berkampanye pada platform anti-korupsi) meluncurkan penyelidikan skala penuh terhadap POSCO dan Park.

        Tahun berikutnya, Administrasi Pajak Nasional Korea Selatan mengenakan denda sebesar 79,3 miliar won (99,4 juta dolar AS) terhadap POSCO dan 6,3 miliar won terhadap Park secara pribadi. Park meninggalkan Korsel ke Jepang dan meninggalkan jabatannya sebagai ketua kehormatan perusahaan.

        Pada tahun 1999, misalnya, menyatukan Pohang Steel Industries dan Pohang Coated Steel untuk membuat Pohang Steel Co. Ia juga menggabungkan tiga unit mesin menjadi satu entitas, POSCO Machinery Company.

        Pada 2001 POSCO bergabung dengan Nippon Steel dan Baoshan Iron & Steel Works China untuk memenuhi tujuan ini.

         Terlepas dari tantangan yang dihadapi, POSCO tetap optimis. Pada 2003 POSCO menetapkan tujuan jangka menengah untuk mencapai 36 triliun won (29,8 miliar dolar AS) nilai perusahaan pada tahun 2007. Ia juga berencana untuk melipatgandakan upaya ekspornya di Cina.

        POSCO juga terus berupaya menjadikan tata kelola perusahaan yang transparan dan inovasi budaya perusahaan POSCO yang unik. Selangkah lebih maju, POSCO memenuhi tanggung jawabnya sebagai warga korporat, tidak hanya berfokus pada profitabilitas ekonomi, tetapi juga mengupayakan pengelolaan berkelanjutan yang seimbang dan selaras dengan kesehatan lingkungan dan tanggung jawab sosial.

        POSCO telah menciptakan yang hebat dari nol dengan semangat dan kekuatan yang menantang untuk mengambil tindakan untuk mengatasi batas, dan memimpin industri baja Korea hingga hari ini. Dengan semua perusahaan POSCO Family, POSCO akan terus tumbuh untuk mencapai 'Global Top 100, 200 Triliun Penjualan' pada tahun 2020 dan menjadi perusahaan global terkemuka. 

        Pada saat yang sama, POSCO, dengan mewujudkan filosofi menjadi perusahaan yang dicintai oleh para pemangku kepentingan, akan memberikan 'impian dan harapan', 'menyediakan bahan dan energi yang paling efisien', dan menjadi 'perusahaan yang membuat dunia lebih baik.'

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: