Kisah Perusahaan Raksasa: Telefonica, Penyambung Suara Rakyat Spanyol yang Mengglobal
Telefonica SA adalah perusahaan asal Madrid, Spanyol yang bergerak pada bidang informasi, telekomunikasi, dan hiburan. Korporasi ini menjadi salah satu operator telepon dan penyedia jaringan seluler terbesar di dunia, sehingga namanya tercatat dalam daftar perusahaan raksasa Fortune Global 500.
Pendapatan Telefonica turun 5,7 persen pada 2020 menjadi 54,19 miliar dolar AS. Penurunan semacam ini cukup memukul perusahaan karena perusahaan turun 25 peringkat di tahun tersebut.
Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Energy Transfer, Si Aktor Utama yang Bisa Alihkan Migas Jadi Cuan
Sementara itu, kondisi keuangan perusahaan benar-benar tidak sehat. Pasalnya, tidak cuma penjualannya yang turun, merosotnya keuntungan Telefonica pun cukup parah. Perusahaan hanya mendapat 1,27 miliar dolar AS akibat laba merosot hingga 67,5 persen. Sementara Telefonica mengelola aset mencapai 133,42 miliar dolar AS di tahun itu juga.
Lebih lanjut, berikut kisah Telefonica sebagai salah satu perusahaan raksasa dunia berdasar pendapatannya, yang akan diulas secara ringkas oleh Warta Ekonomi, Rabu (16/6/2021) dalam artikel di bawah ini.
Pendahulu Telefonica bernama Compania Telefonica Nacional de Espana SA (CTNE) yang lahir 19 April 1924. Perusahaan didirikan menggunakan modal sebesar 1 juta peso Spanyol, nilai ini cukup besar pada masa itu.
Kerajaan Spanyol mengeluarkan dekrit untuk pemerintah yang isinya memberikan wewenang untuk menandatangani kontrak dengan CTNE, yang saat itu baru mengoperasikan layanan telepon nasional.
Tugas CTNE adalah untuk memperoleh operasi telepon dan bangunan milik perusahaan swasta yang ada atau yang telah dikembalikan ke negara, dan mengatur, mengintergrasikan, mengembangkan, dan memodernisasi. Khususnya dengan dorongan menuju otomatisasi untuk Spanyol. Namun syaratnya saat itu adalah setidaknya 80 persen karyawan CTNE harus berkewarganegaraan Spanyol.
CTNE muncul sebagai hasil pengambilalihan oleh International Telephone & Telegraph Corporation (ITT) dari salah satu perusahaan telepon Spanyol yang ada, yang dibuat pada tahun 1899.
Pada tahun-tahun awal CTNE, upayanya dipusatkan pada tugas berat untuk memperluas dan meningkatkan layanan telepon yang ada. Itu beroperasi di sebagian besar pertanian, ekonomi yang kekurangan modal, dan konteks geografisnya adalah wilayah tengah pegunungan yang luas, berpenduduk jarang dan sulit diakses, dibatasi oleh jalur pantai dan dataran yang berisi sebagian besar populasi.
Pada tahun 1925, kabel bawah tanah pertama CTNE diletakkan di Istana Escorial dekat Madrid, dan lokasi kantor pusat perusahaan yang megah di Gran Via Madrid dibeli. Pada tahun 1926, pertukaran manual baru dibangun di 48 kota, dan di 37 kota lain, pertukaran yang ada diperbaharui.
Pada tahun 1926, upaya jangka panjang perusahaan menuju otomatisasi penuh sistem telepon Spanyol sedang berlangsung. Proses otomatisasi, yang sebenarnya telah dimulai tepat sebelum waktu CTNE.
Dari awal 1960-an hingga krisis minyak pertama pada 1973, Spanyol dan CTNE menikmati años de desarrollo, atau tahun-tahun pembangunan. Ada peningkatan standar hidup nasional. Selama tahun-tahun 1963-1964, negara itu melewati batas pendapatan per kapita tahunan $500 dan tidak lagi dihitung sebagai negara berkembang menurut definisi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Pada tahun 1964, CTNE mengambil langkah perintis lain ketika meresmikan stasiun bumi eksperimental pertama di Spanyol, yang dirancang untuk bekerja bersama dengan satelit komunikasi internasional Relay dan Telstar. Hal ini diikuti oleh usaha lain seperti itu, terutama pada tahun 1970 stasiun bumi perusahaan di Buitrago, yang akan digunakan untuk komunikasi telepon, transmisi data, telegrafi, dan televisi hitam-putih dan berwarna, melalui satelit INTELSAT (Organisasi Internasional untuk Telekomunikasi melalui Satelit), atau kombinasi dari satelit dan kabel bawah laut.
Tujuan otomatisasi total hampir tercapai. Panggilan trunk otomatis diperkenalkan pada tahun 1960, dan panggilan trunk internasional muncul pada tahun 1972. Pada bulan Juli 1971, layanan telepon ke bekas Uni Soviet didirikan, dialihkan secara manual melalui Paris, dan kemudian pada tahun yang sama perusahaan membuka paket publik khusus pertama di Eropa- jaringan transmisi data yang dialihkan.
Lebih lanjut, di dekade berikutnya, tahun 1983, laba bersih naik 11 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dan pada tahun 1985 Luis Solana dapat mengklaim bahwa Telefónica telah pulih. Dengan mengadopsi rencana pembelian empat tahun yang bertujuan untuk mendapatkan lebih dari 90 persen perangkat keras dari pemasok Spanyol, dia membantu menyelamatkan pekerjaan di anak perusahaan Telefónica.
Pada tahun 1984, Telefónica merayakan hari jadinya yang ke-60 dengan mengadopsi logo baru, sepuluh titik yang diatur dalam bentuk huruf T di dalam lingkaran.
Ketika pada bulan Juni 1985 Compañia Telefónica menjadi perusahaan Spanyol pertama yang terdaftar di Bursa Efek London, dapat menyatakan bahwa dalam 20 tahun sebelumnya telah meningkatkan jumlah saluran telepon dalam pelayanan lebih dari enam kali lipat dan penetrasi telepon per kapita lebih dari lima kali lipat. Spanyol, dengan 13 juta telepon—35 per seratus penduduk—dan 8 juta saluran terpasang, memiliki jaringan terbesar kesembilan di dunia.
Selama tahun 1998, telepon dasar di Spanyol dideregulasi. Sebagai bagian dari reorganisasi Telefónica, bisnis telekomunikasi domestiknya dialihkan ke anak perusahaan, yang mengambil nama Telefónica de Espana.
Telefónica S.A. kemudian diciptakan untuk bertindak sebagai perusahaan induk untuk lini bisnis perusahaan. Sebagai hasil dari menghadapi persaingan baru di pasar dalam negeri, perusahaan terus memfokuskan upayanya pada ekspansi internasional. Perusahaan memasuki pasar Brasil ketika perusahaan telepon negara itu, Telebras, diprivatisasi.
Selama tahun 1998, perusahaan memperoleh pendapatan 18,2 miliar dolar AS dengan hampir 26 persen berasal dari operasi di luar Spanyol. Pada saat ini, lebih dari 50 persen dari 37 juta sambungan telepon tetapnya berada di luar negara asalnya, 54 persen dari 14,4 juta pelanggan telepon selulernya tidak tinggal di Spanyol, dan 86 persen dari 2,3 juta pelanggan televisi berbayarnya adalah pelanggan internasional. Telefónica juga telah menginvestasikan hampir $10,9 miliar di kawasan Amerika Latin pada akhir 1990-an dan menguasai hampir 40 persen telekomunikasinya.
Sementara itu, krisis ekonomi di Argentina membuat investor mewaspadai keterlibatan kuat Telefónica di negara itu serta di Amerika Latin lainnya. Sementara harga sahamnya jatuh, perusahaan tetap dalam posisi yang lebih kuat daripada perusahaan telekomunikasi Eropa lainnya karena utangnya yang rendah.
Faktanya, artikel Business Week tahun 2001 mengklaim bahwa "sementara investor umumnya curiga sekarang tentang telekomunikasi Eropa, bisnis dasar Telefónica terlihat solid, meskipun ada kegelisahan saat ini tentang Amerika Latin. Telekomunikasi yakin akan pendapatan dari anak perusahaannya di Amerika Latin, berkat mereka posisi kepemimpinan di sebagian besar pasar mereka."
Telefónica adalah perusahaan yang 100 persen terdaftar dengan lebih dari 1,5 juta pemegang saham langsung. Modal sahamnya saat ini terdiri dari 4.563.996.485 saham biasa yang diperdagangkan di Pasar Saham Spanyol (Madrid, Barcelona, Bilbao dan Valencia) dan di London, New York, Lima, dan Buenos Aires. Lima pemegang saham utama meliputi BlackRock: 6,702%; Banco Bilbao Vizcaya Argentaria (BBVA): 6,072%; Societe Generale: 5,774%; CaixaBank: 5,251%; Bank Norges: 1,355%.
Telefónica adalah pendukung inisiatif Hybrid Broadcast Broadband TV (HbbTV) yang mempromosikan dan menetapkan standar Eropa terbuka untuk dekoder hybrid untuk penerimaan siaran TV dan aplikasi multimedia broadband dengan antarmuka pengguna tunggal, dan telah menjalankan HbbTV percontohan layanan di Spanyol.
Anak perusahaan Telefónica Wayra pertama kali diluncurkan di Amerika Latin dan Spanyol pada tahun 2011 untuk memberikan investasi awal dan pendampingan kepada perusahaan baru. Sejak awal, Wayra telah mendukung lebih dari 300 perusahaan termasuk Trustev, Venddo, Cloudwear dan NFWare.
Mulai 1 Desember 2014, browser web Firefox menyertakan fitur Firefox Hello WebRTC, yang memungkinkan obrolan online suara dan video real-time. Firefox Hello didukung oleh Telefónica dan juga dikembangkan bersama oleh Telefónica.
Pada bulan September 2017, Nokia dan Telefónica menandatangani perjanjian untuk mengevaluasi teknologi yang memungkinkan evolusi jaringan yang efisien ke 5G sejalan dengan tujuan bisnis Telefónica.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto
Tag Terkait: