Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pertemuan Biden-Putin Hadirkan Sejumlah Fakta Menarik, Soal Apa Saja?

        Pertemuan Biden-Putin Hadirkan Sejumlah Fakta Menarik, Soal Apa Saja? Kredit Foto: Japan Times/APF-JIJI
        Warta Ekonomi, Jenewa -

        Akhirnya Joe Biden bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Banyak pihak yang membahas aspek politik pertemuan yang digelar Jenewa, Swiss itu.

        Namun juga banyak kejadian unik yang terjadi selama pertemuan tatap muka pertama Biden dengan Putin sejak ia mulai menjabat Januari lalu. Berikut sejumlah hal menarik yang dikumpulkan Sputnik News dalam pertemuan dua kepala negara itu pada Rabu (16/6/2021).

        Baca Juga: Biden Bilang Bahas Iran dan Suriah Bareng Putin, Ada Maksud Apa?

        Bukan Pertemuan Pertama

        Biden memang baru menjabat sebagai kepala negara AS pada Januari lalu. Namun ia sudah pernah bertemu dengan Putin pada 2011 ketika ia masih menjabat sebagai wakil presiden dan Putin sebagai perdana menteri sebelum ia terpilih kembali sebagai presiden pada 2012.

        Putin juga menghadiri pertemuan perubahan iklim yang diselenggarakan Biden bulan April lalu. Namun keduanya tidak berbicara karena kegiatan tersebut digelar secara virtual. Mereka sudah dua kali berbicara melalui telepon sejak Biden menjabat sebagai presiden.

        Biden Terlambat

        Rombongan kendaraan Biden terlambat sembilan menit dari yang dijadwalkan walaupun ia tiba di Jenewa satu hari lebih dulu dari Putin yang terbang dari Sochi. Dalam pertemuan sebelumnya, Putin yang biasanya telat pernah sampai 40 menit seperti yang terjadi ketika ia bertemu dengan mantan Presiden Barack Obama.

        Jabat Tangan

        Saat dua kepala negara itu bertemu di depan kastil abad ke-18, Biden dan Putin berjabatan tangan. Mereka kembali berjabat tangan saat sudah berada di dalam Villa la Grange.

        Padahal saat berkunjung ke Eropa, Biden selalu menggunakan kepalan tangan atau siku ketika menyapa pemimpin-pemimpin dunia lainnya. Seperti saat ia bertemu dengan Presiden Turki Tayyep Erdogan di pertemuan NATO.

        Cinderamata

        Dalam pertemuan antara kepala negara, Biden dan Putin bertukar cinderamata yang biasanya mewakilkan elemen penting dari budaya masing-masing. Putin menghadiahkan Biden alat tulis yang dihias dengan gaya tradisional Khokhloma, pola rumit yang menyerupai motif-motif yang biasanya untuk menghias tembikar.

        Biden menghadiahi Putin patung kristal berbentuk bison Amerika, mamalia raksasa asli Great Plains dan pusat kehidupan penduduk asli Amerika. Ia juga memberi Putin kacamata hitam yang biasa Biden gunakan.

        Media

        Di sebelah villa tempat pertemuan berlangsung terdapat sebidang tanah kecil yang digunakan untuk mengambil foto dan video. Media berdesak-desakan dan saling dorong sehingga membuat petugas keamanan cukup gelisah. Wartawan Politico Anita Kumar mengatakan pertemuan itu sebagai 'kegiatan kepresidenan yang paling kacau' yang pernah ia lihat selama sembilan tahun terakhir.

        Lembar Petunjuk

        Ketika Biden dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken bertemu dengan Putin dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, terlihat Biden membawa setumpuk kertas. Beberapa kali ia terlihat membaca lembaran catatan tersebut.

        Isi dari catatan tersebut tidak diketahui tapi sejumlah orang yang melihat pertemuan itu berspekulasi catatan itu merugikan Biden. Sebab catatan menunjukkan ia tidak dapat mengingat sehingga memerlukan lembar petunjuk.

        Pertemuan Berlangsung Sebentar

        Panitia pertemuan menyiapkan waktu lima jam untuk dua pertemuan yang terpisah untuk Putin dan Biden serta bawahan mereka agar kedua belah pihak dapat dengan bebas membahas berbagai topik. Namun pertemuan itu berakhir dua jam lebih awal.

        Biden Gelar Konferensi Pers

        Kedua kepala negara itu sepakat untuk tidak menggelar konferensi pers bersama. Akan tetapi Biden memiliki waktu dua jam setelah pertemuan berakhir sehingga ia menggelar konferensi pers usai Putin. Ia pun dapat merespons pernyataan yang disampaikan Putin.

        Akses Pers

        Walaupun konferensi pers Biden dan Putin digelar di waktu yang terpisah, tapi pers tidak memiliki akses yang sama untuk kedua kepala negara. Sejumlah media Barat seperti BBC dan CNN diizinkan mengikuti konferensi pers Putin tapi tidak ada media Rusia yang mendapatkan akses ke konferensi pers Biden.

        ‘Him’

        Wartawan-wartawan media Barat merujuk Biden dan Putin dengan cara yang berbeda. Mereka biasanya merujuk Biden sebagai Presiden Biden atau Joe Biden tapi hanya menggunakan kata ganti orang ketiga 'him' saat merujuk Putin.

        Tidak Ada Makan Malam

        Tidak ada jadwal makan malam baik sebelum maupun sesudah pertemuan ini. Kedua kepala negara hanya tiba, foto bersama, bertemu, menggelar konferensi pers lalu pulang.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: