Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Industrial Bank-nya China, Perbankan yang Meroket dalam Waktu Singkat

        Kisah Perusahaan Raksasa: Industrial Bank-nya China, Perbankan yang Meroket dalam Waktu Singkat Kredit Foto: Reuters
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Industrial Bank Corporation Limited adalah salah satu bank komersial asal Fujian, China, yang masuk dalam daftar salah satu perusahaan terkaya dunia. Fortune Global 500 tahun 2020 menyebut, perbankan China ini menempati peringkat ke-222, dengan total pendapatan (revenues) 50,94 miliar dolar AS.

        Dua aktivitas bisnis utama Industrial Bank adalah personal banking yang meliputi deposit, peminjaman, pembayaran lokal dan internasional, layanan kotak brankas, dan kartu kredit. Bisnis yang kedua adalah perbankan perusahaan yang meliputi penerimaan tagihan dan diskon, penerbitan obligasi keuangan, pemberian fasilitas letter of credit dan peminjaman, penjualan asuransi, koleksi pembayaran, dan yang terakhir bisnis kartu bank.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Lagi Ketiban Untung, State Bank of India Catatkan Laba Naik 700 Persen

        Sehubungan dengan bisnisnya tersebut, kinerja keuangan korporasi asal China ini menurut catatan Fortune cukup stabil. Keuntungannya naik 4 persen tahun 2020, sehingga total laba yang berhasil dikantongi perusahaan mencapai 9,53 miliar dolar dari yang sebelumnya 9,16 miliar dolar.

        Fortune melaporkan, aset yang dikelola oleh Industrial Bank ada di angka 1,02 triliun dolar. Sementara itu, total ekuitas (stockholder equity) dan market value-nya masing-masing 77,71 miliar dolar dan 46,64 miliar dolar.

        Rasio perbandingan keuntungan terhadap beberapa ukuran tadi adalah sebagai berikut. Rasio keuntungan terhadap pendapatan Industrial Bank sebesar 18,7 persen, terhadap aset sebesar 0,9 persen, dan yang terakhir terhadap ekuitas tembus 12,3 persen.

        Namun sebelumnya jika menengok ke belakang, Industrial Bank telah ada sejak akhir abad ke-20. Bagaimana perjalanannya hingga bisa mendapat status perusahaan terkaya oleh Fortune? Berikut artikelnya oleh Warta Ekonomi, Kamis (15/7/2021) seperti di bawah ini.

        Dewan Negara China atau sering disamakan dengan Pemerintah Pusat China pada 26 Agustus 1988 menyetujui pendirian Industrial Bank. Nama awal yang diberikan adalah Fujian Industrial Bank Joint-Stock Corporation Limited. 

        Pada akhirnya, lambat laun nama perusahaan dipersingkat menjadi Industrial Bank (China). Perusahaan pertama kali terdaftar dengan total modal 20,77 miliar yuan China. 

        Bank kemudian mendapat nama beru pada 3 Maret 2003 dengan Industrial Bank Co Ltd. Status barunya itu diumumkan ketika perusahaan menyelesaikan transformasi sistem kepemilikan saham.

        Dengan perubahan besar yang diambil, Industrial Bank menjadi salah satu bank komersial saham gabungan yang mendapat persetujuan Dewan Negara dan People’s Bank of China. 

        Bursa Efek Shanghai pada 5 Februari 2007 mencatat masuknya Industrial Bank dalam bursa. Modal yang pertama dicatat di angka 10,78 miliar yuan.

        Sementara itu, pada Maret 2012, total aset Industrial Bank mencapai 2.629.398 juta yuan, ekuitas pemegang saham sebesar  123.957 juta  yuan, laba bersih kuartal I sebesar 8.288 juta yuan, dan rasio NPL sebesar 0,40 persen. Menurut "Top 1000 Bank Dunia" yang dirilis oleh Majalah Inggris The Banker pada tahun 2011, Bank Industri menempati peringkat ke-75 dalam total aset dan ke-83 dalam modal tingkat 1. Bank Industri membuka 79 kantor cabang dan 662 kantor cabang pembantu.

        Industrial Bank memiliki anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki, Industrial Financial Leasing Co Ltd, dan saham pengendali di Union Trust Co Ltd. Unit operasi tingkat kantor pusat seperti Financial Markets Center, Credit Card Center, Retail Banking Headquarters, Private Departemen Perbankan, Departemen Penyimpanan Aset, Pusat Layanan Bank, Departemen VIC (Klien Sangat Penting), Departemen Perbankan Investasi, Departemen Keuangan Berjangka, Departemen Keuangan Dana, Pusat Keuangan Perdagangan dan Pusat Keuangan Berkelanjutan beroperasi di Shanghai dan Beijing.

        Dalam beberapa tahun terakhir, Industrial Bank memiliki "bank umum + bank investasi" sebagai titik awal untuk meningkatkan kemampuan pengembangannya dalam "penyelesaian, investasi, dan transaksi" dan memperdalam transformasi bisnisnya dengan arah "modal ringan, aset ringan, dan tinggi efisiensi".

        Ini telah mencapai kemajuan yang stabil dan menjanjikan dan tren pengembangan berkualitas tinggi terus muncul. Hingga akhir 2018, total aset Industrial Bank adalah 6,71 triliun yuan, naik 4,59 persen dari awal tahun; operasinya pendapatan adalah 158,287 miliar yuan, naik 13,08 persen tahun-ke-tahun, dan meningkat kuartal demi kuartal; laba bersihnya adalah 60,620 miliar yuan, naik 5,98 persen tahun-ke-tahun; rasio pinjaman macet 1,57 persen, turun sebesar 0,02 persen dibandingkan dengan awal tahun, dan proporsi kredit dalam perhatian khusus mencapai 2,05 persen, lebih rendah 0,26 persen dari awal tahun, sehingga Bank Industri mencapai pengembangan skala, kualitas, dan efisiensi yang terkoordinasi. mendesak.

        Di masa depan, Bank Industri akan terus mengkonsolidasikan dan menempa karakteristik bisnis yang berbeda dan daya saing inti dengan panduan sistem strategis “1234”, membuka perjalanan baru transformasi dan pengembangan, dan terus bergerak maju menuju tujuan mulia “Pertama- Kelas Bank dan Industri Berusia Abad”.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: